إستخدام لعبة الذاكرة في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكتابة: بحث تجريبي في مدرسة نور الإحسان المتوسطة الإسلامية تمبيح لوماجنج

Khatim, Zainul (2011) إستخدام لعبة الذاكرة في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الكتابة: بحث تجريبي في مدرسة نور الإحسان المتوسطة الإسلامية تمبيح لوماجنج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08720017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mempelajari suatu bahasa apapun diakhiri dengan pengajaran menulis, sebelum menyimak, berbicara dan membaca. Sehingga kemahiran menyimak merupakan kemahiran penting dan ia merupakan bentuk pencapaian kemahiran- kemahiran bahasa lainnya. Oleh karena itu, sebagai guru bahasa sebaiknya peduli tentang keterampilan ini, akan tetapi pada kenyataannya banyak guru yang tidak mengetahui pentingnya alat bantu mengajar berupa media pembelajaran dalam proses belajar mengajar (KBM). Beberapa diantaranya menggunakan desain media yang kurang relevan dengan kondisi para siswa dan esensi materi ajar. Sementara beberapa dari mereka belum bahkan tidak percaya kegunaan dan relevansinya. Dengan demikian masalah yang coba dimunculkan dalam penelitian ini adalah kurangnya sarana (media) yang baik dan menarik yang digunakan oleh guru bahasa Arab sehingga siswa merasa bosan dan jemu dalam belajar bahasa Arab. Dan Memory Game adalah salah satu solusi alternatif yang dianggap sebagai media pengajaran baru dalam pembelajaran bahasa Arab yang dapat mendorong siswa untuk belajar serta mengusir bosan dan jemu ketika belajar bahasa Arab.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penggunaan Memory Game dan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaannya pada siswa dalam mengembangkan keterampilan Menulis di MTs Nurul Ihsan Lumajang. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post- Test terhadap dua kelompok (Eksperimen dan Kontrol). Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas dua, dan Sampel yang diambil dalam penelitian ini ialah 26 siswa.

Hipotesa penelitian ini adalah, kemampuan siswa dalam kemahiran Menulis meningkat setelah menggunakan media pembelajaran yang berbasis Memory Game, dan penggunaan Memory Game sebagai media pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran Menulis di MTs Nurul Ihsan Lumajang efektif .

Dan hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan Menulis siswa pada kelompok eksperimen sangat baik, dengan hasil rata-rata 87, dan (2) kemampuan Menulis siswa pada kelompok kontrol cukup, dengan hasil rata-rata adalah 67, dan (3) tingkat efektifitas penggunaan Memory Game dalam pengajaran bahasa Arab untuk mengembangkan keterampilan Menulis adalah mencapai nilai t-hitung (3,54) yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada tingkat 0,05 (2,06) dan pada tingkat 0,01 (2,80). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Memory Game dalam pengajaran bahasa Arab untuk mengembangkan keterampilan Menulis adalah efektif

ABSTRACT

Learning any language ended by writing Skill, before listening, speaking and reading, so that listening is an essential skill and it was manifestation of other language skills. The language teacher should concern about this skill, but many teachers don’t know the importance of teaching aids in the form of teaching media in the process of teaching and learning. Some of them use irrelevant media with the condition of students and appropriate material, and even more of them are doubtful with the advantage and relevance. The research problem is the lack of good and attractive media and facility used by the Arabic language teacher so that students feel bored in learning the Arabic language. a Memory Game is one of the ways which plays an important role as the means of modern teaching that can encourage students to learn and eliminate denomination when learning.

This research aims to know the results of the use of a Memory Game and to find out how effective the use of a Memory Game is in improving students’ Writing skill at Islamic Senior High School Lumajang. This research uses the experimental method where the researcher design pre-test and post-test for both groups (Experiment and Control group). From the total of population in the second year students the researcher has taken 26 students.

The hypothesis of this research is the use of Memory Game based teaching media can improve students’ achievement in Writing skill. And the improvement of students’ achievement in Writing skill at Islamic Senior High School Nurul Ihsan Lumajang by using Memory Game is effective.

The results of the research is obtained as follow : (1) the students’ Writing achievement in the experimental group is very good, the average result is 87, and (2) the students’ Writing achievement in the control group is sufficient, the average result is 67, and (3) the effectively level of a Memory Game in teaching Arabic language for the improvement of Writing skill reach the degree of t-test (3.54), this greater than t-table at the level of 0.05 (2.06) and at the level 0.01 (2.80). This indicates that the use of a Memory Game in teaching Arabic language for the improvement of Writing skill is effective.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mohammad Bakhet Ahmad, Bakry and Mujab, Mujab
Keywords: لعبة الذاكرة; مهارة الكتابة; Memory Game; Kemahiran Menulis; Memory Game; Writing Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:13
Last Modified: 08 Apr 2017 05:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item View Item