استخدام بطاقة المفردات لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة الإعدادية "محمدية" الأولى مالانج

Ratnasari, Kartika (2009) استخدام بطاقة المفردات لتنمية مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة الإعدادية "محمدية" الأولى مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
06910005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran Bahasa Arab saat ini sedang banyak dikembangkan pada sekolah sekolah berbasis Islam maupun umum. Tentunya cara pengembangannya membutuhkan metode tersendiri dalam pengajarannya supaya dapat diterima oleh pembelajar pemula bahasa ini. SMP Muhammadiyah I Malang adalah salah satu sekolah yang mengajarkan bahasa Arab kepada siswanya sebagai muatan lokal. Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti, siswa kelas I di sekolah ini memiliki kemampuan bahasa Arab yang sangat rendah dan memiliki latar belakang pengetahuan yang bersifat heterogen sehingga membutuhkan metode pengajaran yang tepat supaya murid dapat menguasai bahasa Arab dengan baik.

Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menerapkan metode pengajaran dengan menggunakan kartu kosakata yang diambil dari teori “Look and Say”dengan pertimbangan penggunaan kartu kosakata ini merupakan media yang tepat untuk mengembangkan kemampuan membaca siswa pada pengajaran Bahasa Arab.

Rumusan masalah yang terangkum dalam penelitin ini adalah : “Sejauh mana kefektifitasan kartu mufrodat dalam pengembangan membaca dari segi makhraj huruf, penguasaan makna kosakata, pemahaman bentuk kalimat, pengaturan serta penyusunan tulisan, serta pemahaman kata dari konteks.?”

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I SMP Muhammadiyah I Malang tahun pelajara. Alasan Peneliti memilih siswa kelas I adalah rendahnya pengetahuan Bahasa Arab dan berbedanya latarbelakang penetahuan bahasa Arab yang didapat dari jenjang pendidikan sebelumya . Adapun instrumen yang digunakan untuk meneliti adalah peneliti sendiri, observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumenntasi

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu kosakata dapat meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas I SMP Muhammadiyah I Malang dari segi pelafalan sesuai makhraj huruf yang terkandung dalam kosakata, penguasaan kosakata melalui gambar yang menyertai, pemahaman bentuk kalimat dengan bentuk Jumlah Ismiyah, pengaturan serta penyusunan tulisan, serta pemahaman kata dari konteks dalam bentuk susunan kata sifat dan disifati.

ABSTRACT

Arabic Language is now highly improved by Islamic schools and general school. Certainly the way of improvement needs special method in its teaching to be gained well by the beginner of this study. SMP Muhammadiyah I Malang is one of schools teaching Arabic language to its students as local lesson. From the interview done by the researcher, students of first grade had very low Arabic reading ability and different educational backgrounds so that they need certain teaching method to equip them with good ability of Arabic reading.

To overcome this problem, the researcher applied a teaching method by using vocabulary adapted from a theory “Look and Say” by consideration this card is one of medias to improve reading ability of student in teaching process.

The problem statement which summarized in this research is : “ How is the effectiveness of vocabulary card in improving reading ability in makhraj huruf pronunciation, vocabulary meaning mastery, type of sentence understanding, arranging the writing and word context understanding ?”

This research used classroom action research which consists of two cycles which every cycle has four steps, they are planning, action, observation, and reflection. The population of this research is first grade of SMP “Muhammadiyah” I Malang /Academic Year. The reason of researcher to choose students of first grade is their different educational background they obtained from educational level before. And the instruments used to do research are observation, interview, questionnaire, tests and documentation.

The result of this research showed that vocabulary card application can increase their reading ability from their pronunciation at makhraj huruf of vocabularies, vocabulary meaning mastery through its picture, sentence type understanding in Jumlah Ismiyah with Ism Isyarah, arranging mufradat writing and vocabulary context understanding which consists of sifah maushufah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis
Keywords: بطاقة المفردات; ;هارة القراءة; Vocabulary Card (Mufradat); Reading Ability; Kartu Kosakata (Mufradat); Kemahiran Membaca
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:12
Last Modified: 08 Apr 2017 05:12
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item