Mujahid, Ibnu (2004) Peran lembaga pendidikan madrasah dalam upaya menanamkan Nilai-nilai moral siswa: Studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijogo Karangbesuki Sukun Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110256.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan yang kian pesat di berbagai bidan gselama ini tidaklah menjamin terwujudnya tatanan kehidupan masyarakat yang ideal dan harmonis apabila tatanan nilai-nilai agama terabaikan. Pembangunan meteriil yang tidak diiringi dengan pembangunan mental spiritual pada akhirnya akan menyeret manusia kepada jurang kehancuran. Runtuhnya peradaban nilai-nilai kemanusiaan, moral dan etika merupakan ancaman yang cukup serius dan pada akhimya akan menjadi realitas sosial yang menakutkan. Oleh karena itu untuk mengantisipasi kondisi tersebut, perlu adanya penanaman nilai-nilai ajaran Islam secara mendalam sedini mungkin pada diri anak didik agar mereka mengetahui bagaimana berperilaku yang baiki Lembaga pendidikan madrasah mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam membentuk kepribadian anak didik, karena dalam lembaga tersebut sarat dengan nilai-nilai luhur yang diambil dari ajaran Islam.
Berangkat dari permasalahan di atas, penulis mengadakan penelitian tentang peran pendidikan madrasah dalam upaya menanamkan nilai-nilai moral siswa. Adapun lokasi penelitian tersebut adalah di MTs Sunan Kalijogo Karangbesuki Sukun Malang, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran lembaga pendidikan madrasah dalam upaya menanamkan, nilai-nilai, moral agama pada siswa, upaya apa saja yang dilakukan, problem apa saja yang dihadapi serta bagaimana cara mengatasinya.
Dalam penelitian ini penulis menentukan populasi di MTs Sunan Kalijogo, sedangkan sampel yang digunakan adalah sampel berstrata dari semua siswa kelas UI yang berjumlah 40 siswa dan Kepala Sekolah serta para guru. Untuk mengumpulkan data, digunakan metode interview, observasi dan angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik deskriptif. Data-data yang tidak dapat angka-kan dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitaif dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
100% د ع: م
N
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran lembaga pendidikan madrasah dalam menanamkan nilai moral siswa adalah membetuk moral (etika) kedaalam 2 bagian, yakni: pertama, yang sifatnya vertikal, yaitu moral (etika) yang berkaitan dengan hubungan antara manusia dengan Tuhan, Kedua, bersifar horizontal, yaitu moral (etika) yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan sesama manusia serta dengan alam sekitar. Sedangkan upaya yang dilakukan MTs Sunan Kalijogo dalam upaya menanamkan nilai moral siswa adalah: pertama, dengan cara membangun hubungan eksternal yang meliputi hubungan lembaga dengan murid, hubungan lembaga dengan msyarakat, dan hubungan lembaga dengan aparat penegak hukum. Kedua, membangun hubungan internal, meliputi hubungan guru dengan murid dan penyediaan sarana pengembangan minat dan bakat siswa. Adapun permasalahan yang dihadapi MTs Sunan Kalijogo dalam upaya penanaman nilai-nilai moral siswanya adalah karena pengaruh lingkungan sosial. Untuk mengatasinya, terlebih dahulu menkondisikan lingkungan menjadi m*asyarakal menjadi lingkungan yang kindusif untuk pembelajaran. Kurangnya peran serta orang tua wali murid juga merupakan problem yang dihadapi MTs Sunan Kalijogo, upaya memberikan pengertian kepada orang tua sis١Va melalui forum- forum pertemuan antara guru dan wali murid dipandang sebagai cara yang tepat dalam mengatasi permasalahan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah |
Keywords: | Peran lembaga madrasah; upaya menanamkan nilai moral siswa; MTs Sunan Kalijogo Karangbesuki Sukun Malang |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 10:29 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 10:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62419 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |