إعداد مواد تعليم مهارة القراءة مركز ترقية اللغة الأجنبية بمعهد نور الجديد بيطان بروبولنجو جاوى الشرقية

Firdaus, Sulton (2010) إعداد مواد تعليم مهارة القراءة مركز ترقية اللغة الأجنبية بمعهد نور الجديد بيطان بروبولنجو جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
087200037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) merupakan lembaga yang berada dalam naungan Yayasan PP. Nurul Jadid paiton Probolinggo. Suatu lembaga khusus yang mengajarkan dan mengembangkan kemampuan santri di dalam berbahasa. Di lembaga ini ada tiga tingkat, tingkat Ula, Wustha dan Ulya. Kurikulum Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) ini lebih menekankan pada kemampuan skill, di tingkat ula menekankan pada kemampuan berbicara, tingkat Wustha menekankan pada kemampuan Membaca dan tingkat Ulya menigkatkan kemampuan Menulis dan Menterjemah. Namun demikian, kenyataan yang terjadi bahwa pengajaran Bahasa Arab di Lembaga ini masih menggunakan buku ajar yang berisikan teks-teks bacaan yang tidak terencana dan tidak menyentuh langsung terhadap kehidupan siswa. Menurut hemat peneliti bahwa isi dari buku yang digunakan kurang mengena terhadap minat siswa dan tidak adanya inovasi di dalam setiap latihannya, baik yang berbentuk kegiatan aktif maupun yang berbentuk game.

Melihat permasalahan di atas peneliti bermaksud menyusun materi pelajaran untuk meningkatkan kemahiran Membaca pada siswa/siswi LPBA.

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun buku ajar bagi siswa Tingkat Ula semester pertama dalam rangka meningkatkan ketrampilan Membaca, dengan memperhatikan aspek-aspek pengetahuan yang dibutuhkan, latar belakang dan tingkat kemampuan berbahasa mereka.

Pendekatan penelitian yang digunanakan dalam penilitian ini adalah pendekatan kualitatif-kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah termasuk bagian dari penelitian “Reseach & Development.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan Materi Ajar dalam mengembangkan keterampilan Siswa membaca teks bahasa Arab

Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Two Group dengan latar pembelajaran di kelas yang telah ditentukan sebagai sampel ١٠ kelompok eksperimen dan ١٠ kelompok kontrol dari siswa-siswi Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA).

Temuan penelitian ini bila dilihat dari hasil yang diperoleh sebelum eksperimen materi baru di ajarkan mencapai nilai rata-rata ٧٣ pada kelompok eksperimen dan ٧٢ pada kelompok kontrol.

Berdasarkan uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes dalam keterampilan membaca, menunjukkan hasil t-hitung (٥,٢٤) > (lebih besar) dari t- tabel ٥% (٢,١٠). Dan < (lebih kecil) dari ukuran ١% (٢,٨٨) Artinya ada perbedaan cukup signifikan antara kemampuan membaca sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Materi Ajar yang baru. Dengan demikian, bahwa penggunaan Buku Ajar yang baru adalah Efektif dalam mengembangkan keterampilan membaca siswa.

Hasil dari penelitian ini adalah ١). Tersusunnya buku ajar untuk maharah Qira’ah bagi siswa Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA). ٢). Bahwa dengan buku ajar yang telah disusun proses belajar-mengajar memiliki efektifitas di dalam peningkatan keterampilan berbahasa yakni dalam keterampilan membaca, dan keberhasilan yang dicapai para siswa di dalam peningkatan kemampuan membaca lebih baik.

Saran peniliti bagi para guru bahasa Arab khususnya di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) serta bagi para peniliti yang selanjutnya: ١) mengkaji dan merencanakan ulang tujuan-tujuan umum pengajaran bahasa Arab yang sesuai bagi para siswa, tingkat kebutuhan mereka, dan lingkungan pengajaran, (٢) menyiapkan dan mengembangkan materi-materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dengan selalu memperhatikan kebutuhan dan minat siswa. ٣) Bagi para peliti selanjutnya untuk meneruskan penelitian ini dengan menyusun buku ajar yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa dan ketrampilan membaca khususnya.

ABSTRACT

The School of Foreign Language Development (LPBA), situated under the umbrella of the PP Nurul Jadid Foundation in Paiton, Probolinggo, is a special school focusing on teaching and developing the students’ language comprehension. Consisting of three levels of classes; beginner, intermediate and advanced level, the school designs its curriculum in such a way to develop the language skills of the students, e.g. speaking for the first level, reading for the the second level, and writing and translating for the advanced ones. However, on practical levels, the process of Arabic language teaching within this school remains using teaching materials whose reading texts are not well organized and do not touch the student’s contextual lives. As far as the researcher knows, the content of the materials do not really accommodate the interest of the students, in addition it does not contain any innovation on its material tasks, be they active plays or games. Based on these problems, the researcher wants to arrange a teaching material in order to develop the reading comprehension of the students in the LPBA.

This research, thus, aims at arranging a teaching material for the student of the beginner level in their first semester, in order to develop their reading comprehension, by looking at several aspects related to important knowledge, background, and language level of the students. In addition, it also seeks to find the effectiveness of the teaching materials in developing the students’ reading comprehension.

Using qualitative and quantitative approaches, this research stands in the category of “research and development” inquiry. It includes experimental procedure and is designed to use a “Pretest-Posttest Two Group”, by which it employs ten groups of experiment students taken from the already decided sample class, and ten groups of control students taken from other ordinary classes in the LPBA.

The finding of this research shows that student achievements reach the average of ٨٣ for the group of experiment students and ٧٣ for the group of control students. Based on a statistical t-test applied on the result of the pre-test and post- est of the reading comprehension, it was seen that the result of t-count (٥,٢٤) > (is bigger than) t-table (٢,١٠) for the measure of ٥% for t-count, and < (lesser than) for the measure of ١ % (٢.٨٨). It means that there is significant difference between the reading comprehension of the student before and after the teaching with the new teaching materials. Therefore, it could be concluded that the use of the new teaching materials is effective to develop the reading comprehension of the students.

The result of this research is ١). The new teaching materials of the reading comprehension for the students in the LPBA are successfully arranged. ٢). With the newly arranged teaching materials, the process of learning and teaching in the class poses some effectiveness to develop the students language comprehension, particularly in reading comprehension. In addition the achievement of the student in their reading comprehension is proofed better with the new materials.

The researcher’s advices for the board of Arabic language teachers in the LPBA are as follows: ١). To re-examine and re-arrange the general objectives of the Arabic language teaching suit with the age, need and teaching milieu of the students. ٢). To prepare and develop the teaching materials which are suit with the decided objectives of the teaching, by looking at the interest of the students. ٣). For the future researchers, to continue this research by arranging a better structured teaching material in order to develop the student’s language comprehension, particularly in their reading comprehension.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Abd. Halim, Muhammad and Hasan Abd. Baari, Nur
Keywords: إعداد مواد تعليم; مهارة القراءة; Penyusunan; Materi Ajar; Keterampilan Membaca; Arrangement; Teaching Materials; Reading Comprehension
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:11
Last Modified: 08 Apr 2017 05:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6240

Actions (login required)

View Item View Item