Nursyamsu Mt, Mohammad Faqih (2016) Dinamika sistem pendidikan di pondok pesantren dalam mengahadapi era globalisasi: Studi Multikasus Pondok Pesantren Darul Huda Mayak Ponorogo dan Pondok Pesantren Thoriqul Huda Cekok Ponorogo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14771057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin besar materialisme, kompetisi global dan bebas tanpa mengenal belas kasih menjadi ciri yang paling menonjol. Sedangkan. Salah satu dampak negatifnya adalah menurunnya nilai agama. Pondok pesantren telah menunjukkan kemampuan dalam mengimbangi perkembangan zaman yang tengah sedang dialaminya. Namun demikian, pondok pesantren harus tetap menjaga dan mempertahankan jati dirinya sendiri sebagai lembaga tafaqquh fiddi>n. Oleh karena itu, pondok pesantren hendaknya memperoleh perhatian dan dukungan dari berbagai pihak yang memiliki wewenang dalam dunia pendidikan, karena jika pondok pesantren tidak mendapat dukungan dari pihak terkait akan sulit pondok pesantren akan bersaing dengan lembaga pendidikan yang lainnya. Pondok Pesantren Darul huda Mayak dan Pondok Pesantren Thoriqul Huda Cekok yang menjadi lembaga pendidikan yang berorientasi dalam keagamaan masih mempertahankan tradisi salaf yang menjadi ciri khas dari pondok pesantren, yakni dengan menggunakan metode sorogan, bandongan weton, hafalan serta masih mengkaji kitab salaf atau kitab kuning ulama’ salaf yang mengkaji berbagai ilmu agama seperti nahwu, fiqih, shorof dan lain-lain.
Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Tehnik analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data dengan cara menyusun dan mengelompokkan data yang ada sehingga memberikan gambaran yang nyata terhadap responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sistem pendidikan pondok pesantren yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak terdiri dari sub bagian sitem Mts Darul Huda, MA Darul Huda, Madrasah Diniah Miftahul Huda, Pramuka, PMR; sedangkan Pondok Pesantren Thoriqul Huda Cekok terdiri dari sub bagian sistem SMPIT Thoriqul Huda, Madrasah Diniah Taslimul Huda, TPQ Thoriqul Huda, Tata Boga, Las, Menjahit; (2) bentuk sistem pendidikan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dan Pondok Pesantren Thoriqul Huda Cekok terdiri dari pembaharuan kelembagaan dan pembaharuan kurikulum; (3) tujuan atau orientasi sistem pendidikan di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak dan Pondok Pesantren Thoriqul Huda Cekok adalah untuk menyiapkan agar santri-santrinya siap dan mampu menghadapi tantangan-tantangan era globalisasi.
ENGLISH:
The whole advances in science and technology lead into greater materialism. Ruthless and unrestricted global competition becomes the most prominent characteristic. Meanwhile, one of the negative effects is the decrease in religion value. Pesantren has shown the ability to keep pace with these advances. However, Pesantren must keeps and maintains its own identity as a tafaqquh fiddin institution.
Therefore, pesantren should get the attention and support from various parties who have the authority in the world of education. Without this support, it would be difficult for Pesantren to compete with other educational institutions. Pondok Pesantren Darul Huda Mayak and Pondok Pesantren Thoriqul Huda Cekok are islamic oriented educational institutions that still maintain the tradition of the Salaf, the characteristic of a Pesantren. It is by using the method of sorogan, bandongan weton, also memorizing and studying the books of the Salaf, yellow books by scholars salaf who were into the science of islam as nahwu, fiqh, shorof and others.
This study used a qualitative approach, with qualitative descriptive analytical approach. The data collection is done by depth interviews technique, participant observation and documentation. Technical analysis of data starts by arranging all data and by classifying the existing data so as to provide a real picture of the respondents.
The results of this study indicate that: (1) pesantren education system applied in Pondok Pesantren Darul Huda Mayak consists of sub-section systems: MTs Darul Huda, MA Darul Huda, Madrasah Diniah Miftahul Huda, Scout, PMR; meanwhile Thoriqul Huda consists of sub section systems: SMPIT Thoriqul Huda, Madrasah Diniah Taslimul Huda, TPQ Thoriqul Huda, Catering, Welding, Tailoring; (2) forms of the education system in Pondok Pesantren Darul Huda Mayak and Pondok Pesantren Thoriqul Huda consists of the institutional reform and the curriculum renewal; (3) the purpose or the orientation of the education system in Pondok Pesantren Darul Huda Mayak and Thoriqul Huda Cekok is to prepare its students to be ready and able to face the challenges of globalization era.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo and Amrullah, Abdul Malik Karim | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Dinamika Sistem Pendidikan; Pondok Pesantren; Era Globalisasi | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2017 12:02 | |||||||||
Last Modified: | 08 Apr 2017 12:02 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6239 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |