إعداد الكتاب التعليمي لتعليم المفردات العربية للأطفال قبل المدرسة: بحث تجريبي في روضة الأطفال "المشيطة" ببالونج بندوا سيدوهارجو

Sa’adah, Umi (2010) إعداد الكتاب التعليمي لتعليم المفردات العربية للأطفال قبل المدرسة: بحث تجريبي في روضة الأطفال "المشيطة" ببالونج بندوا سيدوهارجو. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08720038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bersamaan dengan berjalannya waktu kebutuhan manusia terhadap bahasa arab sungguh berubah hal ini terlihat dalam antusias manusia untuk melakukan latihan-latihan dalam mengembangkan bahasa Arab. Kesukaan terhadap bahasa Arab hari demi hari bertambah,karena bahasa Arab adalah bahasa Agama dan juga merupakan bahasa internasional.

Sehubungan dengan pengajaran bahasa arab, sesungguhnya pembelajaran bahasa Arab pada anak-anak sejak usia dini merupakan suatu hal yang baik karena pada masa tersebut anak-anak bisa mudah untuk mempelajari bahasa. Pembelajaran bahasa Arab di Taman Kanak-kanak memberi pengaruh yang sangat positif pada sikap anak-anak yang melanjutkan belajar di Madrasah Ibtidaiyah dan itu dikarenakan anak-anak sudah mengenal kata benda yang ada disekitar mereka sejak dini.

Di sini diperlukan untuk mendesain materi ajar, meskipun di lapangan sudah banyak buku ajar yang dipakai tapi buku tersebut tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini juga terjadi di Taman kanak-Kanak "Al- Masyithoh" yang mana tidak ada materi yang menarik yang dapat mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu pembelajaran bahasa arab memerlukan bahan ajar yang dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Permasalahan pada penelitian ini adalah tidak adanya materi untuk pembelajaran bahasa Arab yang menarik, permasalahan ini membutuhkan pertanyaan yaitu 1) bagaimana mendesain materi ajar dalam pembelajaran kosakota yang yang baik,2) seberapa jauh efektifitas materi ajar dalam pembelajran kosakata.

Mengacu pada permasalahan di atas, bahwa tujuan penelitian ini adalah 1) menghasilkan materi ajar yang menarik dan baik, 2) mengetahui efektifitas bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Arab.

Peneliti berupaya mencari solusi atas permasalahan tersebut dengan menggunakan metode penelitian pengembangan. Di mana hasil dari materi kemudian dikomunikasikan kepada pakar pendidikan bahasa Arab (validasi desain) dengan tujuan untuk meminta tanggapan, saran, kritikan yang berkenaan dengan materi yang didesain guna perbaikan lebih lanjut. Setelah direvisi kemudian materi tersebut diuji cobakan di Lapangan. Adapun populasinya adalah anak-anak di kelas B yang berjumlah 21 siswa.instrumen penelitian adalah wawancara,angket, dan ujian. Sedangkan sumber data adalah kepala sekolah, guru, dan pakar pendidikan bahasa Arab.

Adapun hasil dari uji coba materi ajar adalah bahwa materi ajar sangat cocok digunakan dalam pembelajaran di Taman Kanak-kanak "Al- Masyithoh", hal ini terbukti dengan adanya semangat dan motivasi yang besar pada diri ana-anak.

Mengacu pada data-data penelitian, hasil dari penyusunan materi dan uji coba menunjukkan bahwa materi ajar yang didesain sesuai bagi anak-anak di taman kanak-kanak "Al-Masyithoh".selain itu materi ajar tersebut efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran. Efektifitas tersebut dapat dilihat dari nilai rata-ratasiswa setelah dilakukan uji coba yaitu 82, 05 yang berarti bahwa anak-anak telah berhasil memperoleh nilai yang diharapkan.

ABSTRACT

People’s need of Arabic language has been increasing from time to time. Evidence for this is the growing enthusiasm of people both in practicing and developing Arabic, due to its importance as a religious and international language at the same token.

Regarding teaching Arabic as a foreign language, it is believed that teaching Arabic for children is regarded effective because children are easy to emulate any kind of language. Therefore, teaching Arabic in the kindergarten could give good influences for them, especially when they attend their elementary schools, provided they have been familiar with some vocabularies related to particular objects surrounding them.

At this point, it is important to design a vocabulary text book of Arabic language for them. However, notwithstanding the great number of the vocabulary text book, none of them is considered successful in achieving the goal of the teaching, as it happened in TK al-Masyitoh, which, accordingly, is in a great need of a vocabulary text book able to achieve the intended goal of the teaching.

In order to design a good text book in Arabic teaching for the kindergarten-aged children, this research has several questions to answer as follows: 1. How to design a good vocabulary text book? 2. To what extent is a vocabulary text book effective in learning Arabic? Based on these, the aims of this research are as follows: 1. To design a good vocabulary text book. 2. To evaluate the effectiveness of a vocabulary text book in learning Arabic.

This research is designed as a development research, in which the findings of the research are further consulted with a number of Arabic teaching experts, in order to know their responses, advice and critics relating to the materials designed for developing a good Arabic vocabulary text book. After being revised, the materials are experimented in TK al-Masyitoh, whose 20 students of B Class are utilized as the population. Instruments of this research include interviews, surveys, and tests. The data are collected from the school principal, teachers and a number of experts in Arabic teaching.

Findings of the research show that the materials designed are significantly successful to apply in TK al-Masyitoh, evidenced by the great enthusiasm and motivation shown by the children. In addition, the materials designs are effective in increasing the vocabulary comprehension of the students. It can be seen from the average marks achieved by the students after the experiment, which is significantly increasing, especially if compared with those before the experiment.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Mohammad Bakhet Ahmad, Bakry and Hasan Abdul Bary, Nur
Keywords: إعداد الكتاب التعليمي; تعليم المفردات; Desain Buku Ajar; Pembelajaran kosakata; Text book design; Vocabulary teaching
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:11
Last Modified: 08 Apr 2017 05:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6238

Actions (login required)

View Item View Item