Suryanto, Eddie (2002) Pembaharuan pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo: Telaah dalam menatap kehidupan masyarakat modern. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110071.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pembaharuan pendidikan Islam dalam rangka memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan Islam dewasa ini guna menghadapi kehidupan masyarakat modern. Masalah pendidikan Islam selama ini belumlah dapat terpecahkan semuanya. Akibatnya lembaga pendidikan Islam belumlah dapat mencetak output yang mempunyai kualitas yang tinggi dan mencetak output yang relevan dengan tuntutan masyarakat. Sehingga masyarakat mengkelas duakan lembaga pendidikan Islam.
Konsep pembaharuan pendidikan Islam sebenarnya sudah lama di galakkan, akan tetapi masih relatif kecil untuk diaktualisasikan oleh lembaga pendidikan Islam terutama oleh madrasah. Sebenarnya dengan adanya pembaharuan pendidikan Islam di lembaga pendidikan Islam, maka akan menghasilkan output yang relevan dengan tuntutan masyarakat modern. Sehingga lembaga pendidikan Islam tidak dikesampingkan lagi oleh banyak lembaga masyarakat yang menginginkan anaknya peka terhadap perkembangan zaman, oleh karena itulah maka pendulis mengkaji dengan tujuan agar dapat mengungkapkan masalah-masalah yang dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan Islam dalam rangka pembaharuan pendidikan Islam.
Mengenai masalah yang menjadi pokok pembahasan penulis adalah faktot-faktor yang mendorong adanya pembaharuan pendidikan Islam di madrasah, usaha-usaha yang dilakukan oleh madrasah, problematika yang dihadapinya serta cara pemecahannya. Dengan mengambila obyek di Madrasah Aliyah Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo.
Dalam mengungkap masalah tersebut di tempuh dua pendekatan yaitu studi kepustakaan dengan berpijak dari teori dan pendapat dari para ahli pendidikan yang !berhubungan dengan masalah tersebutdan studi lapangan. Sedangkan data yang dipakai acauan studi dikumpulkan melalui metode interview, obsevasi dan dokumentasi. Untuk menganalisa data yang terkumpul menggunakan teknik diskriptif dan teknik analisis statistik. Tujuannya adalah untuk memaparkan hasil dari penelitian ini agar supaya dapat dipahami dan dimengerti. Hal ini dilakukan secara obyektif.
Dari hasil penelitian didapat bahwasannya faktor-faktor yang mendorong pembaharuan pendidikan Islam oleh MA Zainu Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo adanya keinginan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, adanya tuntutan masyarakat terhadap madrasah untuk dapat mencetak output yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan adanya dorongan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikannya. Sedangkan pembaharuan yang diaktualisasikan adalah pengembangan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas guru, pembaharuan kurikulum/ pembenahan proses belajar mengajar dan peningkatan hubungan masyarakat.
Dalam proses pembaharuan pendidikan Islam ini tidak akan sukses dan jalan dengan mulus tanpa adanya dukungan dari para staf dan guru serta siswa yang ada di MA Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid |
Keywords: | pembaharuan pendidikan; pendidikan islam; MA Zainul Hasan Genggong; kehidupan masyarakat modern |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 14:03 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 14:03 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62378 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |