Afidah, Afidah (2002) Pengaruh pembelajaran Aqidah Akhlaq Terhadap perilaku siswa MTs Hasyim Asy’ari Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110060.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Agama Islam lahir di tengah-tengah kerusakan moral atau akhlaq, kerusakan moral yang terjadi pada bangsa Arab, di karenakan buta dengan masalah-masalah religius atau Aqidah. Pemahaman masalah aqidah sama sekali tidak dimiliki oleh kaum Arab dan mereka lebih percaya pada hal-hal yang tidak masuk akal, seperti menyembah berhala atau sejenisnya yang dianggap sakral, perbuatan-perbuatan semacam itu berakibat perilakunya kurang manusiawi.
Pembelajaran aqidah akhlaq adalah merupakan bagian dari pendidikan agama Islam dari segi Aqidah dan akhlaq yang memberikan bimbingan kepada peserta didik agar memahami, menghayati, meyakini kebenaran ajaran Islam, serta bersedia mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga mengandung suatu pengertian bahwa dalam pelaksanaannya pendidikan aqidah akhlaq harus dilakukan dengan kesadaran dan tanggung jawab melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan agar peserta didik mampu meyakini, memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam dengan benar dan mampu untuk mengamalkan ajaran-ajaran Islam itu dalam kehidupan sehari-hari.
Berpijak pada permasalahan di atas bahwa Skripsi ini akan membahas tentang pengaruh pembelajaran aqidah akhlaq terhadap perilaku siswa MTs Hasyim Asy’ari Batu. Penulisan ini dilakukan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlaq dan untuk mengetahui perilaku siswa-siswi serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran aqidah akhlaq terhadap perilaku siswa-siswi MTs Hasyim Asy’an Batu.
Di dalam mengumpulkan data dari suatu penulisan Skripsi tidak lepas dari suatu metode. Adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, metode angket, metode interview, dan metode dekumntasi. Untuk menganalisa data penulis menggunakan rumus prosentasi dan chi kwadrat dengan rumus sebagai berikut:
100% ب=م
٨٧
dan
ح( م - ثلا ٢ ١2
برخ = X
Teknik prosentasi ini digunakan untuk mencari proses pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlaq dan perilaku siswa siswi di MTs Hasyim Asy’ari Batu. Adapun teknik chi kuadrat untuk mencari pengaruh pembelajan aqidah akhlaq terhadap perilaku siswa MTs Hasyim Asy’ari Batu.
Dari hasil perhitungan rumus di atas, kemudian ditarik kesimpulan yang penulis peroleh dari penulisan ini adalah pembelajaran aqidah akhlaq dan perilaku siswa di MTs Hasyim Asy’ari Batu ada delapan poin yang signifikan yaitu, menyangkut tentang merenungkan kembali materi pembelajaran aqidah akhlaq, mempraktekan kembali pelajaran aqidah akhlaq dalam kehidupan sehari-hari, menjalankan sholat lima waktu dalam sehari, mentaati tata tertib, membersihkan kelas dan salin tolong menolong. Sedangkan sisanya hanya empat poin yang noin signifikan. Adapun pengaruh pembelajaran aqidah akhlaq terhadap siswa MTs Hasyim Asy’ari Batu, menurut perolehan Chi kwadrat sebesar 5,76 berati ada pengaruh yang signifikan antara dua variabel mengenai proses pembelajaran aqidah akhlaq dan perilaku siswa. Sedangkam perolehan KK = 0,20, yang berarti pengaruh pembelajaran aqidah akhlaq terhadap perilaku siswa MTs Hasyim Asy’ari Batu, korelasinya sangat rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sjahid, M. |
Keywords: | pembelajaran Aqidah Akhlaq; perilaku siswa; MTs Hasyim As'ari |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 14:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 14:02 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62376 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |