Aini, Nur (2001) Studi tentang motivasi orang tua siswa menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
97110355.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam usaha meningkatkan kualitas manusia maka pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk mengembangkan pribadi sosial anak. Oleh karena itu pemerintah memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memperoleh pendidikan tanpa membedakan status sosial, ekonomi, budaya dan ras. Setiap anak akan memperoleh pendidikan yang layak sesuai dengan yang dibutuhkan. Hal ini tergantung pada orangtua siswanya sebagai penanggung jawab utama untuk mengarahkan, memberi kebijaksanaan terhadap langkah-langkah atau jalur pendidikan yang akan ditempuh oleh anaknya. Tentunya Orang tua siswa sudah mempunyai gambaran lembaga pendidikan yang mana yang cocok dan sesuai dengan tuntutan Islam, salah satunya adalah lembaga Madrasah Aliyah yang memiliki ciri khas agama Islam.
Sebagai calon sarjana pendidikan Islam penulis tertarik dan merasa perlu untuk mengetahui dan meneliti motivasi orangtua siswa menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah Al-lshlah di Sendangagung Paciran Lamongan sehingga menjadi pedoman bagi penulis untuk mengembangkan pendidikan yang serupa. Penelitian ini penulis tuangkan dalam bentuk skripsi dengan judul: Studi Tentang Motivasi Orang Tua Siswa Menyekolahkan Anaknya Di Madrasah Aliyah Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan.
Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah, secara empiris meliputi: tentang motivasi orangtua siswa menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah Al-lshlah, faktor yang dominan dan usaha Madrasah Aliyah Al-lshlah dalam memotivasi masyarakat dan orangtua siswa serta masalah latar belakang obyek penelitian dan analisa data, kesimpulan dan saran-saran.
Metode yang digunakan dalam pembahasan teoritis adalah metode deduktif, induktif dan komperatif. Sedangkan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, metode interview, metode angket dan metode dokumenter. Selelah data terkumpul, penulis mengolahnya dengan menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif, dengan jalan menguraikan atau menjelaskan berdasarkan gejala-gejala yang dapat dihitung frekuensinya menggunakan prosentase dengan rumus.
Dan apabila penulis sulit memprosentasekan maka disajikan dengan kalimat sesuai dengan keadaan yang ada. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi orangtua siswa menyekolahkan anaknya di Madrasah Aliyah Al-Ishlah adalah: agar anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah karena dengan memiliki dasar agama yang kuat sehingga berguna bagi nusa, bangsa dan agamanya. Sedangkan motivasi ekstrinsiknya yaitu bidang studi agamanya lebih banyak dibanding sekolah umum dan prestasi yang pernah diraih oleh Madrasah Aliyah Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan, sehingga mutu pendidikannya dapat dikatakan baik dan lulusannya pun akan mampu bersaing dalam memasuki jenjang pendidikan di perguruan tinggi favorit baik negeri maupun swasta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid |
Keywords: | motivasi; orangtua; sekolah |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 13:59 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 13:59 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62367 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |