Diana, Alfia (2002) Menciptakan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang ideal bagi masyarakat: Studi kasus di MINU Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
21963160.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam di Indonesia, keberadaannya telah diakui secara nasional. Perkembangan madrasah dari tahun selalu bertambah, akan tetapi kualitasnya sebagian besar masih dipertanyakan. Dilain pihak telah banyak sekolah-sekolah umum yang kualitasnya dapat diandalkan. Sebagai lembaga pendidikan Islam seharusnya madrasah mulai berbenah untuk meningkatkan kualitasnya agar dapat mencapai mutu yang ideal bagi masyarakat, dengan tetap memperhatikan ciri khas keagamaannya, yang menjadikan madrasah ini berbeda dengan sekolah umum yang lain, dengan harapan para lulusannya memiliki wawasan keilmuan yaitu ilmu pengetahuan agama juga ilu pengetahuan umum. Penyelenggaraan pendidikan madrasah yang demikian sebenamyajuga diharapkan agar terhapus persepsi yang menyatakan bahwa antara kedua ilmu tersebut berdiri sendiri, karena sebenarnya antara ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum merupakan kesatuan yang integral.
Berdasarkan pokok permasalahan di atas, penulis perlu mengadakan penelitian mengenai Menciptakan Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Yang Ideal Bagi Masyarakat dengan mengambil studi kasus di MINU Bululawang. Adapun tujuan pembahasan ini adalah :
1. Mengetahui secara jelas usaha-usaha yang telah dilakukan oleh MINU Bululawang dalam upaya mengembangkan lembaga pendidikan yang ideal bagi
masyarakat.
2. Mengetahui lebih lanjut faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendorong
dalam upaya pengembangan yang diharapkan oleh masyarakat.
3. Mengetahui lebih jauh prospek MINU Bululawang dalam menuju masa depan
Selanjutnya untuk membahas tinjauan secara teoritis penulis menggunakan metode deduksi, induksi dan komparasi, sedangkan untuk mengetahui data menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumen, kemudian berdasarkan data yang diperoleh untuk menganalisa datanya digunakan rumus :
100% عئ=م
٨٧
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah dapat dikatakan unggul secara kualitas baik akademik maupun non akademik, dapat memberikan pelayanan yang baik dan memperoleh pengakuan dari masyarakat. Permasalahan yang sering muncul adalah kurangnya dana dan kualitas sumber daya manusia yang perlu ditingkatkan terus menerus. Adapun alternatif solusinya dengan mengadakan terobosan-terobosan dan kerjasama dengan masyarakat untuk penggalian dana dan dalam pembinaan dan peningkatan sumber daya manusia yang ada melalui penataran, pelatihan, pembekalan dan kegiatan-kegiatan ilmiah lainnya yang dapat mendukung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Usman, Muchlis |
Keywords: | lembaga pendidikan; MINU Bululawang |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 14:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 14:02 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62362 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |