Responsive Banner

Pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama di SDN Pandanrejo I Kecamatan Wagir Kabupaten Malang tahun ajaran 2000 / 2001

Yusrini, Luthfian (2001) Pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama di SDN Pandanrejo I Kecamatan Wagir Kabupaten Malang tahun ajaran 2000 / 2001. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
97110328.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama di SDN Pandanrejo I Kecamatan Wagir Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2000/2001, merupakan pokok masalah yang menjadi bahan kajian dalam penulisan skripsi ini. Adapun tujuan pembahasan masalah tersebut adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama.

Untuk mengungkapkan masalah tersebut, penulis berpijak dari teori dan pendapat para ahli pendidikan yang meliputi: pembahasan tentang pengertian sumber belajar, macam-macam sumber belajar, kegunaan sumber belajar dalam proses belajar mengajar dan tujuan penggunaan sumber belajar.

Dalam mengkaji masalah tersebut, dapat ditempuh dengan pendekatan studi lapangan di SDN Pandanrejo I Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Data diperoleh melalui angket, interview, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisa data, dianalisa dengan Chi Kuadrat dan Koefisien Phi dengan formulasi.

Dan hasil penelitian diketahui bahwa nilai X2 yang diperoleh dari observasi adalah 0,628, sedangkan nilai X2 yang ada pada tabel dengan derajat kebebasan 1 dan taraf signifikansi 5% adalah 3,481. Dengan demikian hipotesa nihil yang berbunyi tidak ada pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama diterima, sedangkan hipotesa kerja yang berbunyi ada pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa ditolak. Hal ini disebabkan karena kesalahan responden dalam mengisi angket. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama di SDN Pandanrejo I Kecamatan Wagir Kabupaten Malang tahun ajaran 2000/2001 atau bahwa penggunaan sumber belajar pengaruhnya sangat rendah terhadap prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghony, M. Djunaidi
Keywords: sumber belajar; prestasi belajar; pendidikan agama
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 08 Mar 2024 13:59
Last Modified: 08 Mar 2024 13:59
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62361

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item