Madhan, Madhan (2002) Pelaksanaan sistem pendidikan Pondok Pesantren mahasiswa di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
21963001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan nasional yang sejak awal pertumbuhannya lebih di kenal sebagai lembaga pendidikan yang unik dan berkarakter ristik hal ini di sebabkan karena dalam proses belajarnya pondok pesantren memiliki metode - metode tersendiri misalnya (metode wetonan, badongan, muhawarah dan lain sebagainya). Selain itu juga pesantren memiliki materi pelajaran tersendiri yang khusus di konsentrasikan pada pelajaran agama - agama islam yang lebih di kenal dengan istilah kitab gundul/kitab kuning atau juga di kenal dengan istilah kitab salaf, sehingga membedakan dengan lembaga - lembaga pendidikan pada umumnya.
Perkembangan zaman yang diiringi dengan kemajuan dalam berbagai bidang tennasuk dunia pendidikan yang hadir dalam berbagai bentuk guna menghasilkan output yang berkualitas dalam menyikapi zaman.
Melihat relitas yang berkembang, akhimya melahirkan pro dan kontra dari kalangan tokoh-tokoh pendidikan Islam, ada yang menghendaki pendidikan sistem pesantren sebagaimana awal keberadaanya adapula yang menyikapi secara realistis yaitu menginginkan adanya perubahan pada dunia pendidikan pesantren, yaitu dengan cara memasukkan kurikulum serta metode pendidikan umum dalam proses pembelajaran.
Pondok pesantren mahasiswa AI-Hikam adalah salah satu pesantren yang mengadopsi pendapat kedua yaitu dengan memasukkan materi-materi pendidikan umum pada sistem pendidikannya, tidak lain dengan tujuan agar outputnya kelak bisa survive dalam menghadapi perkembangan zaman.
Oleh karena itu penelitian skripsi dengan judul Pelaksanaan Pendidikan Pondok Pesantren Mahasiswa Studi di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam di Kota Malang adalah dalam rangka bagaimana bentuk dari pelaksanaan pendidikan di pesantren yang menyangkut metode serta kurikulum, karena sistem yang digunakan tergolong baru dalam perkembangan pendidikan pesantren.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian qualitatifreseach, yaitu dengan menelusuri data-data yang berkaitan dengan proses pelaksanaan sistem pendidikan pesantren mahasiswa Al-Hikam. Sedangkan dalam proses analisisnya, menggunakan metode ،،kualitatif dan diskriftif’ dengan cara menggambarkan beberapa data konseptual serta interprestasi kualitatif lainnya untuk mendukung nilai obyektifitas dan orisinilitas dalam penelitian ini, untuk mendapatkan gambaran tersebut, penulis melakukan penelitian dokumentasi, observasi dan wawancara serta berpedoman pada hasil penelitian sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Zuhairini, Zuhairini |
Keywords: | Pendidikan Pondok Pesantren; Pondok Pesantren Mahasiswa AL- Hikam |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 14:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 14:02 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62353 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |