Solihin, Mohamad (2016) Modernisasi pendidikan pesantren: Studi kasus di Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
13771025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pesantren akan tetap survive dan menjadi lembaga ideal sebagai kebutuhan pendidikan masyarakat bila pesantren terus bergerak maju melakukan perubahan perubahan yang lebih baik dan sesuai zamannya. Pada era yang serba modern ini pesantren dituntut memodernisasi segala aspek yang ada khusunya aspek pendidikan dengan tujuan pesantren mampu bersaing dengan lembaga lain baik secara kualitas mutu pendidikan maupun kuantitasnya. Kondisi ini terjadi pada Pesantren Darul Lughah Wal Karomah yang merubah pola pendidikannya ke arah modern. Spesifik kajian penelitian ini tentang yang melatarbekalangi modernisasi pendidikan pesantren dan bagaimana bentuk modernisasi pendidikan yang terjadi di pesantren Darul Lugahah Wal Karomah.
Sebagaimana latarbelakang masalah, tujuan yang penelitian ini adalah apa yang melatarbelakangi modernisasi pendidikan di DarulLughah Wal Karomah, dan bagaimana bentuk Modernisasi pendidikan pesantren DarulLughah Wal Karomah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi kasus. Pegambilan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian dari Modernisasi Pendidikan Pesantren Darul Lugah Wal Karomah adalah pesantren yang awalnya salaf murni kemudian di moderkan dengan mengadopsi pesantren Modern. Yang melatarbelakangi modernisasi pendidikan adalah sistem pengajaran yang lama kalau dipertahankan cenderung tertinggal dan adanya tuntutan dari masyarakat yang semakin kompleks dan variatif. Sedangkan bentuk modernisasi pendidikan meliputi aspek kelembagaan, kurikulum, aspek pembelajaran dan fungsional pesantren. Modernisasi pada aspek kelembagaan, yaitu dari kepemimpinan individu (kiai) ke sistem kolektif (yayasan) dengan pembagian kerja yang jelas. Pada aspek kurikulum yaitu memasukkan kurikulum yang dibuat oleh Kementrian Agama Indonesia. Pada aspek pengajaran, yaitu dari sistem halaqah ke sistem klasikal/persekolahan dengan metode pengajaran yang berlaku pada lembaga pendidikan modern, seperti metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, demonstrasi, drama, resitasi, dan kerja kelompok. Pada aspek fungsional Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah meliputi: sebagai lembaga pendidikan. sebagai lembaga ekonomi, dan sebagai lembaga sosial.
ENGLISH:
Pesantren will survive and become an institution ideal asneeds public education if pesantren continue to move forward to make changes that better and appropriate era. In this modern era pesantren are required to modernize every aspect of the educational aspects especially with the purpose of pesantren able to compete with other institutions both in quality and quantity of education. This condition occurs in Pesantren Darul Lughah Wal Karomah that change patterns in the direction of modern education. Specific research studies about the background modernization of education Pesantren and how the shape of the modernization of education that occurs in pesantren Darul Lugahah Wal Karomah.
As the background of the problem, the goal of this research is what aspects influenced the modernization of education in DarulLughah Wal Karomah, and how the form of pesantren education Modernization DarulLughah Wal Karomah. This research used the qualitative approach, whereas the type of research using case studies. Develop the data with observations, interviews, and documentation.
The research of the modernization of pesantren Darul Lugah Wal Karomah is a pesantren that was initially purely salaf later in make modern by adopting Modern pesantren. Which aspects influenced the modernization of education is teaching the old system if maintained tends to lag behind and the demands of a society that is increasingly complex and varied. Whereas modernization of institutional aspects include education, curriculum, learning and functional aspects of pesantren. Modernization of the institutional aspect, that of individual leadership (kiai) into a collective system (Foundation) with a clear division of labor. On the aspect of the curriculum that is entering the curriculum created by the Ministry of religious affairs Indonesia. On the teaching aspect, that of the halaqah system to the system of classical/schooling with teaching methods that apply modern educational institutions, such as the method of lectures, question and answer, discussion, demonstration, drama, resitasion, and team work. On the functional aspects of the pesantren Darul Lughah Wal Karomah include: as an educational institution that is a source of Islamic Science, Islamic tradition keepers and reproduction of the scholars '. as economic institutions, and as a social institution.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur and Sutiah, Sutiah | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | Modernisasi; Pendidikan Pesantren; Modernization; Education of Pesantren | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi magister Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | |||||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2017 12:04 | |||||||||
Last Modified: | 08 Apr 2017 12:04 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6226 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |