استخدام وسيلة النماذج المجسمة ووسيلة الصور في تعليم اللغة العربية: دراسة تجريبية مقارنة في مدرسة أمّ أيمان الابتدائية بلاونج جاوى الشرقية

Handayani, Rini (2010) استخدام وسيلة النماذج المجسمة ووسيلة الصور في تعليم اللغة العربية: دراسة تجريبية مقارنة في مدرسة أمّ أيمان الابتدائية بلاونج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08720034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Thesis ini bertujuan membandingkan antara media replica dan gambar pada pengajaran kosa kata. Penelitian ini dilaksanakan di SD Ummu Aiman Lawang Timur yang dimana pembelajaran bahasa arab diajarkan sejak mulai kelas 2. Adapun tujuan dari pembelajaran bahasa arab di sekolah ini adalah agar peserta didik mampu menerapkan bahasa arab dalam kehidupan sehari- harinya serta memiliki 4 keterampilan (mendengar, menyimak, berbicara dan menulis) dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia dan jumlah pengausaan kosa kata . Akan tetapi terdapat masalah dalam pembelajaran bahasa arab bagi para siswa itu sendiri khususnya pada minimnya media yang digunakan. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara ke 2 media (replica dan gambar) pada pengajaran kosa kata.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang mencakup hasil dari perbandingan ke 2 media dalam pengajaran kosa kata melalui Pre tes dan Post tes siswa. Dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas control dan kelas eksperiment. Sample penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SD Ummu Aiman pada tahun ajaran 2009-2010 di Lawang Timur yang berjumlah 62 siswa. sementara desain penelitiannya adalah penelitian eksperimen yang melakukan uji coba ke 2 media tersebut dengan menggunakan T-Test untuk mengetahui efektifitas mana antara media replica dan gambar. Adapun metode penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, Tes, dan observasi.

Hasil penelitian ini adalah : dari observasi peneliti pada kelas experimen media replica bahwasanya ketika media ini dianhadirkan, mereka merasa sangat senang dan sangat antusias untuk belajar. Karna sifat dari media ini sebagai pengganti dari benda aslinya, kesenangan dan antusias mereka berlanjut selama pembelajaran. Mereka sangat menikmati dan merasakan media replica ini dengat penuh semangat. Selain itu mereka semakin mudah untuk mengingat arti dari kosa kata arab karna adanya media replica.

Sedangkan hasil dari observasi peneliti pada kelas experiment media gambar, bahwasanya mereka merasakan kesenangan sesaat ketika dihadirkan gambar dihadapan mereka. Yang lebih sering terlihat adalah kebosanan karna gambar ini mereka hanya bisa merasakan dari jarak yang jauh.

Hasil penelitian dari Pre Tes pembelajaran kosa kata yang dilaksanakn pada kelas exsperiment media replica adalah (57,69%) siswa memperoleh nilai istimewa, dan (30,76%) siswa memperoleh nilai baik sekali, dan (11,53%) siswa memperoleh nilai baik. Sedangkan pada kelas eksperiment media gambar, (50%) siswa memperoleh nilai istimewa, dan (46,15%) siswa memperoleh nilai baik sekali, dan (3,84%) siswa memperoleh nilai baik. dan hasil Post Tes pada kelas exsperiment media gambar adalah (57,69%) siswa memperoleh nilai istimewa, dan (38,46%) siswa memperoleh nilai baik sekali, dan (3,84%) siswa memperoleh nilai baik. sedangkan pada kelas eksperimen media replica (84,61%) siswa memperoleh nilai istimewa, dan (11,53%) siswa memperoleh nilai baik sekali, dan (3,84%) siswa memperoleh nilai baik. Kesimpulan dari hal tersebut bahwa penggunaan media replica pada pengajaran kosa kata adalah Lebih Efektif di banding media gambar. Hal tersebut dikuatkan dengan hasil T yang menunjukkan taraf signifikansi 3,36.

ABSTRACT

This thesis aims to compare with replica media and picture media in vocabulary learning. The study was conducted primary school Ummu Aiman Lawang is where vocabulary leraned from class two in that junior school. the purpose of learning this Arabic language is student could able to apply Arabic in daily life completed with 4 other abilities (listening, reading, speaking and writing) in a simple pattern based on the age level and amount of vocabularies. However, there is a problem in learning Arabic for students because of the minimum medium usage. The purpose of this research is, knowing the comparation between two media (the replica and picture) in learning the vocabularies.

Used this kind of research is quantitative research that involves the work of students in vocabulary learning by using the replica media, drawing using the class 2 and class control-class experiments. Sample of this research is the entire 2nd grade students junior school in the 2009-2010 year in junior school of Lawang, which numbered 62 students. while the research design was quasi- experimental studies (Quasi experiments) is to test the success of writing using these media by using T-Test to determine the effectiveness of this medium. The method of collecting data in this study using interviews, tests, and observations

The results of this research are: the Pre test of learning vocabulary in the classroom control was (50%) students get excellent value, (46,15%) students get well done value , and (3,84%) of students get good. While in class experiments (57,69%) students excellent value, (30,76%) students get well done value, and (11,53%) of students get good value. and post test results on the control class (57,69%) students get excellent value, (38,46%) students get well done value, and (3,84%) of students get good. whereas the experimental class was (84,61%) of students get excellent value, and (11,53%) students get well done value, and (3,84%) of students get good. The conclusion from this that the use of media replica drawings on effective from the use picture media in vocabulary learning, are strengthened by results showing T significance level of 3,36

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis
Keywords: استخدام; وسيلة النماذج المجسمة; ووسيلة الصور; Perbandingan; media replica; gambar; Pengajaran kosa kata; Different between replica; picture media; Vocabulary Learning
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:09
Last Modified: 08 Apr 2017 05:09
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item View Item