استخدام بطاقة العمل في تدريس مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية لايف فارنجين كاليمنتان الجنوبية

Wahyudi, Nurdian (2010) استخدام بطاقة العمل في تدريس مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية لايف فارنجين كاليمنتان الجنوبية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08720032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Membaca adalah jendela bagi manusia untuk melihat masa lalu dan menatap masa depan, pemikiran, kebudayaan dan peradaban. Tapi dalam kenyata’annya bahwa siswa sekolah MTsN Layap Paringin ada beberapa permasalahan sehingga tidak mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Permasalahan tersebut yaitu: metode pembelajaran Bahasa Arab tidak bervariasi, guru hanya menggunakan metode qawa’id dan tarjamah dan metode membaca. Hal ini tidak mendorong siswa untuk belajar Bahasa Arab lebih baik. Berdasarkan latar belakang di atas permasalahan pada penelitian ini adalah: tidak adanya media pembelajaran sehingga menurunkan motivasi siswa terhadap membaca. Hipotesa penelitian ini adalah penggunaan Kartu Kerja dalam pembelajaran membaca menjadi efektif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan Kartu Kerja dalam pengajaran keterampilan membaca. Adapun desian penelitian ini eksperimen, dimana peneliti menggunakan Pre-Test dan Post-Test terhadap dua grup (Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol). Populasi adalah para siswa di MTsN Layap Paringin Kalimantan Selatan, dan sampel penelitian para siswa di kelas VII E.

Temuan dari experimen adalah: (1) kemampuan membaca pada siswa yang tidak menggunakan Kartu Kerja adalah cukup, mencapai nilai rata-rata 66,67, (2) kemampuan membaca pada siswa yang menggunakan Kartu Kerja adalah baik, yaitu mencapai rata-rata 79, dan (3) tingkat efektifitas penggunaan Kartu Kerja dalam kemampuan membaca adalah mencapai nilai t-hitung (3,59) yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada tingkat 0,05 (2,05) dan pada tingkat 0,01 (2,76). Hal ini menunjukkan bahwa pengunaan Kartu Kerja dalam pengajaran keterampilan membaca adalah efektif.

ABSTRACT

Reading is a window for humankind to view the past and see the future based on cultural thought and civilization. In fact, students of MTsN Layap Paringin has many problems in attaining the learning objectives. Some factors which affect more problems include: the methods of learning Arabic language are not various, teacher only uses Grammar, Translation, and Reading Method. In this case, it can not make students improved in learning Arabic language. Based on the statement of problem on this research, there is no use of learning media that makes students have low motivation in reading. The hypothesis of this research is the use of Task card in reading skill is effective.

This research aims to know the level of effectively at the use of Task card in teaching reading skill. The design of this research uses experimental method, where the researcher uses pre-test and post-test on both groups (experiment and control group). From the total of population, the research has taken the seven year students of E (VII E).

The findings of this research include: (1) the students achievement reading without using Task Card is sufficient, at the average of 66,67, (2) the students achievement is reading by using Task Card is good, at the average of 79, and (3) the level of effectively at the use of Task Card in reading skill reaches the average of t-test (3,59) greater than t-table at level 0,05 (2,05) and at level 0,01 (2,76). In indicates that the use of Task Card in teaching reading skill is effective.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Kamel Abdullah, Mohammed and Hasan, Nur
Keywords: بطاقة العمل; مهارة القراءة; Kartu Kerja; Keterampilan Membaca; Task Card; Reading Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:10
Last Modified: 08 Apr 2017 05:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6222

Actions (login required)

View Item View Item