تطوير تعلم اللغة العربية باستخدام ألعاب "بورصة الأرقام" المحسوبة وأثره في ترقية استيعاب طلبة الجامعة لتركيب العدد والمعدود: بالتطبيق على جامعة مولانا مالك إبراهم الإسلامية الحكومية بمالانج جاوا الشرقية إندونيسيا

Wijayanti, Nur (2010) تطوير تعلم اللغة العربية باستخدام ألعاب "بورصة الأرقام" المحسوبة وأثره في ترقية استيعاب طلبة الجامعة لتركيب العدد والمعدود: بالتطبيق على جامعة مولانا مالك إبراهم الإسلامية الحكومية بمالانج جاوا الشرقية إندونيسيا. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08720030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (33MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Observasi yang dilakukan oleh peneliti di Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menyatakan bahwa salah satu problem yang dihadapi oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kesulitan dalam memahami kaidah ‘adad ma’dud. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan dosen dalam mengajarkan materi kaidah bahasa arab khususnya kaidah ‘adad ma’dud kurang bervariasi dan kurang menarik sehingga menyebabkan kebosanan pada mahasiswa. Oleh sebab itulah peneliti mengajukan tesis dengan judul Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan game “Burshoh Al-Arqam ” dan pengaruhnya terhadap pemahaman mahasiswa pada materi ‘adad ma’dud (Penerapan di Program Khusus Pengembangan Bahasa arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pertama, “Bagaimana proses pembuatan game “Burshoh al-Arqam” ?, kedua, Bagaimana pengaruh penggunaan game “Burshoh al-Arqam” terhadap pemahaman mahasiswa pada materi kaidah ‘adad ma’dud.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembuatan game Burshoh Al-Arqam dan mengetahui pengaruh game tersebut terhadap pemahaman mahasiswa pada materi‘adad ma’dud.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan populasi mahasiswa PKPBA kelas E- dan E- tahun akademik dengan ketentuan bahwa kelas E- adalah kelompok eksperimen sedangkan E- adalah kelompok konvensional. Adapun instrumen penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama, Angket Validasi yang diberikan kepada para ahli yang meliputi ahli Media pembelajaran dan multimedia, ahli dalam bidang bahasa Arab, dan ahli bidang desain grafis, serta angket yang diberikan kepada mahasiswa, kedua, Tes yang meliputi pre-test dan post test yang terdiri dari soal dengan rincian soal berisi tentang penterjemahan symbol angka dengan bahasa arab, dan soal berisi tentang penterjemahan ‘adad ma’dud.

Dan hasil penetian ini adalah pertama, bahwa pembuatan game “Burshoh Al-Arqam” dilakukan dalam tahap yaitu tahap pengumpulan data awal (pencarian masalah), tahap analisis kebutuhan, tahap pengembangan program, tahap pendesainan program dan tahap validasi program – experiment – revisi program. Kedua, Penggunaan game Burshoh Al-Arqam memiliki pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa dan peningkatan hasil prestasi

belajar mahasiswa. Nilai rata-rata motivasi mahasiswa adalah ,angka tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa tertarik dengan game Burshoh Al-Arqam dan motivasi belajar mereka meningkat. Dan dengan menggunakan program SPSS nampak perbandingan nilai rata-rata antara kelompok konvensional dan kelompok eksperimen adalah sebesar B dan B. Dan dengan mengetahui bahwa nilai t-hitung adalah dan t-tabel sebesar , , maka dapat diambil kesimpulan bahwa game Burshoh al-arqam telah meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa.

ABSTRACT

An interesting Arabic Language learning is very important for the Intensive Program for Arabic Language Learning (PKPBA) of The State Islamic University Maulana Malik Ibrahim of Malang. The various ability of students especially the students who have never studied Arabic Language before has became the main cause for Intensive Program for Arabic Language Learning (PKPBA) to introduce the Arabic Language grammatical structure especially in the principle structure of ‘adad and ‘ma’dud by using the good and interesting learning method. From the observation done by the researcher, the problem found among students is the difficulty in understanding the principle structure of ‘adad and ‘ma’dud. It is because the method used by the lecturer in teaching it is uninteresting and boring. It makes the students’ learning motivation low and also implicates the low students’ achievement in this material. Because of this background, the researcher tries to find the interesting learning model and than discuss it in the thesis entitled The Development of Arabic Language Learning By Using The “Burshoh Al-Arqam” Game and Its Influence to The Students of University Understanding In The Material ‘Adad Ma’dud.

This research purposed to know the way of “Burshoh Al-Arqam” Game and to know its influence to the students understanding. This research is developmental research with the population students of E- and E- class Intensive Program for Arabic Language Learning (PKPBA) for The Academis Year. And the instruments used in this research are questionnaire and test.

The results of this research are first, there are five steps in designing “Burshoh Al-Arqam” Game, they are the step of collecting the early data (problem searching), the step of program developing, the step of program designing, and the step of program validity – experiment – program revision. Second, the using of “Burshoh Al-Arqam” Game has some influences in the improvement of students’ motivation and also students’ achievement in learning. The grade of students’ motivation rate is, this grade shows that students are interested in “Burshoh Al-Arqam” Game and their motivation has increased. And by using SPSS program, it shows the rate grade comparison between the conventional group and experimental group is B and B. And by knowing that t-count score is and t-table is it is clearly known that “Burshoh Al-Arqam” Game has increased the students’ motivation and achievement in study.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis
Keywords: ألعاب المحسوبة; تركيب العدد والمعدود; Game; Kaidah ‘adad ma’dud; Game; The Principle Structure of Adad Ma’dud
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:10
Last Modified: 08 Apr 2017 05:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6221

Actions (login required)

View Item View Item