تطوير مادة تعليمية في ضوء المنهج على مستوى الواحدة التعليمية وأثره في تحصيل الطلبة في تعليم مهارة الكلام: بالتطبيق على مدرسة الأنوارى المتوسطة الإسلامية بيما نوسا تنغارى الغربية

Laila, Nur (2010) تطوير مادة تعليمية في ضوء المنهج على مستوى الواحدة التعليمية وأثره في تحصيل الطلبة في تعليم مهارة الكلام: بالتطبيق على مدرسة الأنوارى المتوسطة الإسلامية بيما نوسا تنغارى الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08720029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Buku panduan yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah Al Anwary adalah buku pembelajaran bahasa arab kurikulum 1994, sebagian dari isi buku ini adalah tidak sesuai dengan kurikulum KTSP 2008,dan buku tersebut lebih mengutamakan pada kemahiran membaca serta sedikit sekali memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengasah kemampuan mereka dalam berbicara Bahasa Arab.

Kurikulum KTSP membuka peluang yang besar kepada madrasah dan guru untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan keadaan disekolah, murid dan lingkungan sekitar.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimanakah bentuk pengembangan materi untuk kemahiran kalam yang berbasis KTSP?
2. Bagaimanakah cara menyajikan materi ajar yang dikembangkan dalam proses belajar mengajar?
3. Apakah penggunaan materi ajar yang dikembangkan berpengaruh dalam meningkatkan kemahiran berbicara siswa MTs Al Anwary Bima NTB?

Berangkat dari masalah tersebut di atas, penulis mencoba untuk mendesain materi ajar untuk kemahiran berbicara bahasa arab, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian dan pengembangan (R n D). Setelah materi tersebut didesain penulis membawanya ke pakar pengajaran bahasa Arab untuk meminta saran dan masukannya terhadap materi tersebut, Kemudian penulis memperbaikinya dan memberikannya kepada guru mata pelajaran Bahasa Arab untuk dinilai dan dipraktekkan di lapangan untuk mengetahui nilai keefektifannya.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa madrasah tsanawiyah Al Anwary Mpuri Bima NTB yang berjumlah 116 dan sebagai sampelnya peneliti mengambil seluruh siswa kelas II yang berjumlah 40 orang, dari jumlah tersebut peneliti membaginya secara acak menjadi dua kelompok yaitu kelompok control 20 orang dan kelompok penelitian 20 orang, penelitian ini dilaksanakan didalam jam pelajaran. Adapun cara pengupulan data yang dipergunakan adalah melalui observasi, wawancara, angket dan evaluasi / tes.

Dari hasil penelitian, Penulis mendapatkan data bahwa penerapan materi ajar yang disusun berdasarkan KTSP 2008 dapat meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab siswa madrasah tsanawiyah Al Anwary Bima Nusa Tenggara Barat dengan nilai 34,314 setelah dikonsultasikan dengan nilai table pada skala 1 % 2,752 dan 5 % 2,042.

ABSTRACT

The guiding book of arabic teaching which is used in madrasah tsanawiyah Al Anwary is based on 1994 curiculume, part of this book is not agree with 2008 curiculume. This book gives more priority to increase arabic reading skill and not to increase the arabic students speaking skill.

Actually, new curriculum named by school based curriculum gives school wide opportunity to develop curriculum and design instructional material appropriate with characteristics of lical, school and student. The problem statements of this research are :
1. How is to design instructional material for Arabic speaking skill which KTSP perspective?.
2. How to provide the material that have developed in teaching and learning process?
3. Is designed material effectif to improve student skill in Arabic speaking skill?

From those statement, the researcher tries to design a study subject matter to develop arabic speaking skill. The researcher used cuantitative and developing (RnD) research method. After designing the study subject matter, the researcher consulted it to whom was expert in arabic teaching and asked the suggestion. Then, the researcher gave that study subject matter to arabic teacher in order to be valued and practiced in class to know how effective is that study subject matter during teaching and learning process.

The population for this research were all student of madrasah tsanawiyah al anwary mpuri bima ntb, which number are 116 student. The reseacher took 40 as a sampl from second degree. The researcher divided those number rundomly into two group; 2o students as a control group and others as a research group. The researcher collected the data using observation, interview, quisioner and evaluation or test.

The result of the research is that the application of study subject matter arranged based on 2008 curiculume can increase the arabic speaking skill of madrasah tsanawiyah al anwary students with value is 34,314 after conculted with table value on scale 1 % 2,752 and 5 % 2,042.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Torkis
Keywords: تطوير; مادة تعليمية; مهارة الكلام; منهج على مستوى الواحدة التعليمية; Pengembangan; Materi Ajar; KTSP; Kemahiran Berbicara Bahasa Arab; Developing; S subject matter; KTSP; speaking arabic skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:10
Last Modified: 08 Apr 2017 05:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6220

Actions (login required)

View Item View Item