تصميم وسيلة تعليم اللغة العربية باستخدام برنامج ماكروميديا فلاش بروفشنال وفاعليتها في ترقية رغبة الطلابة: بحث تطويري في مدرسة نور العلوم الثنوية الإسلامية بمالابج

Diny Hidayatullah, Achmad (2010) تصميم وسيلة تعليم اللغة العربية باستخدام برنامج ماكروميديا فلاش بروفشنال وفاعليتها في ترقية رغبة الطلابة: بحث تطويري في مدرسة نور العلوم الثنوية الإسلامية بمالابج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08720025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Pada kenyataannya, motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab di MA Nurul Ulum Malang belum terwujud secara signifikan. Ada kecenderungan bahwa antusiasme dan keinginan mereka untuk belajar bahasa Arab belum pada keadaan yang sesuai harapan. Oleh karena itu, peneliti mencari cara untuk mengajarkan bahasa Arab dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8 dan efektivitas untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain program berbasis komputer untuk meningkatkan motivasi mereka dalam belajar bahasa Arab. Diharapkan dari penelitian ini akan terwujud peningkat an kesungguhan dan perasaan senang siswa dalam proses belajar bahasa Arab, sehingga meningkatkan kemahiran bahasa yang mereka miliki.

Penelitian ini adalah untuk mendesain program pembelajaran bahasa Arab berbasis komputer dan kemudian dieksperimenkan di MA Nurul ulum Malang dan dan validasi dari ahli. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan cara membuat desain media dan cara pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan Macromedia Flash Professional 8. (2) mendiskripsikan karakteristik media pembelajaran bahasa Arab ini untuk meningkatkan motivasi siswa. (3) mendiskripsikan tingkat keberhasilan motivasi siswa di MA Nurul Ulum Malang menggunakan media pembelajaran bahasa Arab ini.

Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Riset and Development). Validasi dari ahli media meliputi dua pakar pengajaran bahasa Arab dan dua ahli multimedia. Penelitian lapangan menggunakan 26 siswa, yang terdiri dari 11 siswa dan 15 siswi. Instrumen penelitian ini adlah angket, observasi, wawancara, dan eksperimen. Analisis data menggunakan metode analisis kuantitatif, analisis isi kualitatif, dan analisis kuantitatif statistik.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Desain media pembelajaran bahasa Arab menggunakan Macromedia Flash Professional 8 melalui empat tahap, yaitu tahap desain, persiapan, menulis rancangan program, tahap pelaksanaan, tahap percobaan

dan pengembangan. Dan desain media ini terdiri dari beberapa slide, yaitu layar utama, layar daftar isi, layar petunjuk penggunaan, layar tentang materi pelajaran, dan layar tentang biografi peneliti dan kerabat kerja dan ucapan terima kasih dan penghargaan serta daftar pustaka, dan layar penutup. (2) Analisa dalam penelitian ini menggunakan rentang skor sangat baik sekali sampai gagal, validasi dari pakar pengajaran bahasa Arab menunjukkan hasil 89,5% yang berarti baik sekali, dan dari ahli multimedia menunjukkan tingkatan hasil 89,2% yang berarti baik sekali. (3) Keberhasilan pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan program ini memiliki pengaruh yang sangat kuat dan signifikan dalam meningkatkan motivasi siswa dengan hasil: 92,2% yaitu baik sekali.

Program ini adalah sarana belajar yang sangat bagus dan menarik serta sesuai dengan tujuan dan kurikulum sekolah, sehingga membantu siswa belajar lebih baik daripada metode biasanya. Selain siswa bisa belajar sendiri (Self Learning) dan mengakibatkan siswa lebih giat dalam belajar, karena mereka senang menggunakan media ini. Hal ini berarti media ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa siswa, karena ada beberapa tes dan latihan yang bervariasi, dan jika siswa yang mau berlatih secara terus-menerus Insya Allah, dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam kemahiran bahasa. Media ini memiliki beberapa kelebihan yaitu sangat menarik karena ada berbagai gambar, suara dan bentuk yang menarik; siswa dapat berinteraksi dengan media ini; dan secara umum bisa meningkatkan dalam keterampilan berbahasa siswa. Adapun kekurangannya adalah siswa yang tidak terbiasa menggunakan komputer terdapat kesulitan ketika menggunakan media ini; dan program ini membutuhkan komputer yang bagus dan canggih.

ABSTRACT

In fact, the motivation of students to study Arabic at the MA Nurul Ulum not materialize significantly. There is a tendency that the enthusiasm and their desire to learn Arabic in a state that has not been according to expectations. Therefore, the researcher looks for a way to teach the Arabic language using Macromedia Flash Professional 8 and effectiveness to increase student motivation. This research aimed to design a computer-based programs to enhance their motivation for learning Arabic. Expected from this research will be visible increase in seriousness and happiness students in the process of learning the Arabic language, thus improving their language skills.

This research is to design the Arabic language learning program based on computer and then conducted research at MA Nurul Ulum Malang and validation from the experts. The objectives of this research are: (1) to describe how to make the design and means of teaching Arabic using Macromedia Flash Professional 8. (2) to describe the specification of learning the Arabic language by this media to enhance student motivation. (3) to describe about the success rate of student motivation in MA Nurul Ulum Malang use this medium of learning Arabic.

This research method uses the design of research and development. Validation of media experts including two Arabic language teaching experts and two multimedia experts. Field research using the 26 students, consisting of 11 students and 15 female students. The instruments of this study are questionnaire, observation, interviews, and experimentation. The analysis of data using quantitative methods, qualitative content analysis, quantitative analysis and statistics.

The results of this research are: (1) Design learning Arabic media using Macromedia Flash Professional 8 through four stages of design, preparation, writing program design, implementation phase, trial and development stage. It consists of several slides, which is the main screen, the screen contents, the display instructions for use, the screen about the subject matter, and the screen of biography of the researcher and colleague, and the expression of thanks and appreciation, and the bibliography, and a screen cover. (2) The analysis in this research using a range of excellent score at all until failure, the validat ion of the Arabic language teaching experts showed 89,5% which means excellent, and mult imedia experts showed levels of 89,2% which means excellent. (3) The success of Arabic language teaching by using this program has a very strong influence and significant increase in student motivat ion with the results: 92.2%, in the estimate is excellent.

This program is a learning tool which is very good and interesting and appropriate to the objectives and the school curriculum, and help the students more than the regular method. In addit ion students can study independently (Self-Learning) and resulted in students more actively in learning, because they enjoy using this medium, This means that this media can enhance students' language abilities, because there are some tests and exercises are varied, and if students want to practice constantly Insya Allah, may improve their ability in language proficiency. This media has several advantages such very interesting because there are many interesting images, sounds and forms; students can interact with this media; and in general can improve the students' language skills. The drawbacks are students who are not accustomed to using computers there are difficulties when using this medium, and the program requires a good computer.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Asrori, Imam and Shaikhoun Mohamed Sulaiman, Mohamed
Keywords: تطوير; وسيلة تعليم اللغة العربية باستخدام برنامج ماكروميديا فلاش بروفشنال; ترقية رغبة الطلابة; Pengembangan, Media Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Program Macromedia Flash Proffesional; Meningkatkan Motivasi Siswa; development; Learning Arabic Media with Macromedia Flash Professional 8; to Increase Students Motivation
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:11
Last Modified: 08 Apr 2017 05:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6215

Actions (login required)

View Item View Item