Khausul Amal, Muhammad (2010) تطوير مادة تعليم اللغة العربية المبنية على منهج مستوى الواحدة الدراسية: بالتطبيق على مدرسة نهضة العلماء البدر المتوسطة بجوراه سوقالوجي كاليوينيغ جمبير. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
3 08720024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Bahasa akan langgeng jika pengguna bahasa, tidak hanya berbicara melainkan juga menulis. Sehingga kemahiran menulis merupakan kemahiran penting untuk mencapai kemahiran-kemahiran bahasa lainnya. Oleh karena itu, sebagai guru bahasa sebaiknya peduli tentang keterampilan ini, akan tetapi pada kenyataannya banyak guru yang tidak mengetahui pentingnya alat bantu mengajar berupa media pembelajaran dalam proses belajar mengajar (KBM). Beberapa diantaranya menggunakan desain media yang kurang relevan dengan kondisi para siswa dan esensi materi ajar. Sementara beberapa dari mereka belum bahkan tidak percaya kegunaan dan relevansinya. Dengan demikian masalah yang coba dimunculkan dalam penelitian ini adalah kurangnya sarana (media) yang baik dan menarik yang digunakan oleh guru bahasa Arab sehingga siswa merasa bosan dan jemu dalam belajar bahasa Arab. Dan Pengembangan Materi Ajara adalah salah satu solusi alternatif yang dianggap sebagai media pengajaran baru dalam pembelajaran bahasa Arab yang dapat mendorong siswa untuk belajar lebih intensif.
Hipotesa penelitian ini adalah, kemampuan siswa dalam kemahiran menulis meningkat setelah materi ajar dikembangkan, dan penggunaan Pengembangan Materi Ajar sebagai media pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran menulis di MTs Nahdlatul Ulama Albadar di Curah Sukoloji Kaliwining Rambipuji Jember.
Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap dua kelompok (Eksperimen dan Kontrol). Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas satu, dan Sampel yang diambil dalam penelitian ini ialah 22 siswa yang terdiri atas 5 siswa dan 17 siswi. Dan hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan menulis siswa pada kelompok eksperimen sangat baik, dengan hasil rata-rata 88,78 dan (2) kemampuan menyimak siswa pada kelompok kontrol cukup, dengan hasil rata-rata adalah 69,55, (3) menambah minat siswa didalam belajar maharah kitabah setelah menggunakan materi ajar bahasa arab yang dikembangkan yang mengacu kepada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan (4) tingkat efektifitas penerapan pengembangan materi ajar dalam pengajaran bahasa Arab untuk keterampilan menulis adalah mencapai nilai t-hitung (9,41) yang lebih besar daripada nilai t- tabel pada tingkat 0,05 (2,08) dan pada tingkat 0,01 (2,83). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan materi ajar dalam pengajaran bahasa Arab yang dikembangkan untuk keterampilan menulis adalah efektif
ABSTRACT
The language will be lasting if the user of language, not only speak but also write. So that writing proficiency is an important skill to achieve these skills other languages. Therefore, as a language teacher should care about these skills, but in fact there are many teachers who do not know the importance of teaching aids such as instructional media in teaching and learning (KBM). Some of them use the media designs that are less relevant to the condition of students and the essence of teaching materials. While some of them have not even believe in the usefulness and relevance. Thus the problem of trying to be raised in this research is the lack of the means (media) a good and interesting that is used by Arabic language teachers so that students feel bored and weary in learning Arabic. Materials Development and Ajara is one alternative solution which is considered as a new teaching media in teaching Arabic language to encourage students to learn more intensively.
This research hypothesis is that students' skills in writing proficiency increased after teaching materials developed, and the use of Instructional Materials Development as learning the Arabic language media to improve writing skills in MTs NU Albadar in Curah Sukoloji Kaliwining Rambipuji Jember.
This research uses experimental procedure in which the researchers designed the Pre-Test and Post-Test of the two groups (Experimental and Control). The population of this research is first-class students, and samples were taken in this research is 22 students consisting of five students and 17 female students.
And the results of this study are: (1) the ability of the students who write very well, with the average results of 88.78 and (2) students' listening ability in the control group enough, with the average yield was 69.55 and ( 3) the level of the effective application of teaching materials development in teaching Arabic language for writing skills is to achieve a t-calculated value (9.41) is greater than t-table value at 0.05 (2.08) and at 0.01 level (2.83). This shows that the implementation of the development of teaching materials in Arabic language instruction for writing skills are effective.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lubis, Torkis | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | تطوير مادة تعليم اللغة العربية; مهارة الكتابة; Pengembangan Materi Ajar; Kemahiran Menulis; Instructional Materials Developing; Writing Proficiency | ||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2017 12:11 | ||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 09:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6214 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |