Heru Setiadi, Agung (2010) استخدام عرض واقعي في تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة الاستماع: بحث تجريبي في مدرسة هداية المبتدئين الثنوية الإسلامية تاسيك مادو مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08720019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mempelajari suatu bahasa apapun dimulai dengan pengajaran menyimak, kemudian berbicara, membaca dan menulis. Sehingga kemahiran menyimak merupakan kemahiran penting untuk mencapai kemahiran-kemahiran bahasa lainnya. Oleh karena itu, sebagai guru bahasa sebaiknya peduli tentang keterampilan ini, akan tetapi pada kenyataannya banyak guru yang tidak mengetahui pentingnya alat bantu mengajar berupa media pembelajaran dalam proses belajar mengajar (KBM). Beberapa diantaranya menggunakan desain media yang kurang relevan dengan kondisi para siswa dan esensi materi ajar. Sementara beberapa dari mereka belum bahkan tidak percaya kegunaan dan relevansinya. Dengan demikian masalah yang coba dimunculkan dalam penelitian ini adalah kurangnya sarana (media) yang baik dan menarik yang digunakan oleh guru bahasa Arab sehingga siswa merasa bosan dan jemu dalam belajar bahasa Arab. Dan Reality Show adalah salah satu solusi alternatif yang dianggap sebagai media pengajaran baru dalam pembelajaran bahasa Arab yang dapat mendorong siswa untuk belajar serta mengusir bosan dan jemu ketika belajar bahasa Arab.
Hipotesa penelitian ini adalah, kemampuan siswa dalam kemahiran menyimak meningkat setelah menggunakan media pembelajaran yang berbasis Reality Show, dan penggunaan Reality Show sebagai media pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran menyimak di MA Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Malang efektif .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penggunaan Reality Show dan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaannya pada siswa dalam mengembangkan keterampilan menyimak di MA Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Malang. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap dua kelompok (Eksperimen dan Kontrol). Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas dua, dan Sampel yang diambil dalam penelitian ini ialah 26 siswa yang terdiri atas 8 siswa dan 18 siswi.
Dan hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan menyimak siswa pada kelompok eksperimen sangat baik, dengan hasil rata-rata 87, dan (2) kemampuan menyimak siswa pada kelompok kontrol cukup, dengan hasil rata- rata adalah 67, dan (3) tingkat efektifitas penggunaan Reality Show dalam pengajaran bahasa Arab untuk mengembangkan keterampilan menyimak adalah mencapai nilai t-hitung (3,54) yang lebih besar daripada nilai t-tabel pada tingkat 0,05 (2,06) dan pada tingkat 0,01 (2,80). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Reality Show dalam pengajaran bahasa Arab untuk mengembangkan keterampilan menyimak adalah efektif.
ABSTRACT
Learning any language started with instruction of listening, and then speaking, reading and writing, so that listening is an essential skill to achieve the other language skills. The language teacher should concern about this skill, but many teachers don’t know the importance of teaching aids in the form of teaching media in the process of teaching and learning. Some of them use irrelevant media with the condition of students and appropriate material, and even more of them are doubtful with the advantage and relevance. The research problem is the lack of good and attractive media and facility used by the Arabic language teacher so that students feel bored in learning the Arabic language. a Reality Show is one of the ways which plays an important role as the means of modern teaching that can encourage students to learn and eliminate denomination when learning.
The hypothesis of this research is the use of Reality Show based teaching media can improve students’ achievement in listening skill. And the improvement of students’ achievement in listening skill at Islamic Senior High School Tasikmadu Malang by using Reality Show is effective.
This research aims to know the results of the use of a Reality Show and to find out how effective the use of a Reality Show is in improving students’ listening skill at Islamic Senior High School Tasikmadu Malang. This research uses the experimental method where the researcher design pre-test and post-test for both groups (Experiment and Control group). From the total of population in the second year students the researcher has taken 26 students consisting of 8 males and 18 females.
The results of the research is obtained as follow : (1) the students’ listening achievement in the experimental group is very good, the average result is 87, and (2) the students’ listening achievement in the control group is sufficient, the average result is 67, and (3) the effectively level of a Reality Show in teaching Arabic language for the improvement of listening skill reach the degree of t-test (3.54), this greater than t-table at the level of 0.05 (2.06) and at the level 0.01 (2.80). This indicates that the use of a Reality Show in teaching Arabic language for the improvement of listening skill is effective.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al-Kamil, Mohammed Ali and Hasan, Nur | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | عرض واقعي; مهارة الاستماع; Reality Show; Kemahiran Menyimak; Reality Show; Listening Skill | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2017 12:11 | |||||||||
Last Modified: | 22 Dec 2017 15:46 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6213 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |