Ani, Umi (2002) Pengaruh prestasi belajar pendidikan agama islam terhadap perilaku keagamaan siswa di SLTP Negeri 1 Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110283.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah suatu proses dimana suatu bangsa dan negara membina dan mengembangkan kesadaran diri diantara individu-individu. Dengan kesadaran tersebut, suatu bangsa atau negara dapat mewariskan kekayaan budaya atau pemikiran kepada generasi berikutnya, sehingga menjadi inspirasi bagi mereka dalam setiap aspek kehidupannya.
Oleh karena, pendidikan benar-benar merupakan latihan fisik, mental dan moral bagi individu-individu supaya mereka menjadi manusia yang berbudaya sehingga mampu memenuhi tugasnya sebagai manusia dan menjadi warga negara yang berguna.
Pada dasarnya pendidikan agama Islam merupakan bagian dari Tujuan Pendidikan Nasional, dimana tujuan utamanya adalah membina dan mendasari kehidupan anak didik dengan nilai-nilai agama dan sekaligus mengajarkan ilmu agama Islam, sehingga ia mampu mengamalkan syariat Islam secara benar sesuai dengan ajaran agama.
Dan untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka anak didik di harapkan mempunyai prestasi belajar yang baik setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar. Prestasi belajar siswa di sekolah dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal). Faktor dari dalam yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor jasmani dan psikologis. Sedangkan faktor dari luar yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor keluarga, sekolah dan masyarakat.
Di dalam skripsi ini akan mengkaji masalah tentang pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa di SLTP Negeri I Gondanglegi Malang. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan adalah sebagai berikut:
1. Belum diketahui sejauh mana tigkat prestasi pendidikan agama Islam di SLTP Negeri 1 Gondanglegi Malang.
2. Bagaimana perilaku keagamaan siswa SLTP Negeri 1 Gondanglegi Malang.
3. Adakah pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa di SLTP Negeri 1 Gondangelagi.
Sedangkan tujuan penelitia ini adalah untuk mengetahui
1. Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SLTP Negeri Gondanglegi Malang
2. perilaku kegamaan siswa dengan berdasarkan hasil belajar pendidikan agama Islam di SLTP Negeri 1 Gondanglegi Malang.
3. Pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagmaan siswa di SLTP Negeri 1 Gondanglegi Malang.
Untuk mencapai tujuan yang di maksud, maka penulis menggunakan metode deduktif dan induktif. Sedangkan sistem pengambilan sampel menggunakan random sampling. Dan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, interview dan dukumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisa dengan diskriptif kualitatif dan analisa kuantitatif dengan menggunkan rumus sebagai berikut: LProsentase yaitu:
p : 1~ X100%, untuk mengetahui tingkat prestasi belajar pendidikan agama Islam.
Chi Kuadrat yaitu .
x2 = E untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh prestasibelajar pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa.
Koefisien Kontigensi yaitu :
untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap perilaku keagamaan siswa.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang rendah antara prestasi belajar pendidikan agama islam terhadap perilaku keagamaan siswa di SLTP Negeri 1 Gondanglegi Malang. Hal ini terbukti dengan signifikannya jumlah Chi Kuadarat yaitu 10,’8 pada taraf kepercayaan 5 % ( 9,49) yang artinya hipotesa nihil di tolak (Ho) dan hipotesa kerja diterima (Ha).
Dan untuk meningkatkan prestasi belajar anak didik, maka guru diharapkan untuk memperhatikan faktor - faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Selain itu orang tua siswa harus menjalin kerjasama yang baik antar pihak sekolah dan siswa sendiri hendaknya lebih meningkatkan prestasi dan ketekunan dalam belajar baik di sekolah maupun di rumah, karena hal ini merupakan kunci untuk meraih prestasi atau kesuksesan dalam meraih cita - cita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djazuli, Djazuli |
Keywords: | Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam; Perilaku Kegaamaan |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rofi Albana |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 14:14 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 14:14 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62101 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |