Rohmad, Basuki (2001) Hubungan tingkat pendidikan orang tua terhadap pengalaman sholat bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Raden Patah Desa Kedung Banteng Kecamatan Sumbermanjing Wetan Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110234.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini terdiri empat bab yaitu : pendahuluan, tujuan taoritis dan hipotesis, laporan penelitian, kemudian kesimpulan dan saran-saran. Untuk menjaga keilmiahan skripsi ini, pada dasar bergerak sebagai berikut:
1. Merumuskan masalah
2. Melaporkan tujuan pembahasan
3. Mengajukan hipotesis
4. Menguji hipotesis
5. Memberikan kesimpulan
1. Merumuskan masalah
Mengingat masalah yang diteliti adalah masalah sholat bagi siswa MTs Raden Patah yang dihubungkan dengan tingkat pendidikan orang tua, maka penulis batasi masalahnya pada : a. Penguasaan ilmu sholat Masalah yang akan diteliti adalah hubungan antara tingkat pendidikan Ml dan MTs orang tua, Ml dan MA orang tua, dan MTs dan MA orang tua terhadap penguasaan ilmu sholat bagi siswa MTs Raden Patah Kedung Banteng Sumbermanjing Wetan Malang 2000/ 2001. b. Masalah yang akan diteliti adalah hubungan antara tingkat pendidikan MI dan MTs orang tua, MI dan MA orang tua, dan MTs dan MA orang tua terhadap pengalaman sholat lima waktu bagi siswa Raden Patah Desa Kedung Banteng Sumbermanjing Kabupaten Malang 2000/ 2001.
2. Memaparkan tujuan pembahasan
Dengan adanya perumusan masalah tersebut penulis ingin mengetahui, adakah kedua variabel itu memang ada hubungannya.
3. Mengajukan hipoptesis
Sebelum diketahui dengan jelas apakah ada hubungannya kedua variabel tersebut. Dalam hal ini penulis mengajukan hipotesis yang terdin dan hipotesis mayor dan hipotesis minor. Ini dari dua macam hipotesa tersebut menyatakan ada hubungan antara kedua variabel yang sudah dirumuskan dalam perumusan masalah.
4. Menguji hipotesis
Sebelum melangkah kepada pengujian hipotesisi, penulis mencari dalil-dalil, pendapat para ilmuan yang ada kaitannya dengan masalah yang akan diteliti. Baru setelah itu penulis mengadakan pengujian dengan analis statistik memakai rumus. Ternyata hasil dari hipotesa minor 1,2,4,5 dan 6, menyatakan hubungan antara kedua variabel. Sedangkan bunyi hipotesa 3, menyatakan tidak ada hubungan antara kedua variabel.
5. Memberikan kesimpulan
Sesudah diadakan pengujian hipotesis, maka secara singkat dapat disimpulkan sebagai berikut:
a. Antara pendidikan Ml dan MTs orang tua, MI dan MA orang tua, ada hubungannya dengan penguasaan ilmu sholat bagi siswa MTs Raden Patah kelas II dan III, 2000/ 2001.
b. Antara pendidikan MI dan MA orang tua, tidak ada hubungannya dengan penguasa ilmu sholat bagi siswa MTs Raden Patah kelas II dan III, 2000/ 2001.
c. Antara pendidikan Ml dan MTs orang tua, Mi dan MA orang tua, MTs dan Ma orang tua ada hubungannya dengan pengamalan sholat lima waktu bagi siswa MTs Raden Patah kelas II dan III, 2000/2001
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Rhoviq, Ch |
Keywords: | pendidikan orang tua; sholat |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 09:08 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 09:08 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62082 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |