Mufarikhah, Ana (2001) Usaha Guru dalam memotivasi belajar siswa di SLTP Negeri I Pujon Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
97110222.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi belajar merupakan salah satu unsur yang penting dan harus diperhatikan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Motivasi sebagai motor penggerak bagi siswa dalam mempelajari berbagai disiplin ilmu. Motivasi tersebut dapat muncul dari dalam diri siswa yang yang disebut dengan motivasi intrinsik dan dapat muncul dari luar diri siswa yang disebut motivasi ekstrinsik dengan adanya motivasi dalam diri siswa maki siswa akan lebih aktif dan semangat dalam belajar.
Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa, karena dengan adanya motivasi yang tumbuh dalam diri siswa tersebut maka keinginan siswa untuk belajar semakin kuat. Semakin tinggi motivasi yang ada dalam diri siswa semakin tinggi pula kemungkinan hasil belajar yang yang akan tercapai. Berpijak dari sini penulis terdorong untuk mengadakan penelitian lebih jauh tentang usaha guru dalm memotivasi belajar siswa di SLTP 01 Negeri Pujon Malang.
Berdasarkan latar belakang di atas maka permasalahan yang timbul adalah : Apa saja bentuk-bentuk usaha guru dalam memotivasi belajar siswa dan Bagaimana langkah-langkah guru dalam memotivasi belajar siswa
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah : mengetahui apa saja bentuk-bentuk usaha guru dalam memotivasi belajar siswa dan Ingin mengetahui bagaimana langkah-langkah guru dalam memotivasi belajar siswa
Untuk mewujudkan tujuan tersebut dalam pembahasan skripsi ini penulis menggunakan metode deduktif dan induktif, sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan beberapa metode yaitu dokumenter, interview, angket dan observasi. Adapun dalam menganalisis data yang bersifat kuantitatif menggunakan pendekatan statistik yang cara penyelesaiannya dengan menggunakan rumus.
Dari analisis dapat penulis simpulkan bahwa bentuk-bentuk usaha guru dalam memotivasi belajar siswa adalah memberikan tugas, memberikan ganjaran, mengadakan kompetisi, mengadakan ulangan, dan memberikan hukuman yang bersifat mendidik bagi siswa.
Sedangkan langkah-langkah guru dalam memotivasi belajar siswa adalah mengenali siswa memperbaiki hubungan dengan siswa, mengajar dengan jelas dan menarik serta memberikan bimbingan belajar. Dari langkah tersebut yang banyak dilaksanakan oleh guru adalah mengajar dengan jelas dan menarik serta memberikan bimbingan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Zuhairini, Zuhairini |
Keywords: | guru; motivasi belajar |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 10:50 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 10:50 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62080 |
Downloads
Downloads per month over past year

Actions (login required)
![]() |
View Item |