تطوير مواد تعليم اللغة العربية في ضوء المنهج على مستوى الواحدة التعليمية بالمدرسة الثنوية ٢ بونتيلناك

Yusuf Hidayat, Mohammad (2010) تطوير مواد تعليم اللغة العربية في ضوء المنهج على مستوى الواحدة التعليمية بالمدرسة الثنوية ٢ بونتيلناك. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08720012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penerapan KTSP mensyaratkan suatu proses pembelajaran yang dapat mendukung pengembangan kemampuan siswa, sehingga sistem yang kiranya paling sesuai adalah sistem pengembangan materi yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi mereka. Dengan demikian, proses belajar yang dilakukan harus dipandang sebagai kegiatan membangun makna/pengertian terhadap pengalaman dan informasi yang dilakukan oleh si pembelajar ( siswa ) bukan oleh si pengajar ( guru ).

Permasalahan yang hendak dijawab melalui penelitian ini adalah bagaimana pengembangan materi pembelajaran bahasa Arab berbasis KTSP di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak sehingga dapat diketahui efektifitas pengembangan bahan ajar yang dimaksud.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan ( R&D ) dan menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Penelitian ini disusun dengan melalui proses yang terdiri atas tahap-tahap : penentuan tema dasar materi pembelajaran, perancangan jenis kegiatan pembelajaran, pemilihan bahan pelajaran, penulisan materi dan pemberian ilustrasi dan uji coba pada subyek penelitian yaitu ahli bidang studi, guru dan siswa, revisi, uji lapangan serta revisi akhir.

Adapun populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Pontianak yang berjumlah 239 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Dari populasi ini kemudian dipilih 4 kelas secara acak , yaitu kelas A,C,D, dan E sebagai sampel penelitian dengan taraf kesalahan 5%. Untuk mengungkap data yang berhubungan dengan kemampuan penguasaan materi bahasa Arab digunakan teknik pengumpul data berupa tes. Untuk data efektifitas pengembangan materi ajar menggunakan teknik komunikasi tidak langsung berupa angket. Selanjutnya kedua kelompok data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis statistik dengan bantuan SPSS Versi 15.00 dan didiskriptifkan dalam bentuk persentase.

Menjelang akhir masa penelitian ini telah dapat dihasilkan sebuah materi ajar pembelajaran bahasa Arab berbasis KTSP Madrasah Tsanawiyah yang menjadi lampiran 2 dari laporan penelitian ini.

Hasil analisis menunjukkan bahwa materi ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini mendapat penilaian baik dan hal ini kiranya mengindikasikan bahwa materi ajar ini mendapat sambutan dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Berdasarkan kesimpulan ini disarankan agar penelitian pengembangan materi ajar ini dapat diikuti dengan penelitian serupa dengan rentang waktu penelitian yang sesuai dengan subyek penelitian yang lebih besar skala kuantitatif maupun kualitatif agar dapat dihasilkan materi ajar yang ideal dan dapat dinilai dengan lebih akurat.

ABSTRACT

Applying of KTSP requires a learning process supporting the expanding of students’ ability, so that the system which is presumably most appropriate is the system of expanding subject which is matching to the students’ requirement and condition. Therefore, learning process done must be seen as the activity to build meaning towards the experiences and information completed by the learner (students) instead of the instructor (teacher).

The problem going to be answered through this research is how the subject of Arabic learning based on KTSP in Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pontianak can be developed so that the expanding affectivity of teaching material intended can be known.

This research applies expansion research planning (R&D) and applies quantitative qualitative approach. This research compiled through the process consisting of phases: determining the basic theme of the learning subject, scheming type of the learning activity, selecting the lesson material, writing the subject, giving the illustration, and testing on research subject that is the expert of the study, teacher and student, revision, testing field, and final revision.

While the population from this research is the student of VIII class of MTsN 2 Pontianak which amounts to 239 students divided in seven classes. From this population, then it is selected 4 classes randomly, that is class A, C, D, and E as the sample research with the error level to 5 %. To expose the data relating to the ability of mastering Arabic is used data compiler technique in the form of test. For the data of expanding activity of the teaching subject applies indirect communication technique in the form of questionnaire. Then, both groups of the data are analyzed by applying the statistical analytical technique helped by SPSS Versi 15.00 and described in the form of percentage.

Nearly at the end of the research, it has been able to be resulted a lesson material of learning Arabic best on KTSP Madrasah Tsanawiyah becoming the enclosure 2 from this research report.

The result of analysis indicate that lesson material developed in this research gets a good assessment and this case presumably indicates that this lesson material obtains responses and fixes to the students’ requirement.

Based on this conclusion, it is suggested that the expanding of this lesson material can be followed by the same research having the span of time that fixes to the subject of the research which is larger than the previous. It is in either qualitative or quantitative scale in order to be resulted an ideal lesson material and able to be valued accurately

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Nasaruddin, Nasaruddin and Shaikhoun Mohamed Sulaiman, Mohamed
Keywords: تطوير; منهج على مستوى الواحدة التعليمية; Pengembangan; Materi Pembelajaran; KTSP; Development; learning subject
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:07
Last Modified: 08 Apr 2017 05:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6208

Actions (login required)

View Item View Item