Ariani, Arifah (2001) Studi tentang penerapan metode pengajaran pendidikan agama di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Kyai Haji Ahmad Thohir Pulungdowo Tumpang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110155.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini mengambil judul ،،Studi Tentang Penerapan Metode Pendidikan Agama di SLTP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Malang”. Secara esensial kehadiran Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mengelola dan mendidik siswa baik jasmani maupun rohani, dapat berkembang dan meningkat sesuai dengan perubahan dan perkembangan masyarakat, apalagi dilaksanakan dengan bertanggung jawab dan mempunyai karakteristik tersendiri.
Dari sini penulis mencoba menelaah tentang "Studi Tentang Penerapan Metode Pangajaran Pendidikan Agama Di SLTP KHA Thohir Pulungdowo Malang". Sesuai dengan judul dan latar belakang masalah diatas maka penulis merumuskan masalah-masalah sebagai berikut:
1. Metode apa saja yang diterapkan dalam pengajaran pendidikan Agama di SLTP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Malang ?
2. Media apa saja yang diterapkan dalam pengajaran Pendidikan Agama di SLTP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Malang ?
3. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi di dalam pengajaran pendidikan agama di SLTP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Malang ? dan upaya pemecahannya ?
Berangkat dari rumusan masalah sebagaimana tersebut diatas, maka penelitian mi bertujuan :
1. Untuk mengetahui sampai sejauh mana metode pengajaran pendidikan agama yang telah diterapkan di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Malang.
2. Untuk mengetahui materi apa saja yang diterapkan pengajaran pendidikan agama di SLTP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Malang.
3. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi di dalam penerapan pengajaran pendidikan agama di SLTP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Malang.
Dengan selesainya penelitian ini, hasilnya diharapkan akan berguna :
1. Sebagai sumbangan pikiran dalam pembaharuan pelaksanaan penerapan metode pengajaran pendidikan agama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Untuk memberikan sumbangan pikiran dalam memperbaiki kekurangan- kekurangan dalam penerapan metode pengajaran pendidikan agama, demi keberhasilan tujuan yang telah ditetapkan.
3. Untuk memberikan masukan dan informasi dalam usaha penerapan metode pengajaran pendidikan agama, agar dapat mengajar dan mendidik sesuai dengan profesinya serta dengan penuh tanggung jawab dan juga di dalam penerapannya lebih tepat dan lebih profesional.
Dalam pembahasan skripsi ini, peneliti menggunakan beberapa metode sebagai berikut:
1. Interview (wawancara)
2. Observasi
3. Dokumentasi
Setelah data yang dibutuhkan terkumpul, dilanjutkan dengan penyajian data, ini dimaksudkan untuk menginterprestasikan data dari hasil penelitian. Data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan perhitungan prosentase dengan menggunakan rumus. Dalam pembahasan ini berisi tentang bermacam-macam metode pengajaran pendidikan agama, yaitu :
1. Metode ceramah
2. Metode tanya jawab
3. Metode diskusi
4. Metode demonstrasi dan eksperimen
5. Metode pemberian tugas
6. Metode kerja kelompok
7. Metode sosio drama dan bermain peranan
8. Metode drill / latihan siap
9. Metode sistem regu
10. Metode problem solving
11. Metode proyek
a. Metode yang diterapkan dalam pengajaran pendidikan agama di SLTP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Malang yang paling dominan adalah metode ceramah, mencapai 57,44%
b. Materi yang diterapkan dalam pengajaran Pendidikan Agama di SLTP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Malang adalah Fiqih, Aqidah, dan Aswaja.
c. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pengajaran pendidikan agama di SLTP KHA Thohir Pulungdowo adalah : fasilitas pendidikan, keadaan guru, keadaan ekonomi, waktu kegiatan proses belajar mengajar.
Adapun upaya pemecahannya antara lain :
1. Memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi yang ekonominya lemah.
2. Mengaktifkan jam pelajaran, menekankan kepada wali murid supaya memberikan motivasi terhadap anaknya untuk membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan pelajaran.
3. Mengadakan praktek ibadah di ruang kelas serta mengajak siswa ke mushola yang tersedia.
4. Memberikan pelajaran extrakurikuler bagi siswa yang kemampuannya rendah (perbaikan dan pengayaan).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Indar, Djumberansyah |
Keywords: | metode pengajaran; pendidikan agama |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 10:50 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 10:50 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62068 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |