Arifin, Moh. Syamsul (2001) Pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) “Hasyim Asy’asri” Batu Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110132.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan hal yang dominan dalam hidup ini. Ditinjau dari segi manapun pendidikan tetap yang terpenting. Dari segi agama misalnya pendidikan tidak hanya diajarkan melainkan diwajibkan. Di Indonesia dalam rangka pembangunan nasional peningkatan pendidikan terus diupayakan dan senantiasa ditingkatkan.
Sedangkan dalam kegiatan pendidikan di lingkungan sekolah, guru bukan hanya sebagai sumber informasi atau penyampai ilmu pengetahuan saja, melainkan berfungsi juga sebagai pembimbing bagi anak didiknya Dalam rangka mengembangkan potensi secara maksimal. Dalam realitanya selalu ada kesulitan yang dihadapi siswa dalam hal belajar. Siswa yang selalu mengalami kesulitan belajar kadang-kadang tidak peduli dengan keadaan dirinya, walaupun prestasi belajarnya menurun/rendah (dibawah rata-rata). Hal inilah yang menarik perhatian untuk mengadakan usaha penanggulangan dan pemecahan agar kesulitan belajar tersebut tidak mengganggu perkembangan prestasi siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruh bimbingan belajar yang diadakan oleh lembaga pendidikan (MTs. Hasyim Asy’ari) terhadap prestasi yang dicapai siswa. Karena diakui atau tidak bahwa bimbingan belajar akan menuntun siswa dalam mempraktekkan cara dan sistem belajar yang mereka laksanakan. Dengan mendapat bimbingan dari guru ini maka siswa akan memiliki cara belajar yang terarah dan sekaligus tujuan yang diharapkan siswa akan mudah terwujud.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode library research dan field research Library research digunakan untuk memperoleh data yang bersifat teoritis, yang meliputi metode deduktif, metode induktif dan metode komparatif. Sedangkan field research penulis gunakan untuk memperoleh data yang bersifat praktis, yang meliputi metode observasi, metode angket, metode interview dan metode dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa data yang bersifat kuantitatif penulis menggunakan analisis statistik prosentase, dan untuk mencari signifikannya menggunakan uji beda t-Test.
Dari hasil analisa dan perhitungan uji beda t-Test yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil perbandingan prestasi siswa sebelum diadakan bimbingan belajar dengan sesudah mengikuti bimbingan belajar rata-rata mengalami peningkatan sebesar 4 %.
Guna kemajuan MTs. Hasyim Asy’ari maka penulis sedikit memberikan saran agar bimbingan belajar yang telah diadakan selama ini terus dikembangkan, minimal dipertahankan. Kalau memungkinkan hendaknya kepala sekolah menjalin kerjasama dengan lembaga bimbingan lain seperti Primagama, BTC ataupun yang lainnya guna peningkatan prestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Santoso, Rachmat Iman |
Keywords: | bimbingan belajar; prestasi belajar |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 10:50 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 10:50 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62066 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |