فعالية استخدام لعبة النرد لترقية مهارة الكلام في تعليم اللغة العربية: بحث تجربي في مدرية هداية المبتدئين الثنوية الإسلامية تاسيك مادو لووكوارو مالانج جاوى الشرقية

Sabri, Hatta (2010) فعالية استخدام لعبة النرد لترقية مهارة الكلام في تعليم اللغة العربية: بحث تجربي في مدرية هداية المبتدئين الثنوية الإسلامية تاسيك مادو لووكوارو مالانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08720008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Berbicara adalah salah satu komponen utama dalam belajar bahasa. Berbicara merupakan unsur terpenting dalam empat keterampilan berbahasa Arab, keterampilan berbicara merupakan barometer keberhasilan pengajaran bahasa Arab, sehingga keberhasilan sebuah pengajaran bahasa dilihat dari kemampuan siswanya dalam berbicara, apabila siswanya berbicara dengan lancar sesuai dengan keinginannya maka berhasillah sebuah pengajaran itu. Di antara tujuan utama dalam pembelejaran bahasa arab bagi selain penutur aslinya adalah meningkatkan kemampuan peserta didik agar mampu mengucapkan bahasa dengan baik serta mampu berkomunikasi dengan penutur bahasa arab asli secara baik dan spontanitas.

Dari hasil pengamatan peneliti dan wawancara dengan guru bahasa arab, bahwa sebagian siswa pada jurusan bahasa kelas sebelas Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Tasik Madu Malang kurang mampuan berdialog dengan menggunakan bahasa arab pada mata pelajaran bahasa arab, mereka kesulitan dalam membuat kalimat yang benar, dan ketika mereka berdialog dengan menggunakan bahasa arab, maka mereka berbicara tidak lancar.

Selanjutnya berdasarkan pada fakta permasalahan diatas, rumusan penelitian ini adalah Sejauh mana efektifitas Penerapan Media Permainan Dadu dalam meningkatkan Keterampilan berbicara siswa kelas sebelas jurusan bahasa pada Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Tasik Madu Malang tahun ajaran ٢٠٠٩-٢٠١٠?. Rumusan penelitian ini di bagi menjadi beberapa pertanyaan yaitu: Bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media Permainan Dadu untuk meningkatkan kemampuan siswa melafalkan huruf sesuai dengan makhrojnya, dalam memahami dan menggunakan kosakata bahasa, dalam meningkatkan kemampuan siswa dapat berbicara dengan lancar, dalam memahami dan menggunakan tatabahasa, dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan semangat, serta Bagaimana efektifitas pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media Permainan Dadu untuk menumbuhkan semangat dalam belajar berkomunikasi dengan berbahasa arab?

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Tasik Madu Malang. Penelitian ini berlangsung selama delapan kali pertemuan. Setiap pertemuan selama ٤٥ menit. Dalam proses pembelajaran, peneliti membagi kepada beberapa tahapan, yaitu pembukaan, pengajaran materi atau bahan ajar, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi yang mendalam, wawancara, angket dan test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Media Permainan Dadu terbukti efektif meningkatkan kecakapan berbicara siswa kelas sebelas jurusan bahasa pada Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadi’in Tasik Madu Malang tahun ajaran ٢٠٠٩-٢٠١٠ dengan melihat kenyataan: ١). Bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media Permainan Dadu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melafalkan huruf sesuai dengan makhrojnya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai dari hasil post test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu dari ١٦٠ meningkat menjadi ٢٠٠. sementara nilai uji T test adalah ٧,٧ lebih besar dari nilai T tabel ٢,٨٠ pada tingkat ١ %. ٢). Bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media Permainan Dadu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan kosakata bahasa, Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai dari hasil post test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu dari ١٣٠ meningkat menjadi ١٩٧. sementara nilai uji T test adalah ١٨,٩٢ lebih besar dari nilai T tabel ٢,٨٠ pada tingkat ١ %. ٣) Bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media Permainan Dadu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menggunakan tatabahasa, Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai dari hasil post test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu dari ٩٥ meningkat menjadi ١٣٣. sementara nilai uji T test adalah ٢٤,٣٣ lebih besar dari nilai T tabel ٢,٨٠ pada tingkat ١ %. ٤) Bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media Permainan Dadu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan spontanitas, Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai dari hasil post test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu dari ١١٥ meningkat menjadi ١٩٨. sementara nilai uji T test adalah ١٢,٩٥ lebih besar dari nilai T tabel ٢,٨٠ pada tingkat ١ %. ٥) Bahwa pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media Permainan Dadu dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan semangat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai dari hasil post test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu dari ١١٥ meningkat menjadi ١٧٢. sementara nilai uji T test adalah ٣٠,٣٧ lebih besar dari nilai T tabel ٢,٨٠ pada tingkat ١ %. Selain itu, deskripsi dari hasil angket juga menunjukkan adanya peningkatan semangat belajar siswa dalam berbicara dengan menggunakan bahasa arab.

Oleh karena itu dipandang perlu bagi guru bahasa Arab menaruh perhatian yang cukup terhadap penggunaan media tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab. Begitu juga para penanggung jawab pendidikan perlu kiranya mencurahkan segenap kemampuannya dalam menyiapkan berbagai media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

ABSTRACT

Speaking is one of the prominent components in language study. Speaking is the most important part among four language skills study in Arabic. It is a successful barometer in Arabic language study. The language study is success when narrator or student speaks fluently. The basic propose of Arabic learning process for foreign student is to increase student’s skill as they can say language as the role and can use it when communicate with native speaker.

Based on analysis and interview that has done by researcher with Arabic teacher, some of eleven grade students at Language class in Arabic lesson of Islamic Senior high School of Hidayatul Mubtadi’in in Tasik Madu, Lowok Waru Malang are difficult making good sentences and they are not speaking fluently.

Based on real problem above, the researcher made general limitation problem that how do the effectiveness of application playing Dadu as media in growth Arabic speaking skills student of eleven grade at Language class of Islamic Senior high School of Hidayatul Mubtadi’in Tasik Madu Malang ٢٠١٠-

٢٠١١? The researcher divided this limitation problem study to some questions. How do the effectiveness of application playing Dadu as media to growth student ability in saying alphabet as the role, understanding and using vocabulary, to growth student language skill and spirit in speaking skill using Arabic language?

The approach used in this research is experiment research. This research takes place at Islamic Senior high School of Hidayatul Mubtadi’in Tasik Madu Malang .The researcher need eight times and each meeting using forty five minute. In learning process, the researcher divided five steps. They are opening, teaching process, action doing, application and evaluation. Moreover, the researcher used observation, interview, data and test as instrument in this research.

The result of this research has shown that the application of Dadu playing as media is very effective to growth speaking skill of Language class of Islamic Senior high School of Hidayatul Mubtadi’in Tasik Madu Malang student ٢٠١٠- ٢٠١١. It can see from five indicators. First, speaking skill learning process using Dadu playing as Media could growth student ability in saying character as the role. It can see from post test result among control and experiment class that increase ١٦٠ to ٢٠٠. In other hand, the exam of test T is ٧, ٧ is highest than the value of T ٢, ٨٠ table in ١% grade. Second, speaking skill learning process using Dadu playing as Media could growth student ability in understanding and using

vocabulary. It can see from post test result among control and experiment class that increase ١٣٠ to ١٩٧. In other hand, the exam of test T is ١٨, ٩٢ is highest than the value of T ٢, ٨٠ table in ١% grade. Thread, speaking skill learning process using Dadu playing as Media could growth student ability in understanding and using structure. It can see from post test result among control and experiment class that increase ٩٥ to ١٣٣. In other hand, the exam of test T is ٢٤, ٣٣ is highest than the value of T ٢, ٨٠ table in ١% grade. Fourth, speaking skill learning process using Dadu playing as Media could growth student ability speaking skill spontaneity. It can see from post test result among control and experiment class that increase ١١٥ to ١٩٨. In other hand, the exam of test T is ١٢, ٩٥ is highest than the value of T ٢, ٨٠ table in ١% grade. Fifth, speaking skill learning process using Dadu playing as Media could growth student spirit in speaking skill. It can see from post test result among control and experiment class that increase ١١٥ to ١٧٢. In other hand, the exam of test T is ٣٠, ٣٧ is highest than the value of T ٢, ٨٠ table in ١% grade. Moreover, the description of data result also shown that the student spirit of speaking learning process in Arabic speaking is increase.

Based on effectiveness using this media, the researcher recommends that Arabic teacher to use this media in Arabic learning process. Moreover to head of school must think more to prepare media and facility as learning process using this media effectively.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Muhammad and Mahmud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: لعبة النرد; ترقية مهارة الكلام; Penggunaan Media Permainan Dadu; Pengembangan Keterampilan Berbicara; using Dadu playing as media; developing speaking skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:08
Last Modified: 08 Apr 2017 05:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6204

Actions (login required)

View Item View Item