Dwi Anggraini, Fibria (2010) تطبيق لوحة الألعاب بواسيلة بطاقة الأسئلة لترقية مهارة الكلام: بالتطبيق على طلاب وطالبات بمدرسة "المحروسية" المتوسطة ليربايا كديري جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08720007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Thesis ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara dan kemampuan siswa dalam mengungkapkan hiwar atau percakapan dengan menggunakan media question card. Penelitian ini dilaksanakan di madrasah tsanawiyah Al-mahrusiyah Lirboyo Kediri yang merupakan salah satu sekolah yang berada di lingkungan pondok salaf, yang mana siswa siswinya sangat mampu dalam membaca kitab kitab berbahasa arab. Akan tetapi terdapat masalah dalam pembelajaran bahasa arab bagi para siswa itu sendiri khususnya pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa arab, pada dasarnya mereka mampu dalam menulis, membaca, namun kurang pada tingkat berbicara.
Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifitasan pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media question card untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara meliputi pengucapan, Pemilihan Kosakata, Kaidah/ Struktur, kelancaran, Dan performan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) sejauh mana efektifitas aplikasi board game bermedia question card untuk meningkatkan ketrampilan berbicara pada siswa kelas 7 di sekolah MTS al-mahrusiyah lirboyo Kediri? (2) sejauh mana efektifitas aplikasi board game bermedia question card untuk meningkatkan ketrampilan berbicara pada siswi kelas 7 di sekolah MTS al- mahrusiyah lirboyo Kediri? (3) Bagaimana hasil perbedaan antara siswa-siswi kelas 7 dengan menggunakan aplikasi board game bermedia question card untuk meningkatkan ketrampilan berbicara?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang mencakup hasil kerja siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media question card dan menggunakan 2 kelas yaitu kelas control dan kelas eksperiment. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 tsanawiyah pada tahun ajaran 2009-2010 di madrasah al-mahrusiyah lirboyo kediri, yang berjumlah 31 siswa dan 31 siswi.
Desain penelitiannya adalah penelitian eksperimen yang melakukan uji coba keberhasilan berbicara dengan menggunakan media question card dengan menggunakan T-Test untuk mengetahui efektifitas media ini. Adapun metode penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, Tes, dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan board game bermedia question card dapat meningkatkan ketrampilan berbicara baik dari segi pengucapan, penguasaan kosa kata, kompetensi tata bahasa arab, kelancaran dan performan.
ABSTRACT
This thesis aims to improve speaking skills and abilities of students in the essay focus by using the media question card. The study was conducted in Islamic junior high school al-mahrusiyah lirboyo Kediri, is one of the modern schools in the cabin language students al-mahrusiyah lirboyo Kediri use Arabic in daily life. However, there is a problem in arabic language learning for the students themselves, especially on Arabic speaking skills, they are basically capable of writing and reading, but not at the level of speaking
And the purpose of this study was to determine the level of learning effectivity speaking skills board game application using question card media in improving students 'skills in speaking include pronouncation, grammar, Vocabulary, fluency and performance.
Problem statement of this research is: (1) How to effectivity board game application using question card for speaking improvement to male? (2) How to effectivity board game application using question card for speaking improvement to female? (3) how to result of different male and female by board game application using question card for speaking improvement?
Used this kind of research is quantitative research that involves the work of students in learning to speaking by board game application using question card using the class 2 and class control-class experiments. Sample of this research is the entire 2nd grade students Islamic junior high school al-mahrusiyyah lirboyo kediri 2009-2010, which numbered sixty two students (thirty one female and thirty one male).
while the research design was experimental studies is to test the success of speaking using these media by using T-Test to determine the effectiveness of this medium. The method of data penggumpulan in this study using interviews, tests, and questionnaires.
Research finding showed that using board game application using question card can improve students 'skills in speaking include pronouncation, grammar, Vocabulary, fluency and performance.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam and Ibrahim, Muhammad Sa’ad | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | تطبيق لوحة الألعاب بواسيلة بطاقة الأسئلة; مهارة الكلام; question card; speaking Skills; Question card; Keterampilan berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 08 Apr 2017 12:09 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jan 2018 10:15 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6203 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |