Nurjanah, Nurjanah (2001) Paradigma pendidikan Islam dan perubahan sosial: Telaah peran pendidikan Islam di era perubahan sosial. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110084.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan sering dipahami sebagai kegiatan individual, yang menghiraukan realitas sosial yang berkembang. Karena persoalan pendidikan merupakan persoalan dalam kehidupan manusia. Realitas sosial dalam kehidupan manusia tidak dapat dielakkan akan terjadi dinamika zaman yang ditandai dengan adanya perubahan.
Pendidikan Islam mempunyai jangkauan yang luas di masa depan karena itu pendidikan Islam lebih tepat jika menggunakan falsafah progresifisme, berarti bahwa pendidikan harus mendahului gerak perubahan sosial. Pendidikan tidak hanya diartikan sebagai pelestarian nilai-nilai luhur, penyesuaian diri terhadap dunia kerja; maupun sebagai proses transformasi science dan teknologi. Sebab jika demikian, maka hakekat pendidikan sebagai upaya pembentukan anak bangsa akan selalu tertinggal oleh kemajuan sosial.
Dalam teori perubahan, dinyatakan bahwa perubahan sosial sebagai suatu proses pada hakekatnya di dunia ini tidak ada suatu yang abadi, hanyalah Tuhan dan perubahan itu sendiri. Untuk itu, peran pendidikan Islam di era perubahan sosial adalah sebagai pembentukan manusia yang berkepribadian luhur yakni, manusia yang tetap berpegang teguh pada nilai-nilai ajaran Islam dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Seperti yang menjadi tujuan ideal dari pendidikan Islam adalah terbentuknya Insan Ulul Albab, berarti seseorang yang selalu ingat kepada Allah SWT di waktu dia berdiri, duduk dan berbaring dan selalu memikirkan tentang ciptaan Allah, baik di langit maupun di bumi (QS. Ali-Imron: 191). Sehingga dalam skripsi ini menggunakan dua fokus, yaitu: Bagaimana Implikasi Pendidikan Islam Di Era Perubahan Sosial 9 dan Bagaimana Orientasi Pendidikan Islam Di Era Perubahan SosiaU
Selajutnya skripsi ini bermaksud untuk menelusuri dan memperjelas konsep pendidikan Islam di era perubahan sosial, sebagai bekal untuk menyiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan zaman. Karena selama ini penulis rasakan di masyarakat sedang dilanda degradasi moral, nilai dan sebagainya. Maka dalam skripsi ini dispesifikasikan untuk dapat mengetahui bagaimana orientasi pendidikan Islam di era perubahan sosial dan untuk dapat mengetahui bagaimana implikasi pendidikan Islam di era perubahan sosial.
Skripsi ini, lebih tepat dikatakan sebagai sebutan library research (penelitian kepustakaan), karena buku merupakan referensi utama penulisan skripsi ini. Dengan menggunakan strategi pembahasan antara lain: obyek dan ruang lingkupnya, data yang diperlukan, metode analisis data, metode yang digunakan, teknik pengumpulan data serta sumber data.
Pendidikan Islam di era perubahan sosial harus selalu mengadakan pembaharuan dan bersifat integratif yang diorientasikan kepada tujuan ajaran Islam, yaitu: harus menghilangkan dikotomis antara, ilmu agama dan ilmu umum atau ilmu dunia dan ilmu akherat. Keduanya harus dijadikan keseimbangan dalam kehidupan dan harus dicapai secara bersama-sama dengan waktu yang sama pula. Atau lebih tepat jika menggunakan paradigma organisme bahwa pendidikan merupakan satu kesatuan sistem yang berusaha mengembangkan pandangan hidup Islam yang dimanifestasikan dalam sikap hidup dan keterampilan hidup yang Islami. Melalui upaya semacam ini, maka sistim pendidikan Islam diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai ilmu pengetahuan, nilai-nilai agama, dan etik, serta mampu melahirkan manusia yang menguasai IPTEK dan sekaligus hidup di dalam nilai-nilai agama.
Maka kami mengharap kepada seluruh lembaga pendidikan Islam agar mampu memberikan pemantapan dan kekokohan aqidah, akhlaqul karimah, keluasan ilmu dan profesionalitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Samauna, Nurdin |
Keywords: | pendidikan Islam; perubahan sosial |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 10:44 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 10:44 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/62022 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |