إعداد مواد دراسية على أساس التدريبات الصوتية لترقية مهارة الكلام في اللغة العربية

Faisol, Faisol (2010) إعداد مواد دراسية على أساس التدريبات الصوتية لترقية مهارة الكلام في اللغة العربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08720006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Bahasa adalah symbol bunyi yang diungkapkan oleh setiap orang untuk menyampaikan maksud tujuan mereka. Bahasa mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan individu maupun social. Sedangkan suara bahasa adalah dasar terbentuknya dan termaknanya sebuah bahasa, yaitu unsur pertama dalam berbahasa (berkomunikasi). Adapun keterampilan berbicara (speaking) khususnya dalam bahasa Arab (juga) mempunyai kedudukan yang sangat besar bagi peserta didik (muta’allim) atau yang lainnya (ghairu al-Muta’allim), khususnya dalam proses belajar mengajar. Yaitu merupakan suatu kebutuhan sangat urgen yang tidak mungkin seseorang tidak butuh dengannya, kapan pun dan dimapun berada; karena keterampilan berbicara merupakan salah satu sarana komunikasi antara yang satu sama lainnya untuk bisa mengatur dan menata kehidupan mereka serta memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, suara mempunyai peran yang sangat signifikan dengan keterampilan berbicara agar pembicaraan kita bisa dipahami dan dimengerti.

Namun demikian, kenyataan yang terjadi bahwa pengajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Insan Amanah (SDIA) ini masih menggunakan buku ajar yang berisikan teks- teks bacaan yang tidak terencana dan tidak menyentuh langsung terhadap kehidupan siswa. Menurut hemat peneliti bahwa isi dari buku yang digunakan kurang mengena terhadap minat siswa dan tidak adanya inovasi di dalam setiap latihannya, baik yang berbentuk kegiatan aktif maupun yang berbentuk game. Melihat permasalahan di atas peneliti bermaksud menyusun materi pelajaran atas dasar latihan-latihan suara untuk meningkatkan kemahiran berbicara bahasa Arab pada siswa/siswi SDIA khususnya kelas Lima A.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Sejauh mana efektifitas panyusunan materi-materi ajar untuk meningkatkat kemampuan siswa dalam mengucapkan suara-suara bahasa arab ? 2). Sejauh mana efektifitas panyusunan materi-materi ajar untuk meningkatkat kemampuan siswa mengucapkan suara-suara bahasa arab dalam bentuk kalimat?

Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptive-kuantitatif, dengan berasumsi bahwa dengan selesainya materi-materi ajar yang disusun akan memperbaiki keterampilan berbicara siswa menjadi baik dalam bahasa Arab sesuai dengan aspek-aspek pengetahuan yang dibutuhkan, latar belakang dan tingkat kemampuan berbahasa mereka. Adapun jenis penelitian ini adalah termasuk bagian dari penelitian “Experiment” yang terdiri dari empat langkah, yaitu: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Populasi dari penelitian ini meliputi para siswa kelas V – A sekolah dasar islam “Insan Amanah” (SDIA) dengan jumlah 36 siswa Tahun Pelajara 2009/2010. Adapun instrument penelitian adalah peneliti sendiri, observasi, wawancara, angket dan tes (pretest-Postest).

Hasil dari penelitian ini adalah 1). Tersusunnya materi-materi ajar untuk maharah al- Kalam bagi siswa kelas lima Sekolah Dasar Islam “Insan Amanah”. 2). Bahwa dengan materi- materi ajar yang telah disusun proses belajar-mengajar memiliki efektifitas di dalam peningkatan keterampilan berbahasa yakni dalam keterampilan berkomunikasi atau berbicara, dan keberhasilan yang dicapai para siswa di dalam peningkatan kemampuan berbicara atau berkomunikasi dengan bahasa arab lebih baik. Hal ini dibuktikan oleh capaian nilai klasikal siswa sebelum eksperimen materi baru di ajarkan mencapai nilai rata-rata 34, 75.

Berdasarkan uji-t (statistik) terhadap hasil pre-tes dan post-tes dalam keterampilan berbicara, menunjukkan hasil T-hitung (32,44) > (lebih besar) dari t-tabel 5% (2,72). Dan < lebih besar pula dari ukuran 1% (2,03) Artinya ada perbedaan cukup signifikan antara kemampuan berbicara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Materi Ajar yang baru. Dengan demikian, bahwa penggunaan Buku Ajar yang baru adalah efektif dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa.

ABSTRACT

Language is symbol of sounds expressed by the people for their purposes. Its role is very important for individual and social life. The sound of language itself is the basic of language shape and its meaning that is the first element of communication. The skill in speaking, especially in Arabic, has a great grade for students and others specifically in the process of teaching and learning. Speaking skill is a must for them whenever and wherever they are since it is one of their communication ways, so that they can arrange their life and accomplish their needs. Therefore, sound has significant roles and it has a sharp association with speaking skill so that the words of us are understandable.

However, the fact happen is Arabic teaching in Insan Amanah Islamic Elementary school of Malang still uses textbooks that there are accidental texts and it does not directly touch students’ life. The researcher says the contents of the books used do not make the student interested in. There is also no innovation in exercises either in the shape of active motions or games. Paying attention to the problems above, the researcher wants to arrange materials based on sound exercises to increase the Arabic speaking skill of students’ in SDIA, especially in class 5 A.

Problem statement of this research is 1). How is the affectivity of Arrangement of Teaching Materials as an Effort to improve the Arabic voice skill of the Students? 2). How is the affectivity of Arrangement of Teaching Materials as an Effort to improve the Arabic voice skill in Arabic sentence of the Students?

This research used descriptive-quantitative approach. By The researcher assumes that the arrangement material is effective to improve the students’ skill in the Arabic speaking. This research used experimental procedures that consist of four steps: planning, acting, observation and reflection. Subject of this research was students of Islamic Elementary School of “Insan Amanah” (SDIA) which employs thirty six students in academic year 2009/2010. Instruments for this research were researcher him self, observation schedule, interview schedule, questionnaire and test.

The findings of this research are 1). A new teaching material of speaking skill for the students in the Islamic Elementary School of “Insan Amanah” (SDIA) is successfully arranged. 2). By using the new teaching material, the learning process in the class five has effectiveness in developing their language especially in speaking skill. In addition, the achievement of their speaking skill is better when they used a new teaching material.

The affectivity of this book showed by the achievement of students previously reaches average of 34.75. Based on the statistical t-test applied toward pre-test and post-test of the speaking skill, it seems that the result of t-count (32.44) > (is bigger than) t-table (2.72) for the measure of 5% for t-count, and > (bigger than) for the measure of 1 % (2.03). It means that there is significant difference between previous and after usage a new teaching materials in speaking skill. Therefore, it can be concluded that using new teaching materials are more effective to develop the language skill of the students.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholih Nur, Syuhadak
Keywords: مهارةالكلام; إعداد; مواد دراسية; Penyusunan; Materi Ajar; Suara; Keterampilan Membaca; Arrangement; Teaching Materials; Phonology; Speaking Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:09
Last Modified: 08 Apr 2017 05:09
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6202

Actions (login required)

View Item View Item