استخدام طريقة لقياس المطوّرة في تنمية مهارة الكلام: تجربية في مدرسة شمسالعارفين الثنوية الإسلامية باسوروان جاوا الشرقية

Ardianto, Dian (2010) استخدام طريقة لقياس المطوّرة في تنمية مهارة الكلام: تجربية في مدرسة شمسالعارفين الثنوية الإسلامية باسوروان جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08720004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Bahasa Arab memiliki beberapa keterampilan/kemahiran yang saling menguatkan antara yang satu dengan yang lainnya, akan tetapi dalam prakteknya, hal tersebut jarang terealisasi secara keseluruhan disebabkan banyak faktor yang menghambat. Dari beragam permasalahan yang harus diselesaikan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah metode pembelajaran selain kurikulum, modul, tujuan pembelajaran dan integritas pengajar itu sendiri. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan pada aspek metode deduktif yang disempurnakan, karena lebih mengarah pada fenomena yang terjadi didunia pendidikan bahasa arab saat ini yang lebih mengedepankan kaidah-kaidah bahasa Arab sebagai alat komunikasi yang baik dalam pembelajaran. Dengan demikian peneliti mengangkat judul ” Penggunaan Metode Deduktif yang disempurnakan dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara (Penerapan di Madrasah Aliyah syamsul Arifin Pasuruan-Jawa Timur).

Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Efektifitas penggunaan metode deduktif yang disempurnakan dalam meningkatkan kompetensi sintaksis dan morfologi dalam ketrampilan berbicara pada siswa Madrasah Aliyah Syamsul Arifin Pasuruan-Jawa Timur.

Penelitian ini bertujuan untuk dapat memperoleh gambaran secara empirik tentang pengembangan kompetensi sintaksis dan morfologi siswa dengan penggunaan metode deduktif yang disempurnakan dalam berbicara, baik dari segi pemahaman materi ataupun pelafalan kalimat.

Hipotesa dalam penelitian ini, bahwa dalam penggunaan metode deduktif yang disempurnakan dapat meningkatkan kompetensi sintaksis dan morfologi siswa dalam ketrampilan berbicara, baik darisegi pemahaman materi maupun pelafalan kalimat.

Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui Pre-Test dan Post-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi MA Syamsul Arifin tahun pelajaran
2009/2010, sedangkan sample kelas I-A. Adapun instrumen penelitian adalah observasi, wawancara, tes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode deduktif yang disempurnakan dapat meningkatkan kompetensi sintaksis dan morfologi siswa dalam ketrampilan berbicara, baik dari segi pemahaman materi ataupun pelafalan kalimat dengan benar.

ABSTRACT

Speaking skills are needed in human life to be able to convey the intent and purpose of the speaker in accordance with the rules of language, especially in Arabic. Of the various problems that must be resolved in learning Arabic is a method other than curriculum, modules, the learning objectives and integrity of the teaching itself. In this study, researchers focused on aspects of the deductive method, because it leads to a phenomenon that occurred worldwide arabic language education that emphasizes the current rules of the Arabic language as ending purpose, not as a tool to deepen speaking skills in learning, for it this method is suitable as a solution to overcome.

Formulation of the problem in this research are: The effectiveness of the using deductive method in improving competence in syntax and morphology of speaking skills in students of Madrasah Aliyah Syamsul Arifin Pasuruan-East Java.

This research aims to be obtained by empirical description of the competence development of syntax and phonology students by using of deductive methods in speech, in terms of understanding the material or the pronunciation of words or sentences.

Hypothesis in this study, that the using use of deductive methods can improve students' competence in syntax and phonology of speaking skills, both in terms of understanding the material or the pronunciation of words / sentences.

This research method using the experimental method, with two class of experimental and control class through the Pre-Test and Post-Test. The population in this study were students Syamsul Arifin MA academic year 2009-2010, while the IA class as sample. The research instrument is the researcher himself, observation, interviews, tests and documentation.

The results of this study indicate that the use of deductive method can be enhanced to improve students' competence in syntax and morphology of speaking skills, good understanding of the material from the pronunciation of words or sentence.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Lubis, Turkis
Keywords: طريقة لقياس المطوّرة; مهارة الكلام; Metode Deduktif yang disempurnakan; Kemahiran Berbicara; Deductive Method is Perfected; Speaking Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Apr 2017 05:09
Last Modified: 08 Apr 2017 05:09
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6200

Actions (login required)

View Item View Item