Rahman Hakim, Arif (2010) تصميم وسيلة دائرة القواعد وفعاليتها في ترقية مهارة القراءة: دراسة تجريبية في مدرسة هداية المبتدئين المتوسطة الإسلامية بمالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08720003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Di Indonesia, bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang dipelajari di sekolahsekolah, terutama di madrasah dan pondok pesantren. Salah satu fenomena yang ada dalam proses pengajaran bahasa Arab adalah kurang adanya media pengajaran yang tersedia. Guruguru mengajarkan bahasa Arab tanpa media apapun sehingga para murid merasa bosan dan tidak bersemangat.
Oleh karena itulah peneliti ingin membuat sebuah media sederhana untuk pembelajaran bahasa Arab yang dinamakan “lingkaran kowaid”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media lingkaran kowaid dalam pengajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan membaca. Rumusan masalah penelitian ini adalah sejauh mana efektifitas penggunaan lingkaran kowaid untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang?. Rumusan masalah ini terbagi menjadi 5 poin pertanyaan yaitu: (1) bagaimana proses pendesainan media lingkaran kowaid?; (2) sejauh mana efektifitas penggunaan lingkaran kowaid untuk meningkatkan pemahaman kowaid siswa?; (3) sejauh mana efektifitas penggunaan media lingkaran kowaid untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca nyaring?; (4) sejauh mana efektifitas penggunaan lingkaran kowaid untuk meningkatkan pemahaman bacaan siswa?; (5) bagaimana semangat siswa dalam belajar keterampilan membaca dengan menggunakan media lingkaran kowaid?.
Metode penelitian ini adalah kualitatif kuantitatif dengan variable bebas penggunaan media lingkaran kowaid dalam pengajaran bahasa Arab dan variable terikat kemampuan siswa dalam keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode satu kelompok dengan populasi seluruh siswa kelas satu Madrasah Tsanawiyah Hidayatul Mubtadi’in Malang tahun ajaran 2009/2010. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 20 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa lakilaki dan 10 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket, dan tes.
Ringkasan dari hasil penelitian ini adalah: (1) desain media lingkaran kowaid memperoleh nilai sangat baik dari para pakar media pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab; (2) penggunaan media lingkaran kowaid dalam pengajaran keterampilan membaca sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman tarkib berdasarkan nilait yang diperoleh 3,47 lebih besar dari nilai ttabel 2,86 dan 2,09; (3) ia juga sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan bukti hasil nilait 10,40; (4) efektifitasnya juga sangat besar untuk pemahaman bacaan dengan signifikansi nilait 3,21; dan (5) kegemaran siswa dalam belajar keterampilan membaca meningkat setelah mengikuti pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media lingkaran kowaid.
ABSTRACT
In Indonesia, Arabic is one of the foreign languages studied in schools, particularly in Islamic schools and institutes. One of the phenomena existing in the process of teaching Arabic language is the lack of teaching aids in which a teacher teaches his students Arabic language without any media that the students feel bored and have no desire to learn.
Therefore, the researcher wanted to design an instructional medium to teach and learn Arabic, and he called it “structure circle”. In this research, he wants to know the effectiveness of using the medium “structure circle” to upgrade the reading skill with the research problem “how effective the using of structure circle to upgrade the reading skill of first grade students of Hidayatul Mubtadi’in junior high school of Malang. This research problem is divided into five research problems, i.e. 1) how does the design of structure circle complete? 2) How is the effectiveness of using the structure circle to upgrade structural understanding? 3) How is the effectiveness of using the structure circle to upgrade students’ competence in loudly reading? 4) How is the effectiveness of using the structure circle to upgrade text understanding? 5) How is the students’ desire in learning reading skill by using the structure circle?
The approach of this research is qualitative quantitative research. Its independent variable is using the structure circle in Arabic teaching and the dependent variable of it is students’ competence in reading skill. The researcher uses one group method and chooses the population all first grade students of Hidayatul Mubtadi’in junior high school of Malang in academic year 2009/2010 and the sample 20 students of them. The data collection instruments used in this research are observation, interview, questionnaire, and tests.
Research findings show that (1) the design of the instructional medium reaches very good point from the experts of Arabic teaching and instructional media; (2) the use of the structure circle is very effective to upgrade the structure understanding, according to the tvalue 3,47 more than the ttable values 2,86 and 2,09; (3) it is very effective to improve the students’ competence in loudly reading by the evidence that the tvalue 10,40 is more than the ttable values; (4) it is very effective to increase the text understanding ability for the tvalue 3,21 is more than the ttable values; (5) the students’ desire in learning reading skill is rising after their participation in Arabic teaching and learning using the structure circle.