فعالية استخدام لعبة تكوين الكلمات العرببية في ترقية مهارة الكلام ورغبة الطلبة في تعلم اللغة العربية

Anshari, Mukhlis (2010) فعالية استخدام لعبة تكوين الكلمات العرببية في ترقية مهارة الكلام ورغبة الطلبة في تعلم اللغة العربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08720001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (958kB)

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan berbicara adalah keterampilan berbahasa yang tidak dapat dikuasai oleh seorang pembelajar bahasa apapun kecuali dengan memperbanyak latihan berbicara. Karena keterampilan berbicara membutuhkan proses latihan dan pembiasaan yang intensif, sehingga seorang pembelajar bahasa mampu berbicara dengan lancar dan dengan pola bahasa yang dapat dipahami oleh orang lain. Perlu adanya berbagai motivasi untuk melatih kemampuan berbicara, di antara faktor yang memotivasi tersebut yaitu penggunaan media pembelajaran dari permainan bahasa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan permainan Arabic Scrabble untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan meningkatkan minat siswa untuk mempelajari bahasa Arab, sehingga siswa merasa terhibur dan senang saat melatih keterampilan berbicara.

Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: ١. Sejauh manakah tingkat efektivitas penggunaan permainan Arabic Scrabble dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas II jurusan Bahasa MA Al Ma’arif Singosari Malang dalam pelafalan huruf Hijaiyyah yang benar?, ٢. Sejauh manakah tingkat efektivitas penggunaan permainan Arabic Scrabble dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas II jurusan Bahasa MA Al Ma’arif Singosari Malang dalam keterampilan berbicara?, ٣. Sejauh manakah tingkat efektivitas penggunaan permainan Arabic Scrabble dalam meningkatkan keberanian siswa kelas II jurusan Bahasa MA Al Ma’arif Singosari Malang dalam berbicara bahasa Arab?

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pretest dan posttest untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, angket dan tes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung: ١٠،٤٣, lebih besar dari t-table pada taraf ١٪ yaitu ٢،٦٤ dan lebih besar dari taraf ٥٪ yaitu ١،٩٩. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulannya yaitu penggunaan permainan Arabic Scrabble terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II jurusan Bahasa MA Al Ma’arif Singosari Malang dalam pelafalan huruf Hijaiyyah yang benar, dan dalam meningkatkan kemampuan dan keberanian mereka berbicara bahasa Arab, serta meningkatkan minat mereka dalam mempelajari bahasa Arab.

ABSTRACT

Speaking is a language skill which can be mastered by a language learner only if he practices it so much that he can speak fluently with the language patterns understood by others. It is important to improve students’ motivation in speaking practice. One way to do it is by using instructional media such as language games. In this research, the researcher uses Arabic scrabble game to improve speaking skill and students’ desire in Arabic learning. By this game, the students are happy, interested, and motivated to practice speaking skill.

The research problems are: ١) how is the effectiveness of using Arabic scrabble game to improve the competence of the second language-class students of Islamic Senior High School “Al-Ma’arif” Singosari Malang in pronouncing hijaiyah letters well?, ٢) how is the effectiveness of using Arabic scrabble game to improve the competence of the second language-class students of Islamic Senior High School “Al-Ma’arif” Singosari Malang in speaking skill?, ٣) how is the effectiveness of using Arabic scrabble game to improve the self-confidence of the second language-class students of Islamic Senior High School “Al-Ma’arif” Singosari Malang in Arabic speaking?.

This research is experimental research with pretest-posttest design for experiment and control groups. It has qualitative-quantitative approach and uses four instruments: observation, interview, questionnaire, and test.

The research findings show that t-test value: ١٠،٤٣ higher than t-table value at ١٪ that is ٢،٦٤ and higher than t-table value at ٥٪ that is ١،٩٩, it means the hypothesis of this reseach is accepted. And the conclusion is the using Arabic scrabble is effective to improve the competence of the second language-class students of Islamic Senior High School “Al-Ma’arif” Singosari Malang in pronouncing hijaiyah letters well and in speaking skill, and effective to improve their self-confidence in speaking, and effective to improve their motivation in Arabic language learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Mohammad and Mahmud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: لعبة تكوين الكلمات العرببية; مهارة الكلام; Arabic Scrabble Game; Peningkatan Keterampilan Berbicara; Arabic scrabble; speaking skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 05 Apr 2017 10:06
Last Modified: 05 Apr 2017 10:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6198

Actions (login required)

View Item View Item