إعداد المواد التعليمية وفعاليتها في تعليم مهارة الكتابة: بالتطبيق على المدرسة لثنوية الإسلامية الحكومية الثالثة مالانج

Alfan, Muhammad (2010) إعداد المواد التعليمية وفعاليتها في تعليم مهارة الكتابة: بالتطبيق على المدرسة لثنوية الإسلامية الحكومية الثالثة مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Menulis dianggap sebagai ketrampilan berbahasa yang paling penting dan merupakan tujuan pokok pembelajaran bahasa asing. Dalam pembelajaran ketrampilan menulis Bahasa Arab di MAN 3 Malang dijumpai banyak masalah. Diantaranya: (1) Rendahnya tingkat kemampuan siswa dalam menulis berbahasa Arab (2) Kurangnya perhatian para guru Bahasa Arab terhadap ketrampilan menulis (3) Tidak adanya buku-buku teks yang memadai serta materi khusus untuk pembelajaran Bahasa Arab. Dalam rangka mencari solusi dari permasalahan ini, Penulis melakukan penelitian dengan judul " Menyusun Materi Pembelajaran untuk Mengajarkan Ketrampilan Menulis ( dengan Uji Coba di MAN 3 Malang ). Masalah utama dalam penelitian ini adalah " Sejauh manakah efektifitas materi pembelajaran yang disusun oleh peneliti untuk meningkatkan kemampuan siswa MAN 3 Malang dalam ketrampilan menulis ". Adapun Masalah utama tersebut mengerucut pada: “Sejauh manakah efektifitas materi pembelajaran yang disusun untuk meningkatkan ketrampilan menulis terbimbing (ةﺪﻴﻘﻤﻟا ﺔﺑﺎﺘﻜﻟا)”.

Hipotesis yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah "Materi pembelajaran yang telah disusun oleh peneliti, efektif untuk meningkatkan ketrampilan menulis siswa MAN 3 Malang ".

Metodologi yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh siswa MAN 3 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010. Dan sampel yang diambil adalah kelas XI IPA 5. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran ketrampilan menulis yang disusun oleh peneliti, sedangkan sebagai variabel terikat adalah kemampuan siswa dalam ketrampilan menulis berbahasa Arab. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menghimpun data adalah: (1) Dokumentasi (2) wawancara dengan Pakar di bidang penyusunan buku teks Bahasa Arab (3) angket siswa (4) angket guru dan pakar (5) Tes (Pre-test dan Pos-test).

Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pemakaian materi pembelajaran yang telah disusun oleh peneliti efektif untuk meningkatkan ketrampilan siswa kelas XI IPA 5 dalam menulis terbimbing. Hal ini dibuktikan dari nilai klasikal menulis terbimbing, yang semula 60,00 (kurang), setelah diujicobakan materi yang disusun peneliti dan setelah diadakan pos test, nilai klasikal mereka meningkat menjadi 77,21 % (baik).

ABSTRACT

Writing is considered as the most important language skills and the main objective of learning foreign language. Learning writing skills at Islamic High School (MAN) 3 Malang finds a lot problems, such as: (1) Students' ability is low in writing skills (2) less attention of Arabic teachers for writing skills (3) There are not appropriate text books and particular material that related to Arabic learning. To solve these problems, the writer researches with title "Designing Learning Materials to Teach Writing Skills (With an Experimental Trial at Islamic High School (MAN) 3 Malang.

The main problem in this research is how far the effectiveness of learning materials that designed by researcher to improve students' abilities at Islamic High School (MAN) 3 Malang in writing skills. The main problems can be specified the detail is How far the effectiveness of learning materials that designed to improve bounded composition abilities?

The research hypothesis is "Learning material that designed is effective to improve students' writing skills at Islamic High School (MAN) 3 Malang".

The methodology that used is experimental research. The research population is all students of Islamic High School (MAN) 3 Malang at academic year 20092010. And the sample is students in eleventh grade of IPA 5. Independent Variable in this research is learning material in writing skills that designed by researcher, and Dependent Variable is students' abilities in bounded composition. Research instruments that used to collect data is: (1) Documentation (2) Interview with experts in designing Arabic text books. (3) Questionare for students (4) Questionare for teacher and experts (5) Test (Pre Test and Post Test).

Based on the results of data analysis can be concluded that using designed materials of learning is effective to improve bounded composition. Because the average of post test is 77,21 % (good). This result is better than before, 60,00 % (less).

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh Nur, Syuhadak and Mujab Masyhudi, Muhammad
Keywords: إعداد المواد التعليمية; تعليم مهارة الكتابة; Menyusun Materi Pembelajaran; Pembelajaran Ketrampilan Menulis; Designing Learning Materials; Teaching Writing Skills
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 05 Apr 2017 10:06
Last Modified: 05 Apr 2017 10:06
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6196

Actions (login required)

View Item View Item