Anadziroh, Siti (2002) Telaah implementasi pembelajaran kurikulum 1994 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Tarokan Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
98110241.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum diartikan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan isi serta belajar mengajar di sekolah secara resmi. Oleh karena itu, pembenahan terhadap kurikulum pendidikan ini dilakukan secara periodik dan berkesinambungan seirama dengan kebutuhan akan isi pendidikan yang terus menerus berkembang dan meningkat.
Pembenahan dan pembaharuan kurikulum, disamping berorientasi kepada tujuan pendidikan, juga harus memperhatikan jenjang pendidikan di sekolah.
Skripsi ini berjudul "Telaah Implementasi Pembelajaran Kurikulum 1994 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tarokan Kediri’’. Dalam pembahasan skripsi ini, penulis membatasi masalah penelitian tentang pelaksanaan/ penerapan kurikulum dijenjang pendidikan menengah khususnya untuk sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA). Dan lebih khusus lagi untuk mengetahui pelaksanaan/ penerapan kurikulum pendidikan menengah yang berciri khas agama Islam, yaitu Madrasah Aliyah.
Adapun obyek penelitian adalah penerapan/pelaksanaan pembelajaran kurikulum 1994 di Madrasah Aliyah Negeri I Kediri, dan masalah utama yang dibahas dalam skripsi ini adalah :
Bagaimana pelaksanaan garis-garis besar program pengajaran (GBPP) kurikulum 1994 di MAN I Kediri.
Bagaimana strategi program pengajaran kurikulum 1994 di MAN I Kediri.
Kemudian dalam penulisan data-data tersebut, penulis menggunakan metode sebagai berikut : metode observasi, metode interview, metode dokumenter dan metode angket.
Selanjutnya dalam penganalisaan data-data tersebut, penulis menggunakan analisa yang bersifat deskriptif kwalitatif dimana setelah memperoleh data yang relevan dengan studi dapat dikumpulkan kemudian diidentifikasikan, diklasifikasikan dan yang terakhir di interpretasikan berdasarkan prosentase dengan rumusan sebagai
berikut :
P= F/N ×100%
Dari hasil analisis tersebut diatas, diperoleh kesimpulan sebagai berikut : pelaksanaan/penerapan garis-garis besar program pengajaran (GBPP) kurikulum 1994 di MAN I Kediri sudah berjalan cukup baik, dan sesuai dengan tujuan kurikulum dan setiap bidang studi. Adapun pelaksanaan/penerapan GBPP kurikulum 1994 yang sekarang ini berlaku di MAN I Kediri sudah menerapkan dan sebagian masih belum menerapkan sepenuhnya. Pada kurikulum 1994 yang sekarang berlaku strategi program pengajarannya siswa dituntut aktif dibandingkan pendidik/guru, adapun masalah pelaksanaan dari strategi program pengajarannya belum dapat dinilai berhasil, karena masih dalam proses menerapkan, dan pendidik di MAN I Kediri berusaha semaksimal mungkin untuk menerapkannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Sudiyono, Sudiyono |
Keywords: | Implementasi Pembelajaran; Kurikulum 1994; MAN 1 Tarokan |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rofi Albana |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 14:12 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 14:12 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/61956 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |