فعالية استخدام الصور الكاريكاتورية في تعليم مهارة الكتابة: بالتطبيق في المدرسة الثنوية والي سونجو لامونج الشاملية

Rahayu, Puji (2010) فعالية استخدام الصور الكاريكاتورية في تعليم مهارة الكتابة: بالتطبيق في المدرسة الثنوية والي سونجو لامونج الشاملية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07910024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Thesis ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis dan kemampuan siswa dalam karangan terarah dengan menggunakan media gambar karikatur. Penelitian ini dilaksanakan dimadrasah stanawiyah Wali Songo Lampung Utara yang merupakan salah satu sekolah modern didalam pondok bahasa yang para siswa dimadrasah stanawiyah Wali Songo Lampung Utara ini menggunakan bahasa arab dalam kesehariannya. Akan tetapi terdapat masalah dalam pembelajaran bahasa arab bagi para siswa itu sendiri khususnya pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa arab, pada dasarnya mereka mampu dalam berbicara, diskusi ataupun debat namun kurang pada tingkat menulis. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifitasan pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan media gambar karikatur dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis meliputi Imla', Pemilihan Kosakata, Kaidah/ Struktur, Keteraturan, Dan Isi Karangan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang mencakup hasil kerja siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan media gambar karikatur menggunakan ٢ kelas yaitu kelas control dan kelas eksperiment. Sample penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ٢ stanawiyah pada tahun ajaran ٢٠٠٩-٢٠١٠ di pondok pesantren Wali Songo Lampung Utara, yang berjumlah ٣٩ siswa. sementara desain penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) yang melakukan uji coba keberhasilan menulis dengan menggunakan media tersebut dengan menggunakan T-Test untuk mengetahui efektifitas media ini. Adapun metode penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, Tes, dan angket.

Hasil penelitian ini adalah : hasil Pre Tes keterampilan menulis pada kelas control adalah (%٧٩ ٥٠)siswa memperoleh nilai kurang, (%١٠ ٢٥) siswa memperoleh nilai cukup, dan (%١٠ ٢٥) siswa memperoleh nilai baik. Sedangkan pada kelas eksperiment (%٥٦ ٤٠) siswa memperoleh nilai kurang, (%٢٨ ٢٠) siswa memperoleh nilai sedang, dan (%١٥ ٤٠) siswa memperoleh nilai baik. dan hasil Post Tes pada kelas control adalah (%٢ ٥٧) siswa memperoleh nilai kurang,(%٤٦ ١٥) siswa memperoleh nilai cukup, dan (%٥١ ٢٨)siswa memperoleh nilai baik. sedangkan pada kelas eksperimen adalah(%٦٦ ٦٦) siswa memperoleh nilai baik, dan (%٣٣ ٣٤) siswa memperoleh nilai baik sekali. Kesimpulan dari hal tersebut bahwa penggunaan media gambar karikatur pada kemampuan menulis adalah Efektif yang dikuatkan dengan hasil T yang menunjukkan taraf signifikansi ٢٨ ٣٣

ABSTRACT

This thesis aims to improve writing skills and abilities of students in the essay focus by using the caricature picture media. This research was conducted at Junior Islamic High School “Wali Songo” at North Lampung is one of the modern schools in the cabin language students at Junior Islamic High School “Wali Songo” at North Lampung use Arabic in daily life. However, there is a problem in learning Arabic language for the students themselves, especially on Arabic writing skills, they are basically capable of talking, discussion or debate, but not at the level of writing. And the purpose of this study was to determine the level of effective learning writing skills using a caricature picture media in improving skills students in writing include dictation', Vocabulary Selection, rules / structure, regularity, and essay content.

This research used quantitative research that involves the work of students in learning to write by using the caricature picture media and using the two class : control class and experiments class. Sample of this research is the entire ٢nd grade students at Junior Islamic High School “Wali Songo” at North Lampung at ٢٠٠٩-٢٠١٠, which the student is ٣٩ students while the research design was quasi-experimental studies (Quasi experiments) is to test the success of writing using these media by using T-Test to determine the effectiveness of this medium. The method of collection data in this research used interviews, tests, and questionnaires.

The results of this research are: the Pre test writing skills in the control classroom was (٧٩ ٥٠٪) students get less value, (١٠:٢٥٪) students received grades fairly, and (١٠:٢٥٪) of students get good grades. While in experiments class (٥٦ ٤٠٪) students get less value, (٢٨ ٢٠٪), and (١٥:٤٠٪) of students get good grades. and post test results on the control class (٢ ٥٧٪) students get less value, (٤٦ ١٥٪) students received grades fairly, and (٥١ ٢٨٪) of students get good grades. whereas the experimental class was (٦٦ ٦٦٪) of students get good grades, and (٣٣ ٣٤٪) students get excellent value. The conclusion from this that using the caricature picture media is effective writing skills are strengthened by results showing T significance level of ٢٨ ٣٣

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Idris Jauhar, Nasaruddin and Shaikhoun Mohamed Sulaiman, Mohamed
Keywords: فعالية استخدام الصور الكاريكاتورية; مهارة الكتابة; Efektifitas Gambar Karikatur; Keterampilan Menulis; Caricature Picture; Writing Skills
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 05 Apr 2017 10:07
Last Modified: 05 Apr 2017 10:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6195

Actions (login required)

View Item View Item