Nidak, Khoiru (2010) إعداد المواد التعليمية لترقية مهارة الكلام لطلاب الجامعة الإسلامية الحكومية كاديري. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04910004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Buku yang digunakan untuk bahan pengajaran bahasa Arab mahasiswa tingkat satu ( I ) di STAIN Kediri dianggap kurang efektif, terutama untuk mendukung kemahiran berbicara dalam bahasa Arab. Sejauh pengamatan peneliti bahwa kelemahan itu tidak terbatas pada kemampuan untuk berbicara saja, tetapi juga kemampuan untuk membaca bahkan kemampuan untuk menulis. Kelemahan- kelemahan ini tidak dapat dipisahkan dari peran buku yang digunakan dalam belajar. Meskipun buku bukan satu-satunya alat untuk belajar, namun buku memiliki peran yang sangat penting dalam mensukseskan belajar siswa.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka peneliti ingin menyusun materi pelajaran bahasa Arab sebagai maeri pendukung untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa tingkat satu ( I ) STAIN Kediri.
Rumusan masalah: 1) Topik apa saja yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa tingkat I STAIN Kediri?. 2) Bagaimana desain penyusunan materi pelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa tingkat I STAIN Kediri?. 3) Sejauhmana efektifitas materi pelajaran yang telah disusun terhadap peningkatan keterampilan berbicara mahasiswa tingkat I STAIN Kediri?
Hasil penelitian ini adalah: 1) Topik yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berbicara adalah materi yang berhubungan dengan lingkungan di mana Mahasiswa berada. 2) Desain materi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa ialah dimulai dari materi yang mudah meningkat kepada yang lebih sulit, dari materi yang bersifat kusus meningkat pada hal-hal yang umum, dari materi yang kongkrit meningkat yang lebih abstrak.
3) Materi pembelajaran yang telah disusun peneliti cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa tingkat I STAIN Kediri.
Pendekatan Studi ini adalah kualitatif - kuantitatif adapun metode penelitiannya adalah research & development. Penelitian ini fokus pada penyusunan materi ajar untuk peningkatan ketrampilan berbicara bahasa Arab mahasiswa STAIN Kediri dan hanya mengukur pada aspek kelancaran berbicara, maka diharapkan para peneliti berikutnya untuk menguji efektifitas materi ajar tersebut dengan cara mengukur aspek-aspek ketrampilan berbicara yang lain seperti penguasaan kosa kata, intonasi, dan tata bahas.
ABSTRACT
Textbook was used for teaching materials in Arabic language at STAIN Kediri considered less effective, especially to support proficiency in Arabic speaking. As researcher knows that the weakness was not limited to the ability for speaking only, but also the ability to read even the ability to write. These weaknesses can not be separated from the role of the books used in learning. Although the book is not the sole means for learning but the book has a very important role in the success of student learning.
Based on the above issues, then the researcher wanted to develop lesson materials to improve student proficiency speak in STAIN Kediri. This study aims to compile a textbook for students STAIN Level I in order to improve speaking skills, with attention to aspects of knowledge required, background and level of their language skills.
Formulation of the problem: 1) What topics are suitable for developing speaking skills of students STAIN Kediri? 2) How can systematic compilation of material in order to develop the ability to talk to students STAIN Kediri? 3) How is the effectiveness of the material has been developed in order to improve the speaking skills of students STAIN Kediri?
The results of this research is : 1) the suitable material for improving speaking skills is material relating to the environment in which they lived. 2) The presentation of relevant topics will enhance the ability of students to speak in STAIN Kediri. 3) learning materials that have been developed effectively to improve student ability to speak in STAIN Kediri.
This study uses qualitative-quantitative approach and the type of research is research & development.
The aim of this research is the compilation of teaching materials to develop the ability to speak Arabic students STAIN Kediri, a review of aspects of verbal eloquence, it is expected that the other researchers to develop research on other aspects such as mastery of vocabulary, intonation, and grammar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | إعداد المواد التعليمية; مهارة الكلام; Penyusunan; Materi Ajar; Keterampilan Berbicara; Preparing; Materials Instruction; Speaking Skill | ||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | ||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2017 17:08 | ||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6188 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |