فعالية المعمل اللغوي في تدريس مهارة الكلام فى شعبة تعليم اللغة العربية كلية التربية بالجامعة الإسلامية الحكومية كاديري

Rifa’i, Ahmad (2010) فعالية المعمل اللغوي في تدريس مهارة الكلام فى شعبة تعليم اللغة العربية كلية التربية بالجامعة الإسلامية الحكومية كاديري. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04910001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (759kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini memfokuskan pada efektifitas penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran ketrampilan berbicara dalam aspek kefasihan pengucapan dan kelancaran berbicara yang secara praktis dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran berbicara di STAIN Kediri, dan secara teoretis dapat dijadikan sebagai sumber pengetahuan tentang penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran ketrampilan berbicara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua Prodi Bahasa Arab , ustadz pengajar bahasa Arab, mahasiswa , observasi proses pembelajaran dan hasil pretest dan postest . Sedangkan metode pengumpulan data adalah observasi, interview, angket, dan test. Untuk menganalisis data digunakan beberapa tahap yaitu persiapan penyajian data, dan analisis dan interpretasi data menggunakan rumus t- test..

Hasil penelitian ini adalah antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sesudah penggunaan laboratorium bahasa bagi kelas eksperimen menunjukkan hasil untuk kefasihan pengucapan adalah 0,01 sedangkan harga kritik nihil untuk menolak hipotesis nihil pada tingkat signifikansi 0,05 karena hasil tingkat signifikansi lebih rendah dari hasil t-test, maka hipotesis nihil ditolak , jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kefasihan pengucapan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Untuk kelancaran berbicara hasilnya 0,015 sedangkan harga kritik nihil untuk menolak hipotesis nihil pada tingkat signifikansi 0,05 karena hasil tingkat signifikansi lebih rendah dari hasil t-test, maka hipotesis nihil ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kelancaran berbicara mahasiswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sesudah penggunaan laboratorium bahasa.

Sehingga kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan laboratorium bahasa sangat efektif untuk mengembangkan kemampuan berbicara.

ABSTRACT

This research focuses on the Effectivity of Usage of Language Laboratorium in Speaking skill learning which practically can be used to increase the conversation at STAIN Kediri, and theoretically can be made as source of knowledge about usage of Language Laboratorium in speaking.

This research uses a qualitative and a quantitative approach.And it is kind of an experiment research. Data sources in this research are head of Arabic Field Program ( Prodi PBA), Arabic teachers; they are called ustadz, students and observation process result ; pretest and posttest.The method of collectingdata is observation, interview, questionnaires, and test. To analyze data, the researcher uses some phases; those are; preparation of presentation of data, and data interpretation and the analysis use formula of t-test.

The Result of the research is that value result of a prononciation between control class and experiment class shows 0,01 while null criticism to refuse null hypothesis at storey level of significance 0,05 the result of storey level of significance higher from result of t-test, therefore, null hypothesis is accepted. Therefore it is can be concluded that there is a difference of a prononciation between control class and experiment class by using language laboratorium.

The Result of the research is that value result of fluency between control class and experiment class shown 0,015 while null criticism to refuse null hypothesis at level of significance 0,05 . Because the results of level of significance lower from the result of t-test, therefore null hypothesis accepted. Therefore it can be concluded that there is difference of student fluency to speak Arabic between control class and experiment class.

Finally, it can be concluded from this research that using of language laboratorium is very effective to develop students ability in Arabic conversation.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholeh Nur, Syuhadak
Keywords: تدريس مهارة الكلام ;المعمل اللغوي; Laboratorium bahasa; pembelajaran ketrampilan berbicara; Language Laboratorium; Speaking skill learning
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 05 Apr 2017 10:08
Last Modified: 05 Apr 2017 10:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6184

Actions (login required)

View Item View Item