Komariah, Diah (2001) Study penanaman nilai-nilai keagamaan di Taman Kanak-Kanak Muslimat 16 Klojen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110019.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Taman Kanak-kanak merupakan lembaga pendidikan formal yang berdasarkan pada UU No 2 Tahun 89 bab V pasal 1 dan 2, pendidikan pra sekolah juga menampung anak-anak usia antara 3-6 tahun. Dan program kegiatan belajar di Taman Kanak-kanak bertujuan untuk membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai keagamaan yang di tanamkan di Taman Kanak-kanak Muslimat 16 Klojen Malang dan upaya- upaya yang dilaksanakan dalam rangka penanaman nilai-nilai keagamaan di Taman Kanak-kanak Muslimat 16 Klojen Malang. Selain itu juga untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang dan menghambat penanaman nilai-nilai keagamaan di Taman Kanak-kanak Muslimat 16 Klojen Malang.
Sedangkan dalam memperoleh data dan menganalisa data dengan cara observasi langsung ke Taman-Kanak-kanak Muslimat 16 Klojen malang, dokumentasi yang ada di Taman Kanak-kanak Muslimat 16 Klojen Malang, interview kepada kepala sekolah, guru, dan wali murid. Pengolahan data dengan menggunakan metode eksploratif kualitatif/data yang diungkapkan dengan kalimat yang tidak berhubungan dengan angka.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan di Taman Kanak-kanak Muslimat 16 Klojen Malang antara lain :
1. Nilai-nilai keagamaan yang berhubungan dengan perseorangan yaitu meliputi: Sederhana, disiplin, hemat, rajin, bersih dan ikhlas.
2. Nilai-nilai keagamaan yang berhubungan dengan akhlak dalam keluarga meliputi: Kewajiban kepada Bapak/ Ibu, kewajiban kepada Kakak/Adik.
3. Nilai-nilai keagamaan yang berhubungan dengan akhlak sosial meliputi : Beramal, keadilan, dan membantu teman yang sedang mendapat musibah.
4. Nilai-nilai keagamaan yang berhubungan dengan akhlak hamba kepada Tuhan-Nya meliputi : Beriman kepada Allah, mengerjakan sholat, dan membaca iqro'.
Dan upaya-upaya yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Muslimat 16 Klojen Malang, dalam rangka penanaman nilai-nilai keagamaan pada anak dengan menggunakan beberapa metode antara lain : Pembiasaan, keteladanan, cerita, demonstrasi, dan karyawisata.
Penanaman nilai-nilai keagamaan di Taman Kanak-kanak Muslimat 16 Klojen Malang dikategorikan baik. Hal ini terlihat dari hasil interview yang penulis lakukan kepada kepala sekolah, guru dan walimurid. Adapun faktor- faktor yang menunjang penanaman nilai-nilai keagmaan antara lain : Adanya dukungan dari orang tua, kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan masyarakat, dan adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan para dewan guru. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat penanaman nilai-nilai keagamaan di Taman Kanak-kanak Muslimat 16 Klojen Malang diantaranya : kurang adanya dukungan dari orang tua dan guru, belum adanya sarana dan prasarana yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Djazuli, Djazuli |
Keywords: | nilai-nilai keagamaan |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 14:44 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 14:44 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/61830 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |