Mudlofir, Muhammad (2024) Manajemen program Full Day School dalam pembentukan karakter peserta didik: Studi multikasus di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo dan MTS bilingual NU Pucang Sidoarjo. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16710019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan tulang pungung pembentukan karakter bangsa. Salah satu pendekatan penting dalam pendidikan karakter adalah bottomup, yang menempatkan inisiatif lebih banyak datang dari satuan pendidikan. Strategi implementasi PPK di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui kegiatan intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler, dengan tiga basis utama pendidikan karakter di sekolah yaitu berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat. Untuk mendukung implementasi pendidikan karakter pada tiga basis utama PPK secara maksimal maka solusi efektif adalah dengan implementasi program full dayschool.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana perencanaan program full dayschool dalam pembentuk karakter peserta didik. 2) Bagaimana pelaksanaan program full dayschool dalam pembentuk karakter peserta didik. 3) Bagaimana pengendalian program full day school dalam pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif dengan menggunakan rancangan Studi Multiskasus. Kemudian teknik pengumpulan datanya diperoleh dari Wawancara, dokumentasi, dan observasi penulis secara mendalam.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan dengan implementasi program full dayschool penguatan pendidikan karakter melelui kegiatan intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler pada tiga basis utama PPK lebih maksimal. Perencanaan dalam sekolah full day tetuang dalam dokumen RKS/M melalui musyawarah pimpinan dan staff.sebagai acuan dalam pelaksanaan. program-program yang telah ditetapkan untuk membentuk karakter peserta didik. Pelaksanaan penguatan karakter dengan program fullday memiliki kesempatan luas dengan beragam kegiatan dengan berbasis kelas dalam bentuk tematic dan non- tematik yang tertuang dalam RPP, pengelolaan kelas yang baik, dan memaksimalkan muatan lokal ciri kekhasan sekolah. Berbasis budaya sekolah dengan keteladanan pendidik, aturan yang mengikat dan memaksimalkan waktu ekstrakulikuler dan kokkulikuler. Berbasis masayarakat dengan kerjasama dalam kontribusi dan partisipasi orang tua, komite dan organisasi keagamaan. Pengendalian dilakukan melalui pengawasan funsional oleh internal sekolah secara terjadwal dan sidak oleh eksternal. dan evaluasi pembelajaran melalui UH, PTS dan PAS/PAT.
ABSTRACT
Education is the backbone of the formation of national character. One important approach in character education is bottom up, which places more initiative coming from the education unit. The strategy of implementing PPK in education units can be carried out through intraculicular, ko-culicular and extracurricular activities, with three main bases of character education in schools namely class-based, school-based culture, and community-based. To optimally support the implementation of character education on the three main PPK bases, an effective solution is to implement a full day school program.
The purpose of this study is 1) to find out how to plan a full day school program in forming students' character. 2) How is the implementation of the full day school program in forming students' character. 3) How to control full day school programs in shaping the character of students. This research uses a qualitative approach, the type of research is descriptive by using a Multiscasus Study design. Then the data collection techniques obtained from interviews, documentation, and in-depth observation of the author.
The results of this study reveal that with the implementation of the full day school program the strengthening of character education through intraculicular, cocculicular and extracurricular activities on the three main bases of PPK is more maximal. Planning in a full day school is contained in the RKS / M document through leadership and staff deliberations as a reference in implementation. programs that have been determined to shape the character of students. The implementation of character strengthening with a full day program has wide opportunities with a variety of class-based activities in the form of thematic and non-thematic as outlined in the lesson plan, good classroom management, and maximizing the local content of the school's specific characteristics. Based on school culture with teacher educators, rules that bind and maximize extracurricular and ko-curricular time. Community based with cooperation in the contribution and participation of parents, religious committees and organizations. Control is done through functional supervision by the school's internal schedule and external inspection. and evaluation of learning through UH, PTS and PAS / PAT.
مستخلص البحث
اﻟﺘﻌﻠﯿﻢ ھﻮ اﻟﻌﻤﻮد اﻟﻔﻘﺮي ﻟﺘﻜﻮﯾﻦ اﻟﺸﺨﺼﯿﺔ اﻟﻮطﻨﯿﺔ. أﺣﺪ اﻷﺳﺎﻟﯿﺐ اﻟﮭﺎﻣﺔ ﻓﻲ ﺗﻌﻠﯿﻢ اﻟﺸﺨﺼﯿﺔ ھﻮ ﻣﻦ اﻷﺳﻔﻞ إﻟﻰ اﻷﻋﻠﻰ ، ﻣﻤﺎ ﯾﻀﻊ اﻟﻤﺰﯾﺪ ﻣﻦ اﻟﻤﺒﺎدرات اﻟﻘﺎدﻣﺔ ﻣﻦ وﺣﺪة اﻟﺘﻌﻠﯿﻢ. ﯾﻤﻜﻦ ﺗﻨﻔﯿﺬ اﺳﺘﺮاﺗﯿﺠﯿﺔ ﺗﻨﻔﯿﺬ PPK ﻓﻲ اﻟﻮﺣﺪات اﻟﺘﻌﻠﯿﻤﯿﺔ ﻣﻦ ﺧﻼل اﻷﻧﺸﻄﺔ داﺧﻞ اﻟﻤﻨﺎھﺞ اﻟﺪراﺳﯿﺔ ، و kokulikuler و اﻟﻼﻣﻨﮭﺠﯿﺔ ، ﻣﻊ ﺛﻼث ﻗﻮاﻋﺪ رﺋﯿﺴﯿﺔ ﻟﺘﻌﻠﯿﻢ اﻟﺸﺨﺼﯿﺔ ﻓﻲ اﻟﻤﺪارس وھﻲ اﻟﺼﻔﻮف واﻟﺜﻘﺎﻓﺔ اﻟﻘﺎﺋﻤﺔ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺪرﺳﺔ واﻟﻤﺠﺘﻤﻊ اﻟﻤﺤﻠﻲ. ﻟﺪﻋﻢ ﺗﻨﻔﯿﺬ ﺗﻌﻠﯿﻢ اﻟﺸﺨﺼﯿﺔ ﻋﻠﻰاﻟﻨﺤﻮ اﻷﻣﺜﻞ ﻋﻠﻰ ﺛﻼث ﻗﻮاﻋﺪ PPK اﻟﺮﺋﯿﺴﯿﺔ ، اﻟﺤﻞ اﻟﻔﻌﺎل ھﻮ ﺗﻨﻔﯿﺬ ﺑﺮﻧﺎﻣﺞ اﻟﻤﺪرﺳﺔ ﻟﯿﻮم ﻛﺎﻣﻞ.
اﻟﻐﺮض ﻣﻦ ھﺬه اﻟﺪراﺳﺔ ھﻮ (1 ﻟﻤﻌﺮﻓﺔ ﻛﯿﻔﯿﺔ اﻟﺘﺨﻄﯿﻂ ﻟﺒﺮﻧﺎﻣﺞ اﻟﻤﺪرﺳﺔ ﻟﯿﻮم ﻛﺎﻣﻞ ﻓﻲ ﺗﺸﻜﯿﻞ ﺷﺨﺼﯿﺔ اﻟﻄﻼب. (2 ﻛﯿﻒ ﯾﺘﻢ ﺗﻨﻔﯿﺬ ﺑﺮﻧﺎﻣﺞ اﻟﻤﺪرﺳﺔ ﻟﯿﻮم ﻛﺎﻣﻞ ﻓﻲ ﺗﺸﻜﯿﻞ ﺷﺨﺼﯿﺔ اﻟﻄﻼب. (3 ﻛﯿﻔﯿﺔ اﻟﺘﺤﻜﻢ ﻓﻲ ﺑﺮاﻣﺞ اﻟﻤﺪرﺳﺔ ﻟﯿﻮم ﻛﺎﻣﻞ ﻓﻲ ﺗﺸﻜﯿﻞ ﺷﺨﺼﯿﺔ اﻟﻄﻼب. ﯾﺴﺘﺨﺪم ھﺬا اﻟﺒﺤﺚ ﻧﮭﺠًﺎ ﻧﻮﻋﯿًﺎ ، وﻧﻮع اﻟﺒﺤﺚ وﺻﻔﻲ ﺑﺎﺳﺘﺨﺪام ﺗﺼﻤﯿﻢ دراﺳﺔ ﻣﺘﻌﺪد اﻟﺘﺨﺼﺼﺎت. ﺛﻢ ﺗﻢ اﻟﺤﺼﻮل ﻋﻠﻰ ﺗﻘﻨﯿﺎت ﺟﻤﻊ اﻟﺒﯿﺎﻧﺎت ﻣﻦ اﻟﻤﻘﺎﺑﻼت واﻟﺘﻮﺛﯿﻖ واﻟﻤﻼﺣﻈﺔ اﻟﻤﺘﻌﻤﻘﺔ ﻟﻠﻤﺆﻟﻒ
ﺗﻜﺸﻒ ﻧﺘﺎﺋﺞ ھﺬه اﻟﺪراﺳﺔ أﻧﮫ ﻣﻊ ﺗﻨﻔﯿﺬ ﺑﺮﻧﺎﻣﺞ اﻟﻤﺪرﺳﺔ ﻟﯿﻮم ﻛﺎﻣﻞ ، ﻓﺈن ﺗﻌﺰﯾﺰ ﺗﻌﻠﯿﻢ اﻟﺸﺨﺼﯿﺔ ﻣﻦ ﺧﻼل اﻷﻧﺸﻄﺔ داﺧﻞ اﻟﻤﻨﺎھﺞ اﻟﺪراﺳﯿﺔ ، kokulikuler واﻷﻧﺸﻄﺔ اﻟﻼﻣﻨﮭﺠﯿﺔ ﻋﻠﻰ اﻷﺳﺲ اﻟﺮﺋﯿﺴﯿﺔ اﻟﺜﻼث ﻟـ PPK ھﻮ أﻗﺼﻰ ﺣﺪ. ﯾﺘﻢ ﺗﻀﻤﯿﻦ اﻟﺘﺨﻄﯿﻂ ﻓﻲ ﻣﺪرﺳﺔ ﻟﯿﻮم ﻛﺎﻣﻞ ﻓﻲ وﺛﯿﻘﺔ M / RKS ﻣﻦ ﺧﻼل ﻣﻨﺎﻗﺸﺎت اﻟﻘﯿﺎدة واﻟﻤﻮظﻔﯿﻦ ﻛﻤﺮﺟﻊ ﻓﻲ اﻟﺘﻨﻔﯿﺬ. اﻟﺒﺮاﻣﺞ اﻟﺘﻲ ﺗﻢ ﺗﺤﺪﯾﺪھﺎ ﻟﺘﺸﻜﯿﻞ ﺷﺨﺼﯿﺔ اﻟﻄﻼب. ﯾﺘﻤﺘﻊ ﺗﻨﻔﯿﺬ ﺗﻌﺰﯾﺰ اﻟﺸﺨﺼﯿﺔ ﻣﻦ ﺧﻼل ﺑﺮﻧﺎﻣﺞ اﻟﯿﻮم اﻟﻜﺎﻣﻞ ﺑﻔﺮص واﺳﻌﺔ ﻣﻊ ﻣﺠﻤﻮﻋﺔ ﻣﺘﻨﻮﻋﺔ ﻣﻦ اﻷﻧﺸﻄﺔ اﻟﻘﺎﺋﻤﺔ ﻋﻠﻰ اﻟﻔﺼﻞ ﻓﻲ ﺷﻜﻞ ﻣﻮاﺿﯿﻌﻲ وﻏﯿﺮ ﻣﻮاﺿﯿﻌﻲ ﻛﻤﺎ ھﻮ ﻣﻮﺿﺢ ﻓﻲ ﺧﻄﺔ اﻟﺪرس ، واﻹدارة اﻟﺠﯿﺪة ﻟﻠﻔﺼﻮل اﻟﺪراﺳﯿﺔ ، وﺗﻌﻈﯿﻢ اﻟﻤﺤﺘﻮى اﻟﻤﺤﻠﻲ ﻟﻠﺨﺼﺎﺋﺺ اﻟﻤﺤﺪدة ﻟﻠﻤﺪرﺳﺔ. اﺳﺘﻨﺎدًا إﻟﻰ اﻟﺜﻘﺎﻓﺔ اﻟﻤﺪرﺳﯿﺔ ﻣﻊ اﻟﻤﻌﻠﻤﯿﻦ اﻟﻤﻌﻠﻤﯿﻦ ، اﻟﻘﻮاﻋﺪ اﻟﺘﻲ ﺗﺮﺑﻂ وﺗﻌﺰز اﻟﻮﻗﺖ اﻟﻼﻣﻨﮭﺠﻲ واﻟﻤﺸﺎرك. ﻣﺠﺘﻤﻊ ﻗﺎﺋﻢ ﻋﻠﻰ اﻟﺘﻌﺎون ﻓﻲ ﻣﺴﺎھﻤﺔ وﻣﺸﺎرﻛﺔ اﻵﺑﺎء واﻟﻠﺠﺎن واﻟﻤﻨﻈﻤﺎت اﻟﺪﯾﻨﯿﺔ. ﯾﺘﻢ اﻟﺘﺤﻜﻢ ﻣﻦ ﺧﻼل اﻹﺷﺮاف اﻟﻮظﯿﻔﻲ ﻣﻦ ﺧﻼل اﻟﺠﺪول اﻟﺪاﺧﻠﻲ
ﻟﻠﻤﺪرﺳﺔ واﻟﺘﻔﺘﯿﺶ اﻟﺨﺎرﺟﻲ. وﺗﻘﯿﯿﻢ اﻟﺘﻌﻠﻢ ﻣﻦ ﺧﻼل UH و PTS و PAT / .PAS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad and Supriyatno, Triyo |
Keywords: | Manajemen; Full day school; Pembentukan arakter Implementation; Full day school; Character building; ;اﻟﺘﻨﻔﯿﺬ ; ﻣﺪرﺳﺔ ﯾﻮم ﻛﺎﻣﻞ ; ﺑﻨﺎء اﻟﺸﺨﺼﯿﺔ |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Mudlofir |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 13:47 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 13:47 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/61822 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |