Chasanah, Tuktiyanil (2001) Metode pembelajaran al-Qur’an dalam meningkatkan jiwa keagamaan anak: Studi kasus pengajian anak di Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Baitul Abidin Kemudi Duduk Sampean Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
97110017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Agama Islam memerintahkan kepada umatnya untuk mempelajari serta mengajar kitab suci Al-Qur'an. Karena Al-Qur’an sumber dari segala sumber ajaran Islam yang mencakup segala aspek kehidupan umat manusia.
Selain mempelajari Al-Qur’an yang tak kalah pentingnya adalah mengajarkannya. Tugas mulia ini seharusnya menjadi tanggung jawab setiap muslim.
Setelah satu problem cukup mendasar adalah kondisi objektif umat Islam dewasa ini, buta aksara Al-Qur'an berarti menunjukkan indikasi presentasi yang meningkat. Hal ini apabila tidak segera diatasi maka pada gilirannya umat Islam akan mengalami kemunduran di berbagai bidang.
Dari kenyataan yang ada di kalangan masyarakat Muslim seperti tersebut di atas, maka para ahli pengajaran Al-Qur’an yang mudah, menarik dan cepat. Sebagai langkah awal yang efektif dalam pembelajaran Al-Qur’an seperti halnya kegiatan belajar mengajar itu, kesalahan dalam memilih metode dapat mengakibatkan tujuan yang harapannya tidak di capai.
Berangkat dari latar belakang masalah di atas, maka dalam skripsi ini penulis membahas tentang pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan jiwa keagamaan anak di Taman Pendidikan Al-Qur’an Baitul Abidin Gresik. Usaha yang dilakukan oleh para pembina (guru) di Taman Pendidikan Al-Qur'an Baitul Abidin dalam meningkatkan jiwa keagamaan anak. Apakah ada pengaruh antara pembelajaran Al-Qur’an dengan perkembangan kejiwaan anak.
Dari rumusan masalah tersebut bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan jiwa keagamaan anak, untuk mengetahui apa saja usaha yang dilakukan oleh para pembina (guru) Taman Pendidikan Al-Qur'an Baitul Abidin dalam meningkatkan jiwa keagamaan anak, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antara pembelajaran di perkembangan kejiwaan agama anak. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah orang tua santri yang mencapai jilid 6 dan Ustadz Ustadzah Taman Pendidikan Al-Qur'an Baitul Abidin Gresik dengan mengunakan teknik sampel total.
Sedangkan kegunaan penelitian yaitu untuk menerapkan metode yang tepat, sesuai dengan kondisi serta psikologi anak dalam pembelajaran Al-Qur’an, memberikan gambaran tentang kesiapan pembina (guru) dalam mencapai target, ingin menunjukkan kepada masyarakat sekitar bahwa pendidikan agama di luar sekolah penting dalam pembentukan kepribadian anak.
Data-data tersebut diperoleh mengunakan metode observasi interview, angket dan dokumenter. Analisa hasil penelitian yang di pakai adalah teknik analisis diskriptif yang di tunjang dengan pemakaian prosentase.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa mengunakan metode Iqro’ dan Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPA Baitul Abidin, dapat meningkatkan jiwa keagamaan anak, ini dapat diketahui dan data angket yang penulis sebarkan, dan menunjukkan 87,5 % anak melakukan aktivitas keagamaan setelah mereka mendapatkan pendidikan yang bernilai keagamaan di TPA Baitul Abidin. Dan dari data PM (prodaet moment) adanya pengaruhantara pembelajaran Al-Qur’an terhadap perkembangan jiwa keagamananak, menunjukkan 0.343 dan ini masuk pada kategori rendah. Jadi dapat disimpulkan kurang berpengaruh. Antara pembelajaran Al-Qur'an terhadap perkembangan jiwa keagaman anak. Di TPA Baitul Abidin Kemudi Duduk Sampeyan Gresik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Satral, Satral |
Keywords: | pembelajaran al-qur'an; jiwa keagamaan |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 14:44 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 14:44 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/61817 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |