Zulhelmi, Zulhelmi (2009) فعالية استخدام البطاقة التعليمية في تدريس مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة العالية الإسلامية الحكومية بيرون-ننجرو أتشيه دار الشلام. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09730057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam penggunaan media pengajaran sangat tergantung kepada seni mengajar guru dan rendahnya kompetensi membaca Bahasa Arab siswa. Oleh karena itu, maka peneliti melakukan penelitian ini untuk membahas tentang media pengajaran tersebut. Peneliti mencoba menerapkan penggunaan kartu pengajaran ini dalam pengajaran membaca bagi pembelajar Bahasa Arab. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara ilmiyah tentang tingkat efektifitas penggunaan kartu pengajaran dalam pembelajaran membaca siswa-siswi untuk memahami arti kata, susunan kalimat, opini dan ide utama dalam materi bacaan Bahasa Arab.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Rendahnya kompetensi membaca Bahasa Arab siswa-siswi pada MA Negeri Bireuen Nanggroe Aceh Darussalam. Untuk meneliti masalah tersebut penulis mengajukan dua pertanyaan, yaitu : Berapa besarkah efektifitas penggunaan kartu pengajaran dalam pembelajaran membaca yang meliputi pemahaman arti kata, susunan kalimat, makna kalimat, serta menemukan ide pokok dalam wacana baca Bahasa Arab? Apakah ada perbedaan komptetensi membaca antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah adanya perlakuan?
Metodelogi penelitian ini menggunakan desain eksperimen. Peneliti menetukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol secara acak untuk dijadikan sample. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II-A MA Negeri Bireuen Nanggroe Aceh Darussalam Tahun Pelajaran 2008/2009. Sedangkan Alat dan media yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: (1) Pre test dan Post Tes (2) Observasi dan (3) Angket. Peneliti melakukan beberapa analisa data yaitu: (1) Analisa tingkat validitas test (2) Analisa tingkat realibilitas test (3) Analisa tingkat kesulitan test (4) Analisa nilai beda antara kelompok eksperimen dan kelompok control sebelum dan sesudah perlakuan, dan (5) Analisa nilai banding antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan. Adapun hipotesis penelitian ini adalah : Penggunaan kartu pengajaran dapat meningkatkan kompetensi membaca siswa-siswi MA Negeri Bireuen Nanggroe Aceh Darussalam. Adanya perbedaan kompetensi membaca siswa-siswi setelah adanya perlakuan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Hasil hitung tingkat validitas test adalah +1,00, artinya test sangat baik. (2) Hasil hitung tingkat realibilitas test adalah 0,61, artinya realibilitas test tinggi (3) Hasil hitung tingkat kesulitan test adalah 0,71%, artinya tingkat kesulitan test sedang. (4) Hasil hitung dengan rumus t-test nilai pre-test dan post-test kelompok eksperimen adalah -4,63 lebih besar dari angka yang tertera pada Tabel Nilai ”t” pada taraf signifikansi 5% (2,10) dan 1% (2,88), artinya ada peningkatan pemahaman materi bacaan yang signifikan setelah diterapkan pengajaran dengan mengunakan kartu entri. Sedangkan nilai pre-test dan post-test kelompok kontrol setelah dihitung dengan t-test menunjukkan angka -2,25 sedikit lebih besar dari angka yang tertera pada Tabel Nilai ”t” pada taraf signifikansi 5% (2,10) dan lebih kecil dari angka pada taraf signifikasi 1% (2,88). Ini berarti pula bahwa tingkat pemahaman siswa- siswi terhadap materi bacaan meningkat meskipun kurang signifikan setelah diterapkan metode tradisional. (5) Adapun hasil hitung nilai banding dengan rumus t-test, taraf signifkansinya menunjukkan angka 2,09, angka ini lebih besar dari angka pada taraf signifikansi 5% (2,03) dan lebih kecil dari angka pada taraf signifikansi 1% (2,72) setelah dikonsultasikan dengan Tabel Nilai ”t-test, maka ini berarti bahwa tingkat pemahaman siswa-siswi meningkat setelah diberikan
perlakuan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih luas lagi tentang penggunaan media kartu pengajaran dalam pembelajaran Bahasa Arab pada semua jenjang pendidikan baik jenjang pendidikan dasar, menengah maupun tinggi. Hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa penggunaan kartu entri telah mempu meningkatkan kompetensi membaca siswa. Kartu entry ini dapat juga diterapkan untuk mengembangkan kompetensi-kompetensi bahasa lainnya, seperti komptensi menulis, dan berbicara.
ABSTRACT
The problem in teaching media apply to teach reading for Arabic Language is up to teacher's art in teaching and lowly competence skill reading Arabic Language of students. Therefore, hence researcher does this research to study about the media teaching. Researcher tries to apply the teaching card usage in reading teaching for Arabic students. The purpose to know theoretically scientific about teaching card usage method and effectiveness in teaching Arabic Language to develop competence skill reading of students to understand words meaning, sentence structure, opinion and mean idea at the Arabic material reading.
Research problems are: Lowly competence skill reading Arabic Language of students at State Islamic Senior High School Bireuen Nanggroe Aceh Darussalam. Researcher gives two questions to answer the problem above: How far as level of effectiveness apply in usage teaching card to improve the competence skill reading of Arabic Language for students? and are there differences value between experiment group and control group after treatment?
This research applies experiment design. Collects members of experiment group and control group to get the sample with random sampling. The sample is students of II-A class of The State Islamic Senior High School of Bireuen Nanggroe Aceh Darussalam school year 2008/2009. Tools and media apply to collect data are (1) Pre test and post test (2) Observation (3) Questionnaires. The researcher analyze the data apply some stages, thus are: (1) Analysis level of validity test (2) Analysis level of reliability test (3) Analysis level of test difficulty (4) Analysis of different value between experiment group and control group before and after treatment and (5) Analysis of value compare between experiment group and control group after treatment. The hypothesis in this research is : Using teaching card can develop competence skill reading of students. And there is difference value between experiment group and control group after treatment.
The result in this research can be concluded as follows: (1) Result of calculate of level validity test is +1,00, it mean the test is good. (2) Result of calculate of level validity test is 0,61, it mean test reliability is high (3) Result of calculate of test difficulty is 0,71%, it mean difficulty level test is medium (4) Result of calculate with formula t-test, group of experiment pre-test and post-test score is -4,630, higher than numeral listed in the Table of Score “t” at significant level 5% (2,10) and 1% (2,88), it mean that increasing significant material understanding after apply teaching with entry card. Whereas, control group’s pre- test and post-test score after calculate by t-test show -2,25 higher than numeral in the table score “t” at significant level 5% (2,10) and 1% (2,88). It means that students understanding to material increase although it lowers significant after teaching use traditional method. (5) Result of calculate compare with t-test formula, significant level show 2,09, this score higher than at significant level 5% (2,03) and lower than at significant level 1% (2,27), after compare with Table Score “t-test”, so, it mean that students understanding develop after treatment.
Based on the research result above, it is suggested for the next researcher to study broader about the using of the teaching card media in Arabic language teaching for all education stages, either basic education stage, middle or high. This research result had showed that using of entry card actually enables to improve reading skill competence. It can be applied to improve the four linguistic competences, as such as writing and speaking competences.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahmudi, Nurul Murtadho and Sulaeman, Mohamed Syaikhoun Mohamed | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | البطاقة التعليمية; تدريس مهارة القراءة; Kartu Entri; Pengajaran Kecakapan Membaca; Entry Card; Teaching Skill Reading | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 03 Apr 2017 18:48 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jan 2018 14:06 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6175 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |