Kalsum, Umi (1995) Pengaruh motivasi guru terhadap aktifitas belajar anak didik di Madrasah Tsanawiyah Mujtahidin Purworejo Kepung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
87216117.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Masalah motivasi belajar perlu dibahas, mengingat bah- wa motivasi merupakan salah satu alat untuk meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar anak didik. Dalam hal Ini guru bertindak sebagai motivator, yaitu sebagai orang yang memberi motivasi kepada anak didik agar lebih giat belajar. Dalam kaitannya dengan masalah di atas, maka dalam skripsi ini penulis berusaha mengkaji tentang bagaimana pe- ngaruh motivasi guru terhadap aktifitas belajar anak didik. Adapun tujuan penulis mengkaji masalah ini adalah :
1, Untuk mengetahui usaha-usaha guru dalam memotivasi be- lajar anak didik di Madrasah Tsanawiyah Mujtahidin Purworejo Kepung Kediri. ٣
2, Untuk mengetahui pengaruh motivasi guru terhadap akti- fitas belajar anak didik di Madrasah Tsanawiyah Mujta- hidin Purworejo Kepung Kediri, -
Pendekatan untuk mengkaji masalah tersebut, mengguna- kan pendekatan teoritis dan empiris. Pendekatan teoritis diuraikan dengan metode induktif, deduktif dan komparatif, sedangkan pendekatan secara empiris yaitu dengan mengetahui langsung obyek penelitian.
Metode pengumpulan data, dilakukan dengan metode ang- ket, observasi, dokumenter dan interview. Sedangkan anali- sa datanya menggunakan teknik analisis kualitatif dan ana- sis kuantitatif, dengan menggunakan rumus Chi kuadrat :
٧٦٢ لفييهوري=:٦ dan rumus koefisien kontigensi (KK), = يت/١ ٦2 + N
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa, usaha- usaha guru dalam memotivasi belajar anak didik ternilai cu- kup baik, usaha-usaha tersebut yaitu dengan mengenali anak didik, memperbaiki hubungan dengan anak didik, mengajar de- ٠ ngan jelas dan menarik dan memberi bimbingan belajar kepada anak didik.
Bentuk-bentuk motivasi guru yang digunakan diantaranya adalah : memberi tugas, memberi nilai, memberi hadiah, mem- beri ulangan, memberi perhatian, mendorong untuk bersaing, memberi teguran dan memberi hukuman. Sedangkan aktifitas anak didiknya yaitu : mengerjakan tugas, memperhatikan te- guran / nasihat guru, minat belajar, meningkatkan prestasi belajar dan menyadari kesalahan.
Adapun pengaruh motivasi guru terhadap anak didik yang tergolong cukup kuat adalah pemberian nilai. Pemberian tu- gas, pemberian dorongan untuk bersaing, perhatian guru, ulangan dan hukuman mempunyai pengaruh yang rendah. Tegur- an guru mempunyai pengaruh agak rendah. Sedang pemberian hadiah tidak ada pengaruhnya terhadap peningkatan aktifitas.
Dari bermacam-macam motivasi yang diberikan oleh guru ternyata tidak semuanya mempunyai pengaruh, untuk itu se- orang guru sebagai motivator harus bisa memilih cara moti- vasi mana yang paling baik, sehingga motivasi yang diberi- kan bisa efektif dan efisien. Disamping itu seorang guru tidak harus hanya memberi motivasi saja, tetapi yang pen- ting juga harus bisa membangkitkan atau menimbulkan motiva- si yang sudah ada dalam diri anak didiknya (motivasi ■، instrinsik), sehingga anak didik benar-benar mempunyai mo- tivasi yang besar untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Santoso, Racmat Iman |
Keywords: | Pengaruh motivasi; belajar; Madrasah Tsanawiyah Mujtahidin Purworejo Kepung |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 14:28 |
Last Modified: | 07 Feb 2024 14:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/61710 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |