تكوين المجموعة اللغوية لتنمية مهارة الكلام في مدرسة مفتاح الهدى الثنوية نجريجا كاندات كديري

Ali, Syaiful (2009) تكوين المجموعة اللغوية لتنمية مهارة الكلام في مدرسة مفتاح الهدى الثنوية نجريجا كاندات كديري. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930053.PDF - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sebagaimana tertulis dalam dokumen kurikulum pembelajaran bahasa Arab terdiri dari beberapa tujuan untuk mewujudkan siswa menguasai empat kompetensi: kompetensi mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Namun kenyataannya tujuan itu belum terwujudkan, hal ini dikarenakan guru yang hanya berfokus pada kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode kaidah dan tarjamah saja, sehingga kemampuan bahasa siswa yang lain termasuk kemampuan berbicara menjadi rendah, sebagaimana peneliti lihat di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri. Penelitian ini, fokus pada penciptaan "kelompok bahasa" sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Arab.

Rumusan masalah : 1. Bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di MA. Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri yang berpengaruh pada lemahnya siswa dalam kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Arab?, 2. Bagaimana kesuksesan penciptaan " kelompok bahasa" untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa Arab?, 3. sejauhmana efektifitas " kelompok bahasa" untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab?.

Hipotesa : 1. Proses pembelajaran bahasa Arab di MA. Miftahul Huda berpengaruh pada lemahnya siswa berbicara, 2. penciptaan " Kelompok Bahasa" meningkatkan kemampuan berbicara akan berhasil, dan 3. "Kelompok Bahasa" sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara.

Metode Penelitian ini adalah R&D (Research and Development) yang terdiri dari; 1. analisa awal, 2. pengumpulan data, 3. penciptaan ''Kelompok Bahasa", 4. Pengujian kelayakan produk kepada pakar ( expert judment), 5. proses perbaikan, 6. Pengujian lapangan ( eksperimen ), 7. analisa efektifitas produk.

Hasil penelitian : 1. Proses pembelajaran bahasa Arab di MA. Miftahul Huda dengan memakai metode Kaidah dan terjemah melemahkan kemampuan berbicara siswa. 2. Proses penciptaan "kelompok bahasa" untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa – secara konsep dan penerapan - telah berhasil. 3. " Kelompok Bahasa" sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa setelah eksperimen.

Penelitian ini merupakan penelitian awal bagi penelitian berikutnya. Untuk mengetahui efektifitas kelompok bahasa bagi peningkatan kemampuan berbicara, dalam penelitian ini, peneliti hanya mengukur tingkat kelancaran siswa dalam berbicara saja, dan belum mengukur standar-standar kemampuan

berbicara yang lain, yaitu; mufradat, shihatun nahwi, tanghim, naber, dan wudhuh. Maka, standar-standar yang belum peneliti ukur tersebut dapat di ukur oleh peneliti berikutnya untuk mengetahui efektifitas kelompok bahasa dalam meningkatkan kemampuan berbicara.

ABSTRACT

There are goals of Arabic language teaching in the curriculum. It compose of listening skill, speaking skill, reading skill and writing skill. But, all of these goals were not found in teaching process, it was caused by big parth of teachers is just focus to to improve reading skill by use of grammar and translation method, until another language skill – including is speaking skill – be low, in the same manner as reseacher found in Madrasah Aliyah Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri. This research is focus to creating of language group among students, it's one of teaching strategy to improve of speaking skill in Arabic language.

The Question : 1) how is teaching process of Arabic language in MA. Miftahul huda Ngreco Kandat Kediri it's cause the low of speaking skill of students in Arabic language, 2) how is creating of language group will be success to improve speaking skill, 3) how far the effectifity of language group to improve speaking skill.

The hypotesis : 1. Teaching process of arabic language in MA. Miftahul huda Ngreco Kandat Kediri by use grammar and translation method it's cause the low of speaking skill, 2. The creation of language group to improve speaking skill is success, 3. The language group is very effectif to improve speaking skill.

Reseach method in this research is ( R&D) Research and Development, it compose of : 1. first analysis,2. collection of data, 3. creation of Language group, 4. expert judment, 5. the revision, 6. experiment proses, 7. analysis of effectifity of language group to increase speaking competency.

The result : 1. the teaching process of Arabic language was cause to low of speaking skill, 2. The process of creating of language group to improve of speaking skill – conception and applied - was succes.3. the language group is more effectif to improve of speaking skill.

This research is first to research a gain. To know effectifity of language group, in here, the researcher measures level of speaking fluency of students only, and he is not yet measure another standard of speaking skill, it's vocabulary, correct of grammar, intonation, pressure and clearity. All of these standars had been able to measured by researcher a gain to know effectifity of language group.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholih, Syuhadak and Mahmoud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: المجموعة اللغوية; مهارة الكلام; Kelompok Bahasa; Kemampuan Berbicara; Language group; speaking skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 03 Apr 2017 11:50
Last Modified: 03 Apr 2017 11:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6164

Actions (login required)

View Item View Item