Pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan visual-spasial terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang kelas V di Sekolah Dasar Tamansiswa Turen

Roikha, Mar’atur (2017) Pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kecerdasan visual-spasial terhadap prestasi belajar matematika materi bangun ruang kelas V di Sekolah Dasar Tamansiswa Turen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
12140139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA:

Kecerdasan matematis logis merupakan kemampuan seseorang dalam menghitung, mengukur, dan menyelesaikan hal-hal yang bersifat matematis. Berbagai komponen terlibat dalam kemampuan ini, misalnya berpikir logis, pemecahan masalah, ketajaman dalan melihat pola maupun hubungan dari satu masalah, pengenalan konsep-konsep yang bersifat kuantitas, waktu dan hubungan sebab akibat.

Kecerdasan Visual Spasial, yakni berpikir menggunakan gambar termasuk gambaran mental, peta, grafik dan diagram, menggunakan gerakan untuk membantu pembelajaran.

Prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk symbol angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak didik dalam periode tertentu. Prestasi belajar harus memiliki tiga aspek, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan adanya pengaruh yang signifikan antara kecerdasan matematis-logis terhadapprestasi belajar matematika dan kecerdasan visual-spasial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V di SDS Tamansiswa Turen.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian regresi berganda. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil populasi sebanyak 145 siswa dengan prestasi belajar yang digunakan berupa angket. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan matematis-logis terhadap prestasi belajar sedangkan kecerdasan visual-spasial tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SDS Tamansiswa Turen. Jadi, semakin baik kecerdasan matematis-logis yang dimiliki oleh siswa maka sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa sedangkan kecerdasan visual-spasial tidak berpengaruh terhadap pretasi belajar siswa.

ENGLISH:

Logical mathematical intelligence is a person's ability to count, measure, and finish things mathematical. Various components involved in this ability, such as logical thinking, problem solving, sharpness dalan see patterns or relationships of the problem, the introduction of the concepts that are quantity, time and causality.

Visual Spatial Intelligence, which is thought to use images including mental imagery, maps, graphs and charts, using movement to help learning.

The learning achievement is the assessment of the results of operations and learning activities are expressed in the form of symbol numbers, letters or words that can reflect the results already achieved by each of the students in a particular period. The learning achievement must have three aspects, namely cognitive, affective and psychomotor.

The purpose of this study was to describe the significant influence of logical-mathematical intelligence terhadapprestasi studied mathematics and visual-spatial intelligence to mathematics achievement of students in class V in SDS Tamansiswa Turen.

To achieve the above purpose, use quantitative research approaches to study the type of regression. In this study, researchers took population of 145 students and academic achievement are used in the form of a questionnaire. Data were analyzed using multiple linear regression.

The results showed that: There is a significant relationship between logical-mathematical intelligence to the student achievement while visual-spatial intelligence has no effect on student achievement in grade V in SDS Tamansiswa Turen. So, the better the logical-mathematical intelligence possessed by the students will greatly affect the mathematics achievement of students while visual-spatial intelligence does not affect the interpretation of student learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abdussakir, Abdussakir
Keywords: Kecerdasan Matematis-Logis; Kecerdasan Visual-Spasial; Prestasi Belajar; Logical-Mathematical Intelligence; Visual-Spatial Intelligence; Learning Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 03 Apr 2017 11:44
Last Modified: 03 Apr 2017 11:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6161

Actions (login required)

View Item View Item