Pengaruh kecerdasan matematis-logis terhadap prestasi belajar matematika materi luas bangun datar kelas V di SD Muhammadiyah 09 Malang

Ananingsih, Sunantina (2017) Pengaruh kecerdasan matematis-logis terhadap prestasi belajar matematika materi luas bangun datar kelas V di SD Muhammadiyah 09 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
12140125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kecerdasan matematis logis merupakan kemampuan seseorang dalam menghitung, mengukur, dan menyelesaikan hal-hal yang bersifat matematis. Berbagai komponen terlibat dalam kemampuan ini, misalnya berpikir logis, pemecahan masalah, ketajaman dalan melihat pola maupun hubungan dari satu masalah, pengenalan konsep-konsep yang bersifat kuantitas, waktu dan hubungan sebab akibat.

Prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk symbol angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak didik dalam periode tertentu. Prestasi belajar harus memiliki tiga aspek, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan adanya pengaruh yang signifikan antara kecerdasan matematis-logis terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Muhammadiyah 09 Malang.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian regresi. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel sebanyak 80 siswa dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan matematis-logis terhadap prestasi belajar siswa kelas V di SD Muhammadiyah 09 Malang. Jadi, semakin baik kecerdasan matematis-logis yang dimiliki oleh siswa maka sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa yang baik dalam proses pembelajaran.

ENGLISH:

Logical mathematical intelligence is a person's ability in calculating, measuring, and accomplish things that are mathematically. The various components involved in these capabilities, such as logical thinking, problem solving, mental acuity in seeing a pattern or relationship of one problem, the introduction of the concepts of the nature of the quantity, time and causal relations.

Learning achievement assessment is the result of effort learning activities stated in the form of the symbol numbers, letters or sentences that can reflect the results already achieved by each student in a certain period. Learning achievement must have three aspects, namely the cognitive, affective and psychomotor.

The purpose of this research is to explain the existence of significant influence between the logical-mathematical intelligence against the achievements of the class V students learn math in ELEMENTARY SCHOOL Muhammadiyah Malang 09.

To achieve the objectives above, the use of quantitative research approach with the types of research of regression. In this study, researchers took samples as many as 80 students with techniques of data collection used in the form of the now. The data were analyzed using simple linear regression test.

The results of this research show that: there are significant effects between mathematical-logical intelligence against the learning achievements of students of class V in SD Muhammadiyah Malang 09. So, the better mathematical-logical intelligence possessed by students then very influential towards the achievements of learning math students in the learning process.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djunaidi, Arif
Keywords: Kecerdasan Matematis-Logis; Prestasi Belajar; Logical-Mathematical Intelligence; Learning Achievements
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 03 Apr 2017 11:44
Last Modified: 03 Apr 2017 11:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6158

Actions (login required)

View Item View Item