المدخل السياقي في تدريس مهارة التعبير الكتابي: بالتطبيق على المدرسة نور الحرمين نهضة الوطن الثانية الإسلامية نارمدى بلومبوك الغربية

Wahyuni, Sri (2009) المدخل السياقي في تدريس مهارة التعبير الكتابي: بالتطبيق على المدرسة نور الحرمين نهضة الوطن الثانية الإسلامية نارمدى بلومبوك الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07930051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran keterampilan menulis di Madrasah Aliyah “Nurul Haramain” NW Narmada Lombok Barat – menurut pengamatan peneliti – masih belum berjalan dengan efektif. Di antara penyebabnya adalah metode konvensional yang tidak sesuai dengan karakteristik dan minat siswa. Oleh karena itu guru harus lebih memperhatikan dalam pemilihan dan penentuan metode atau strategi yang akan digunakan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.

Permasalahan dalam pembahasan ini adalah sejauh mana efektifitas penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menulis di Madrasah Aliyah “Nurul Haramain” NW Narmada Lombok Barat. Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah:
(1) penerapan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengisi kalimat kosong.
(2) penerapan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kata.
(3) penerapan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan gambar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan pretest-postest control group design.

Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis di Madrasah Aliyah “Nurul Haramain” NW Narmada. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji beda T-test sebagai berikut; mengisi kalimat kosong dengan nilai t = -3,02 dengan nilai signifikansi = 0,012 lebih kecil dari nilai “α” = 0.05. menyusun kata dengan nilai t = -2,419 dengan nilai signifikansi =0.034 lebih kecil dari nilai “α” = 0.05. mendeskripsikan gambar dengan nilai t = -2,599 dengan nilai signifikansi = 0.025 lebih kecil dari nilai “α” = 0.05. dengan demikian (Ho) ditolak, sedangkan (Ha) diterima.

ABSTRACT

Learning writing skill in Madrasah Aliyah “Nurul Haramain” NW Narmada - according to researchers experience - that it’s still not running well yet. The causes are not inappropriate conventional method with characteristics and students’ interest. However, the teacher should be more attention in selecting and determining strategy and method used so that learning process can be more effective.

The matter of this study is in what extent the effectiveness of applying this approach in Madrasah Aliyah “Nurul Haramain” NW Narmada West Lombok. And the hypothesis proposed in this study are:
(1) applying contextual approach effectives in developing student’ s capability of filling
the missing words
(2) applying contextual approach effectives in developing student’s capability of arranging words
(3) applying contextual approach effectives in developing student’s capability of describing picture

And this story aims at finding out the effectiveness of applying contextual approach in learning process. The method of the study used by the writer is experimental method by using quantitative, and also pretest-posttest and control group design.

The result of this study is applying contextual approach effectiveness in learning writing skill in Madrasah Aliyah “Nurul Haramain” NW Narmada West Lombok such being the case is shown by the result of different test. T-test :Filling missing sentence with the score of T = -3.02 With significance score = 0.012 Less than “α” = 0.05, arranging word with score T = -2,419 with significance score = 0.034 Less than “α” = 0.05, describing picture with score T = -2,599 with significance score =
0.025 less than “α” = 0.05. This result indicate that (Ho) rejected, while (Ha) accepted.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hwaiat Allah Ahmed, Saeed and Mohamed Bakheet Ahmad, Bakry
Keywords: المدخل السياقي; مهارة التعبير الكتابي; Pendekatan Kontekstual; Keterampilan Menulis Terbimbing; Contextual Approach; Guidanced Writing Skills.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 03 Apr 2017 11:50
Last Modified: 03 Apr 2017 11:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6153

Actions (login required)

View Item View Item