Pengaruh penerapan metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Baitul Muttaqin Tumbrasanom Kedungadem Bojonegoro

Rosyida, Diah Ainur (2017) Pengaruh penerapan metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Baitul Muttaqin Tumbrasanom Kedungadem Bojonegoro. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (fulltext)
12130037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Hasil belajar merupakan hasil dari proses belajar. Pelaku aktif dalam belajar adalah siswa. Hasil belajar juga proses belajar atau proses pembelajaran. Hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi. Dan penggunaan metode yang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa itu sendiri.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penerapan metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTs Baitul Muttaqin Tumbrasanom Kedungadem Bojonegoro. (2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTs Baitul Muttaqin Tumbrasanom Kedungadem Bojonegoro. (3) Mengidentifikasi pengaruh penggunaan metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTs Baitul Muttaqin Tumbrasanom Kedungadem Bojonegoro.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen (Pre-experimenntal Design) dengan metode ini belum merupakan eksperimen yang sesungguhnya karena masih terdapat variabel dari luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya varaibel dependen, dengan bentuk One – Group Pretest-Posttest Design (Satu Kelompok Prates-Postes), bentuk ini memberikan 2 perlakuan dalam satu kelas yaitu sebelum dilakukannya eksperimen diberikan metode cermah dan diberi pretest dan setelah diberikan metode karyawisata diberikan postest dalam meningkatkan prestasi belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan dari metode karyawisata terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di MTs Baitul Muttaqin yang ditunjukkan dengan penerapan metode karyawisata di MTs Baitul Muttaqin sesuai dengan perangkat pembelajaran (RPP) dan ditunjukan dengan kenaikan nilai pretest 45,6 dan postest 70 dan ditunjukan dengan thitung < ttabel (6,609 < 0,68024).

ENGLISH:

Study output is output from study process. Active subjec in the study is student. Study output also study process or learning process. This can reach if student already study understand with accompanied by change behaviour to be better again.

Purpose of the research to (1) know application fiel trip method to study output student class VII at course social scientific in MTs Baitu Muttaqin Tumbrasanom Kedungadem Bojonegoro. (2) know study output class VII at course social scientific in MTs Baitul Muttaqin Tumbrasanom Kedungadem Bojonegoro. (3) Indentification influence use method fieldtrip to study outpun in class VII at course social scientific in MTs Baitu Muttaqin Tumbrasanom Bojonegoro.

Approachment wich use in research is approach kuantitaif wtih research exsperimen design (pre-experimental design) with this method not yet exsperimen really because can still variabel from outside which follow influence to shape dependence varaible. Wich shape one-group pretest and postest design. This shape give two behavior in one class is not yet bahvior experimen give methods speech and give pretest and after give field trip methods give postest in level study output. Instrumen which used in this research is tes and obsertation. Analyze wich use in research is analyse regreasion simple and test T.

Research output to show that influence positive significant from field trip method influence study output in class VII at course social in MTs Baitul Muttaqin to with appliaction succes field trip method in MTs Baitul Muttaqin Tumbrasanom Bojonegoro corresponding media learning. And show with increase pretest value 45, 6 dan postest value 70 and show with thitung < ttabel ( 6,609 < 0,8024).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Basith, Abdul
Keywords: Metode Karyawisata dan Hasil Belajar; Field trip method dan study output
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Muhammad Afrizal
Date Deposited: 03 Apr 2017 11:47
Last Modified: 03 Apr 2017 11:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6150

Actions (login required)

View Item View Item