إعداد وحدة تعلمية من الكتب التراثية لنتمية مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة السلفية لثنوية باسروان جاوا الشرقية

Mu’awanah, Siti (2009) إعداد وحدة تعلمية من الكتب التراثية لنتمية مهارة القراءة: بالتطبيق على المدرسة السلفية لثنوية باسروان جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930050.Pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Materi ajar, mempunyai peran penting dalam mengembangkan pengajaran dan pembelajaran karena kitab ( materi ajar) merupakan tempat yang memuat segumpal makanan lezat atau segumpal amakanan pahit yang diberikan kepada siswa yang lapar. Guru hanya sebagai pelantara yang memberikan gumpalan tersebut pada siswa. Pengantar ini selalu tidak dianggap adanya dan kadang-kadang tidak berperan jika materi ajarnya tidak bagus.

Penilitian ini bertujuan untuk menyusun materi aajar yang mengambil dari kitab kuning untuk mengembangkan kemampuan membaca di Madrasah Aliyah “Salafiyah” Pasuruan, klas 2 Putri, karena materi ajar untuk pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah di bawah naungan Pondok pesantren ini hampir tidak ada.

Materi ajar Bahasa Arab yang mengadopsi dari kitab Kuning ini sangat dibutuhkan Pondok Salaf, karena sangat sesuai dengan kebutuhan , potensi dan minat siswa untuk mempelajari hukum-hukum syara’ yang sumber aslinya berbahasa Arab terutama dalam pengajaran Bahasa Arab dari segi kemampuan memabaca.

Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode penelitian dan pengembangan ( Research and Development ) yaitu metode penelitian yang digunakaan untuk menghasilkaan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut, di Madrasah Aliyah Salafiyah Pasuruan Klas II Putri, Pada tahun pelajaran 1429 – 1430 H. Peneliti menggunakan interviw, Questionnaire , Pre test dan post test dalam pengumpulan data yang dibutuhkan.

Penyusunan materi ajar yang mengadopsi dari kitab kuning untuk mengembangkan kemampuan membaca ini selesai setelah menela’ah usulan dan saran-saran dari guru Bahasa Arab dan Pakar pengajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren. Dan memanfaatkan saran-saran tersebut untuk membenahi materi ini. Buku ini memuat Standar Kompetensi, Kompetensi dasar , Indikator pencapaian dan latihan pemahaman siswa pada tiap-tiap topik.

Sebelum peneliti mengadakan uji coba produk ( materi ajar), terlebih dahulu peneliti mengadakan Pre test pada siswi-siswi klas II MA Salafiyah Pasuruan untuk mengetahu kemampuan baca mereka dengan hasil test 68% atau standar cukup. Kemudian peneliti melaksanakan proses pembelajaran menggunakan produk materi ajar tersebut selama 2 (dua) bulan dan menutup kegiatan pembelajar dengan post test yang hasilnya rata-rata 88% atau standar baik sekali. Berarti Produk ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan baca siswi-siswi.

Penelti mengusulkan kepada peneliti selanjutnya untuk meneruskan penelitan ini, antara lain: (1) Penyusunan materi ajar untuk kemapuan membaca, atau kemampuan mendengar, atau kemampuan berbicara di Madrasalah Aliayah Klas II, (2) Penyusunan Buku pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah di bawah naungan Pondok Pesaantren, klas III (3) Metode pengajaran Bahasa Arab yang menarik untuk Madrasah Aliyah di bawah naungan Pondok Pesaantren, (4) Kurikulum Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah di bawah naungan Pondok Pesaantren.

ABSTRACT

An appropriate lesson matter has important role to develop teaching learning process because a lesson matter represents a place of two choices between delicious foods or a bitter one that we have to give to the students. Teacher should only be a facilitator who transfers a bun of knowledge. Here, a lesson matter isn’t always seen on a right place and sometimes it doesn’t have any role if we can’t serve the best.

This study is aimed to show how to arrange an appropriate lesson matter from “Kitab Kuning” to develop students reading skill in 2nd grade of Madrasah Aliyah “Salafiyah” Pasuruan, because of a limited appropriate matter for Arabic under this Islamic Boarding School.

A process of adopting the matter from “Kitab Kuning” seems to be an urge for this school due to necessity order in linking students’ talent and interest to learn about Islamic Canon Laws in teaching Arabic related with reading skill.

Research and Development method is used by the researcher to emerge a special product and to measure the product efficiency in 2nd grade of Madrasah Aliyah “Salafiyah” Pasuruan for extended period 1429 – 1430 M.

Having some advices from Arabic teacher and an expert teaching method of Arabic for Madrasah Aliyah on this Islamic Boarding School support the adopting process of “Kitab Kuning” can be finished. The researcher intends to use the advices to fix the contents of her lesson matter. This lesson matter consists of Competency Standard, Integrated Standard Based Competency, Indicator Level and an assignment on every topic.

Pre-test is given to the 2nd grade students of Aliyah in order to measure their reading skill before the researcher starts her own lesson matter product. And their results reach 68% or can be referred in middle standard (enough). Then, the researcher starts the process in conducting her own lesson matter for about two months. At the end of the program, post-test is used to see how well the students receive or understand the lesson matter and the students’ average score can be reached 88% or in the highest level. So, it means that this lesson matter product is extremely effective in developing students reading skill.

The researcher suggests for the next research to conduct an observation on: (1) Arranging another appropriate lesson matter such as listening skill or speaking skill to this grade, (2) Conducting MA own book under the Islamic Boarding School internal system for the 3rd grade, (3) Exploration an interesting teaching method for MA, (4) Home base curriculum is deserved by the board internal.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Shalih Nur, Syuhadak and Mahmoud Adam Ibrahim, Faisal
Keywords: إعداد وحدة تعلمية; الكتب التراثية; مهارة القراءة; Menyiapkan Materi Ajar; Kitab Kuning; Kemampuan Membaca; Preparing matter; Kitab Kuning; Reading Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 03 Apr 2017 11:51
Last Modified: 03 Apr 2017 11:51
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6149

Actions (login required)

View Item View Item