فعالية إعداد المواد الدراسية لترقية مهارة الاستماع: بالتطبيق على المدرسة الثنوية الحكومية الثنية ببادنج سومطرى الغربية

Yandri, Roli (2009) فعالية إعداد المواد الدراسية لترقية مهارة الاستماع: بالتطبيق على المدرسة الثنوية الحكومية الثنية ببادنج سومطرى الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
07930049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kemahiran mendengar merupakan salah satu dari empat kemahiran berbahasa. Mendengar adalah suatu aktifitas dimana pendengar memberikan perhatian khusus terhadap apa yang di dengar. Mendengar dengan baik adalah kemampuan dasar dalam pembeljaran bahasa Asing ataupun bahasa Ibu. Untuk itu, seseorang yang tidak memiliki kemampuan ini tidak akan bisa belajar bahasa secara baik. Sehubungan dengan pengajaran Bahasa Arab di MAN 2 Padang, penulis melihat bahwa kemahiran mendengar termasuk salah satu kemahiran yang harus diperoleh siswa ketika mempelajar Bahasa Arab. Akan tetapi para guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan kemahiran ini dikarenakan tidak adanya materi yang sesuai dengan KTSP 2008 pada pelajaran tersebut. Hal ini kemudian mengakibatkan kemampuan siswa dalam mendegar menjadi lemah. Untuk itu penulis mendisain suatu materi pelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemahiran mendengar para siswa yang berpedoman pada kurikulum 2008, serta melakukan uji coba untuk mengukur efektifitas materi tersebut.

Peneliti berupaya mencari solusi atas problematika tersebut dengan menggunakan metode penelitian pengembangan. (Reasaarch And Development; R&D). Bentuk pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu ; pengembangan materi pelajaran yang sesuai dengan kurikulum KTSP tahun 2008. Dimana hasil dari disain materi kemudian dikomunikasikan kepada para pakar pendidikan bahasa arab (validasi desain) dengan tujuan untuk meminta tanggapan, saran, kritikan yang berkenaan dengan materi yang telah didisain guna perbaikan lebih lanjut. Setelah direvisi, kemudian materi tersebut diuji cobakan di lapangan. Adapun popolasinya adalah siswa kelas 1 MAN 2 Padang tahun ajaran 2008-2009. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan di antaranya; observasi, wawancara, angket, dan tes.

Hasil dari penyusunan materi dan uji coba penelitian menunjukkan bahwa materi ajar yang didisain dalam bentuk buku pendukung, sesuai bagi siswa tingkat menengah atas. Selain itu buku tersebut juga efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam memdengar, menentukan bunyi, kata, dan kalimat, serta memahami ujuran yang didenga Disamping juga dapat memotivasi siswa untuk terus bersamangat dalam mendengar ujaran-ujaran yang berbahasa Arab. Efektifitas tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa setelah dilakukannya uji coba yaitu : 76,73 %. Yang berarti bahwa para siswa telah berhasil memperoleh nilai yang diharapakan.

ABSTRACT

Mastering of listening or listening skill is one of the skills of the four language skills. Listening is one activity where the listener gives certain paying attention what he or she is heard. Good listening is a basic skill of language learning of foreign or mother language. Therefore, somebody who does not have listening skill, he or she will not be able to study language well. Connection with Arabic learning of MAN 2 Padang, the researcher views that listening skill involves one of the skills that must be gotten by students when they are learning Arabic. But all of the teachers face many difficulties in teaching listening skill, there is no relevant material with KTSP 2008. Due to the fact that this problem causes the listening skill of students to be weak. So that, the researcher designs a material which aims to develop the student listening skill guiding to curriculum 2008 and also experiments to measure the material effectiveness.

The researcher makes efforts to look for the solution of these problem using development research method. (Research and Development; R&D). The development design which is used in this research are; the development of subject material which is relevant with KTSP 2008. Then, the findings of material design is communicated to all of the masters of Arabic education (valid design), hopefully, they can give instructions, comments, suggestions and critics which are related to the material that has been designed, those are for making better. After being revised, then this material is examined in field. The population of this research is the students of the first grade of the State of Islamic Senior High School 2 Padang 2008-2009. The instrument which is used in this research are; observation, interview, questioner and test.

The findings of the material arrangement and the research experiment show that the material which is designed in sporting book is appropriate to all of the students of senior high school. Beside that the book is also effective to develop the student listening skill, decide the sounds, words and sentences as well as the students can understand the utterances of Arabic that they listen. Also the teachers can motivate the students to keep spirit in listening the Arabic Utterances. The effectiveness can be seen from the average score of the students after having the exercise that is: 76,73 %. It means that all of the students have succeeded in getting the expected score.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hiwayatullah Ahmad, Said and Saikhun muhammad, Mohammed
Keywords: الاستماع; فعالية إعداد المواد الدراسية; Kemahiran Mendengar; Efektifitas desain bahan ajar; The Listening Skill; Design Effectiveness of Material.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 03 Apr 2017 11:51
Last Modified: 03 Apr 2017 11:51
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6147

Actions (login required)

View Item View Item